Comscore Tracker

Mengenal Acne Prone Skin, Kondisi Kulit yang Rentan Alami Jerawat

Mulai dari penyebab hingga cara mengatasinya

Terdapat banyak sekali masalah kulit yang kerap menghantui area wajah. Salah satunya adalah acne prone skin, kondisi kulit yang rentan dengan infeksi bakteri dan virus sehingga mudah mengalami jerawat.

Dalam ulasan kali ini, IDN Times akan membahas beberapa hal seputar acne prone skin, mulai dari definisi, penyebab, hingga cara mengatasinya. Yuk, simak!

1. Apa itu acne prone skin?

Mengenal Acne Prone Skin, Kondisi Kulit yang Rentan Alami JerawatPixabay.com/Sharon Mc Cutcheon

Acne prone skin merupakan kondisi kulit yang sangat rentan dengan infeksi bakteri dan virus sehingga mudah timbul jerawat. Akan tetapi, perlu diperjelas bahwa kondisi ini bukan berarti bahwa kulitmu termasuk sebagai jenis kulit sensitif ataupun kulit kering.

Pasalnya, meski memiliki sebutan 'skin', kondisi yang satu ini bukan termasuk sebagai sebuah jenis kulit. Ia lebih merujuk pada suatu masalah kulit.

2. Penyebab terjadinya acne prone skin

Mengenal Acne Prone Skin, Kondisi Kulit yang Rentan Alami Jerawatpexels.com/@olly

Kondisi acne prone skin terjadi karena dua penyebab, yakni infeksi bakteri dan masalah hormon. Biasanya, bakteri penyebab acne prone skin ini terdapat pada sarung bantal yang jarang dibersihkan dan keadaan tangan yang kotor saat menyentuh wajah.

Sedangkan, kondisi acne prone skin yang diakibatkan oleh masalah hormon biasanya dipicu oleh tiga jenis hormon yang tidak stabil, yakni hormon androgen, hormon estrogen, dan hormon kortisol.

3. Kondisi acne prone skin paling sering dialami oleh pemilik kulit berminyak

Mengenal Acne Prone Skin, Kondisi Kulit yang Rentan Alami Jerawatunsplash.com/JoelValve

Salah satu penyebab munculnya acne prone skin dikarenakan adanya infeksi bakteri pada kulit wajah. Itu artinya, pemilik kulit berminyak menjadi sangat rentan atau memiliki risiko lebih besar mengalami masalah yang satu ini.

Hal tersebut dikarenakan kulit berminyak sangat sensitif dengan bakteri sehingga tak jarang banyak yang menganggapnya sebagai jenis kulit yang mudah mengalami masalah. Namun, perlu diingat bahwa kulit kering pun memiliki risiko yang besar untuk mengalami jerawat.

Oleh karena itu, pada dasarnya kamu harus memperhatikan produk perawatan yang digunakan agar sesuai dengan masalah dan jenis kulit yang dimiliki.

Baca Juga: 5 Penyebab Jerawat Selalu Muncul di Tempat yang Sama, Tahu Semua?

4. Ciri-ciri seseorang memiliki acne prone skin

Mengenal Acne Prone Skin, Kondisi Kulit yang Rentan Alami Jerawatpexels.com/AndreaPiacquadio

Bagi yang masih ragu apakah memiliki kondisi serupa, sebaiknya perhatikan beberapa tanda atau masalah yang kerap terjadi di kulit wajahmu. Berikut ini beberapa ciri yang bisa menandakan bahwa kulit kamu sedang dalam kondisi acne prone skin, misalnya:

  • Kulit sering mengelupas 
  • Kulit sering mengalami rasa gatal
  • Kulit mudah memerah

5. Cara merawat kondisi acne prone skin

Mengenal Acne Prone Skin, Kondisi Kulit yang Rentan Alami JerawatUnsplash.com/Noah Buscher

Pada dasarnya, ini bukan cara untuk mengatasi masalah acne prone skin yang sedang kamu hadapi. Hanya saja, jika dilakukan secara rutin, perawatan ini akan membawa efek baik bagi kesehatan kulit wajah, termasuk kemungkinan besar mengembalikan kulit wajah menjadi normal kembali.

Caranya, bersihkan wajah menggunakan face wash yang lembut dan tak membuat wajah jadi kaku. Kamu bisa memilih face wash berjenis gel atau krim dengan kandungan niacinamide, tea tree, atau salicylic acid.

Selain itu, mulai terapkan teknik eksfoliasi dengan toner yang mengandung BHA. Kemudian, lanjutkan dengan hydrating toner yang memiliki kandungan green tea, witch hazel, Centella asiatica, Aloe vera, atau chamomile.

Untuk sentuhan akhir, kamu bisa mengaplikasikan serum yang mengandung niacinamide atau retinol, moisturizer berlabel non-comedogenic, dan mineral sunscreen.

Demikian informasi mengenai salah satu masalah kulit wajah yang kerap menghantui tanpa pandang usia. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Cara Mengatasi Jerawat di Zona T, Cuci Muka Aja Gak Cukup!

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya