Comscore Tracker

7 Tips Melakukan Double Cleansing yang Tepat, Tangan Harus Bersih!

Double cleansing jadi hal penting untuk merawat kulit wajah

Double cleansing merupakan teknik perawatan wajah yang berfungsi untuk membersihkan kulit dan pori-pori hingga bagian paling dalam. Teknik ini terbagi jadi dua tahapan.

Tahap pertama, kamu harus menggunakan cleanser untuk membersihkan makeup serta kotoran. Tahap kedua, kamu harus menggunakan face wash untuk memaksimalkan pembersihan wajah.

Sebelum melakukan double cleansing, terdapat beberapa hal yang patut kamu perhatikan dan lakukan terlebih dahulu agar manfaat dan hasil dari double cleansing benar-benar dapat kamu rasakan secara maksimal. Apa saja itu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini!

1. Pastikan kondisi tangan selalu dalam keadaan bersih

7 Tips Melakukan Double Cleansing yang Tepat, Tangan Harus Bersih!pixabay.com/Couleur

Teknik double cleansing pada dasarnya dilakukan dengan cara memijat bagian kulit wajah menggunakan kedua tangan. Oleh karena itu, sebelum melakukan teknik ini, kamu wajib memastikan bahwa kondisi kedua tanganmu sudah dalam keadaan benar-benar bersih.

Jika ini tak kamu lakukan, bisa saja bakteri dan kuman di tanganmu, memengaruhi kesehatan kulit wajah dan menimbulkan infeksi bakteri yang berujung pada jerawat. Jadi, jangan lupa untuk selalu memastikan kebersihan tangan sebelum menyentuh wajah, ya!

2. Gunakan first cleanser sesuai dengan jenis kulit yang kamu miliki

7 Tips Melakukan Double Cleansing yang Tepat, Tangan Harus Bersih!pexel.com/spy.com

Menyesuaikan jenis cleanser dengan tipe kulit, jadi hal yang penting. Jika first cleanser tak cocok dengan kulitmu, maka akan timbul reaksi negatif yang memicu munculnya masalah lain, seperti rasa gatal, kemerahan, jerawat, komedo, hingga peradangan.

Bagi yang memiliki kulit normal, sebaiknya pilih cleanser berjenis oil atau milk. Kulit berminyak dan kombinasi sebaiknya menggunakan cleanser berjenis oil. Kulit kering bisa menggunakan cleansing balm atau oil. Kulit sensitif bisa mencoba cleansing balm.

3. Jika kamu menggunakan makeup, gunakan cleansing oil/balm untuk membersihkannya

7 Tips Melakukan Double Cleansing yang Tepat, Tangan Harus Bersih!pexels.com/cottonbro

Cleansing oil memiliki bahan dasar minyak alami yang kandungannya dikhususkan untuk membersihkan sekaligus mengangkat semua minyak, kotoran, dan makeup secara efektif. Hampir sama, cleansing balm juga berbahan dasar minyak, namun teksturnya seperti balsam.

Ketika diaplikasikan, cleansing balm berubah seperti minyak, namun memiliki kemampuan untuk mengangkat semua kotoran, debu, dan makeup secara maksimal. Maka dari itu, penggunaan kedua jenis cleanser ini disarankan karena dapat membersihkan kulit wajah tanpa menimbulkan kesan berminyak.

4. Lakukan pijatan wajah selama 30 hingga 1 menit

7 Tips Melakukan Double Cleansing yang Tepat, Tangan Harus Bersih!pexels.com/cottonbro

Mengaplikasikan first cleanser pada wajah juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya, terdapat aturan dan teknik guna memaksimalkan pembersihan saat menggunakan first cleanser

Kamu harus mengaplikasikan cleanser ke seluruh wajah dengan gerakan memutar secara perlahan. Lakukan hal ini selama 30 detik hingga 1 menit. Teknik ini bertujuan memaksimalkan penggunaan cleanser agar kotoran dan makeup di pori-pori terangkat.

Baca Juga: 6 Manfaat Cleansing Balm, Buat Kulit Kamu Bersih Maksimal!

5. Bagi kulit wajah yang berjerawat, disarankan untuk menggunakan micellar water

7 Tips Melakukan Double Cleansing yang Tepat, Tangan Harus Bersih!pexels.com/cottonbro

Selain cleansing oil/balm, pada dasarnya kamu bisa menggunakan micellar water sebagai first cleanser dalam teknik double cleansing. Bahkan, pemakaian ini sangat disarankan bagi kulit berjerawat atau wajah yang mengalami masalah kulit lain, seperti radang, kemerahan, beruntusan, dan sebagainya. 

Micellar water merupakan pembersih kulit yang bersifat lembut di kulit. Namun, jika penggunaan produk perawatan selain micellar water tak menimbulkan reaksi negatif yang berbahaya, artinya kamu masih diperbolehkan atau tetap bisa menggunakan produk tersebut.

6. Gunakan second cleanser berupa face wash yang lembut di kulit

7 Tips Melakukan Double Cleansing yang Tepat, Tangan Harus Bersih!pexels.com/Burst

Setelah cleansing di tahap pertama, itu artinya kamu harus menggunakan face wash sebagai bentuk pembersihan kulit yang lebih dalam. Tahap ini bertujuan memaksimalkan pembersihan dengan mengangkat sisa-sisa kotoran, sebum, dan bakteri yang masih menempel.

Nah, dalam melakukannya disarankan untuk memilih cleanser yang bersifat gentle atau lembut. Selain itu, hindari face wash dengan bahan scrub agar kulit tidak mengalami iritasi.

7. Lakukan double cleansing hanya pada malam hari

7 Tips Melakukan Double Cleansing yang Tepat, Tangan Harus Bersih!pexels.com/Andrea Piacquadio

Terakhir, agar sesuai dengan manfaatnya, usahakan melakukan double cleansing pada malam hari saja setelah beraktivitas seharian di luar rumah. Jika double cleansing dilakukan siang atau pagi hari, kulit akan kembali kotor saat menjalankan aktivitas harian.

Jika tidak beraktivitas di luar rumah pun, tetap lakukan teknik ini pada malam hari. Di rumah pun, kamu tetap membutuhkan sunscreen untuk menjaga kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga, double cleansing ini juga perlu dilakukan meski hanya berada dalam ruangan untuk membersihkan sunscreen yang kamu pakai tersebut.

Demikian beberapa tips melakukan double cleansing. Ingat, jaga kebersihan seluruh tubuhmu, termasuk tangan dan wajah. Menjaga kebersihan anggota tubuh merupakan salah satu perawatan yang efektif untuk membuat kulit menjadi lebih sehat dan berseri. 

Baca Juga: 5 Produk Cleansing Wipes Asal Jepang, Cara Praktis Bersihkan Wajah

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya