Comscore Tracker

5 Cara Efektif Hadapi Pelaku Pelecehan Seksual

Yuk, mulai bersuara!

Saat ini mulai marak kembali mengenai kasus pelecehan seksual di Indonesia. Para pelaku pelecehan seksual biasanya memanfaatkan situasi dan kelemahan orang lain, terutama perempuan. Bahkan, tidak sedikit dari korban yang pernah mengalami pelecehan seksual menghadapi ancaman sehingga korban melakukan apa saja yang pelaku inginkan. Jika hal tersebut terjadi padamu, cobalah tips berikut ini untuk menghadapi pelaku pelecehan seksual.

1. Hadapi secara tegas dengan mengonfrontasi pelaku langsung ketika mulai melakukan pelecehan

5 Cara Efektif Hadapi Pelaku Pelecehan Seksualunsplash/@rvchelvnn

Langkah pertama untuk menghadapi pelaku pelecehan seksual adalah dengan bertindak tegas. Kapan pun kamu merasa tidak nyaman dengan perlakuan orang lain meskipun mereka beranggapan jika itu sedang bercanda, katakanlah apa yang ada di benakmu dengan tegas. Jangan sampai kamu merasa ragu atau takut karena khawatir menyinggung perasaan pelaku atau takut memicu keributan. 

Namun sebelum itu, kamu juga perlu memerhatikan beberapa hal, seperti situasi di sekelilingmu. Jika memang kamu sedang berada di lingkungan yang bisa merugikanmu, lebih baik jangan diladeni dan segera menjauh dari tempat tersebut. Namun jika situasinya mendukung, konfrontasi pelaku dengan menatap matanya secara langsung. Berikan tatapan yang mengintimidasi sehingga pelaku merasa takut dan malu terhadap perbuatannya.

2. Bekali diri dengan pengetahuan bela diri atau alat yang bisa mencegah kekerasan seksual, seperti semprotan merica

5 Cara Efektif Hadapi Pelaku Pelecehan Seksualunsplash/@timothyeberly

Tidak ada salahnya jika seorang perempuan belajar bela diri, bukan? Sebab, di saat kondisi yang berbahaya seperti sedang dilecehkan, kemampuan tersebut akan sangat bermanfaat. Meskipun hanya kemampuan sederhana, setidaknya kamu bisa membuat pelaku untuk berpikir ulang melakukan pelecehan kepadamu. 

Selain itu, kamu juga bisa mempersenjatai diri dengan membawa semprotan merica ke mana pun kamu pergi. Pada saat yang dibutuhkan, kamu bisa menggunakannya agar dapat mencari pertolongan orang lain.

3. Meminta pertolongan orang di sekitar

5 Cara Efektif Hadapi Pelaku Pelecehan Seksualunsplash/@edwardutra

Ketika kamu berada di situasi, di mana kamu tidak bisa mengonfrontasi pelaku, maka cara terbaik yang dapat kamu lakukan adalah teriak, lari, dan meminta pertolongan kepada orang yang berada di sekitarmu. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menghindari terjadinya aksi berbahaya lain yang ingin dilakukan pelaku. Teriaklah sekeras-kerasnya untuk menarik perhatian orang-orang di sekitar. Dengan begitu, pelaku akan merasa takut dan pergi menjauh.

Baca Juga: 5 Alasan Kekerasan Verbal Bisa Lebih Parah dari Kekerasan Fisik

4. Laporkan kepada pihak yang berwenang

5 Cara Efektif Hadapi Pelaku Pelecehan Seksualunsplash/@fwed

Jika pelaku tidak jera dan masih tetap melakukan perbuatan serupa, segeralah laporkan kepada pihak yang berwenang. Indonesia sendiri memiliki hukum yang sangat ketat dalam menindak pelaku pelecehan seksual, apalagi yang sudah mengarah pada tindakan kriminal. Jadi, jangan takut untuk melaporkan perlakuan tidak menyenangkan yang kamu terima, terutama perlakuan yang mengarah pada pelecehan seksual.

5. Selalu bersikap waspada di mana pun dan kapan pun

5 Cara Efektif Hadapi Pelaku Pelecehan SeksualUnsplash/Victoriano Izquierdo

Beberapa pelaku pelecehan bisa saja melakukan aksi nekat dengan menyergap korbannya secara langsung. Oleh karena itu, saat kamu sedang bepergian seorang diri, hindari tempat yang cenderung rawan tindak kejahatan. Tidak hanya itu, kamu juga pernah mendengar kasus pelecehan seksual di tempat umum, bukan? Nah, jika kamu tidak ingin hal serupa terjadi sebaiknya selalu bersikap waspada di mana pun. Bahkan, kamu harus waspada ketika sedang di transportasi umum atau di tempat kerja.

Tanpa kita sadari, perilaku pelecehan seksual bisa ada di sekitar kita, menyerang kapan pun dan siapa pun termasuk orang terdekat kita. Oleh karenanya, jangan lengah dan terus lindungi diri serta orang-orang yang kamu sayangi di sekitarmu agar terhindar dari perilaku buruk yang satu ini.

Jangan ragu juga untuk bercerita kepada orang terdekatmu mengenai masalah yang kamu lalui. Jika kamu menemukan kasus kekerasan seksual di sekitarmu atau bahkan kamu mengalaminya sendiri, laporkan hal ini pada Komnas Perempuan melalui nomor 0213903963.

Baca Juga: 5 Bahaya Kekerasan Verbal yang Lebih Sakit Dibanding Kekerasan Fisik

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Just For You