Comscore Tracker

5 Kesalahan yang Jarang Disadari saat Memakai Masker Peel Off

Segera hentikan!

Masker peel off merupakan salah satu jenis masker yang saat ini tengah digemari oleh skincare enthusiast. Tidak hanya dapat mengangkat sel kulit mati, masker jenis peel off ini juga dapat mengangkat komedo, memperbaiki masalah kulit, dan membersihkan kotoran yang tersisa pada wajah.

Sayang, ternyata masih banyak orang yang kerap salah dalam mengaplikasikan jenis masker yang satu ini. Akibatnya, fungsi utama dari masker peel off pun tidak terlihat meski rutin digunakan. Nah, berikut ini beberapa kesalahan tersebut yang perlu kamu ketahui.

1. Menggunakan masker peel off yang tidak sesuai dengan jenis kulit

5 Kesalahan yang Jarang Disadari saat Memakai Masker Peel Offpexels.com/cottonbro

Sama halnya dengan jenis masker lain, masker peel off pun memiliki beragam varian yang dibedakan sesuai dengan kandungan, manfaat, hingga bahan dasarnya. Nah, agar masker peel off bisa bekerja lebih efektif pada kulitmu, ada baiknya kenali terlebih dahulu jenis dan masalah yang sedang kamu alami.

Untuk masalah kulit kering, kamu bisa menggunakan masker peel off yang mengandung hyaluronic acid atau glycerin untuk membantu melembapkan kulit dan mengangkat sel kulit mati. Sedangkan, untuk kulit berminyak kamu bisa menggunakan masker dengan jenis clay atau yang mengandung charcoal.

2. Membiarkan masker mengering terlalu lama

5 Kesalahan yang Jarang Disadari saat Memakai Masker Peel Offpexels.com/Ketut Subiyanto

Kesalahan yang sering dilakukan saat menggunakan masker peel off lainnya adalah terlalu lama membiarkan masker peel off mengering pada area kulit wajah. Hal ini tentu sangat buruk karena dapat membuat kulit menjadi iritasi dan memunculkan ruam.

Nah, biasanya waktu untuk penggunaan masker peel off yang baik sudah tertera pada kemasannya, yakni sekitar 20 menit saja. Oleh karena itu, jangan lupa untuk mematuhi aturan tersebut agar manfaat dari masker peel off dapat dengan benar kamu rasakan.

3. Menggunakan masker peel off ketika baru melakukan waxing atau threading

5 Kesalahan yang Jarang Disadari saat Memakai Masker Peel Offpexels.com/Anna Shvets

Memakai masker peel off setelah baru selesai melakukan waxing atau threading sangat tidak disarankan. Hal ini karena waxing dan threading merupakan dua jenis treatment yang fungsinya sama dengan masker peel off, yakni mengangkat sel kulit mati pada tubuh.

Oleh karena itu, penggunaan masker peel off yang dibarengi dengan kedua jenis treatment tersebut justru dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif dan rentan mengalami masalah kulit lainnya.

Baca Juga: Bikin Segar dan Lembap, 12 Rekomendasi Sheet Mask Berbahan Green Tea

4. Terlalu kencang saat melepaskan masker

5 Kesalahan yang Jarang Disadari saat Memakai Masker Peel Offpexels.com/Ketut Subiyanto

Mengupas lapisan kulit setelah masker peel off mengering memang menjadi hal yang paling ditunggu. Selain itu, momen ini juga kerap dianggap menyenangkan karena dapat melihat komedo dan kulit mati terangkat dari kulit wajah.

Namun, jangan sampai kamu melepaskannya dengan sangat agresif atau terlalu kasar. Sebab, hal tersebut justru dapat membuat kulit terasa sakit dan memunculkan iritasi.

5. Menggunakan masker peel off terlalu sering

5 Kesalahan yang Jarang Disadari saat Memakai Masker Peel Offpexels.com/Anna Shvets

Salah satu tujuan menggunakan masker peel off adalah untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang ada pada kulit. Oleh karena itu, apabila terlalu sering menggunakannya itu sama saja dengan memaksakan pengangkatan sel kulit dan membuatnya menjadi lebih sensitif.

Kamu bisa menggunakan masker peel off ini sebanyak satu kali dalam seminggu dengan diikuti penggunaan pelembap dan serum untuk menutrisi kulit dan menghindari masalah kulit lainnya.

Jika kamu kerap melakukan salah satu kesalahan di atas, ada baiknya mulai dari sekarang segera menghentikannya, ya!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Sheet Mask untuk Kulit Berjerawat, Praktis dan Ampuh!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya