Comscore Tracker

6 Tips Memilih Brightening Serum Berdasarkan Kandungan dan Fungsinya

Pilihan yang tepat dapat memaksimalkan fungsinya

Brightening serum merupakan formula serum yang memiliki konsentrasi bahan aktif tinggi dengan tujuan menghambat produksi melanin penyebab flek hitam, bekas jerawat, dan hiperpigmentasi. Dengan kata lain, brigtening serum adalah jenis serum yang digunakan untuk mencerahkan serta memudarkan spot hitam pada kulit.

Ada banyak sekali kandungan serum yang memiliki fungsi utama untuk mencerahkan kulit. Akan tetapi, pada dasarnya masing-masing kandungan tersebut memiliki cara kerja dan fungsi yang berbeda, lho. Gak percaya? Simak saja ulasan berikut ini!

1. Vitamin C

6 Tips Memilih Brightening Serum Berdasarkan Kandungan dan Fungsinyaunsplash.com/Vya Naturals

Vitamin C merupakan vitamin yang mampu menghambat pembentukan melanin atau pigmen pemberi warna gelap pada kulit yang menyebabkan noda hitam dan noda bekas jerawat. Dengan fungsi tersebut, kamu bisa mengutamakan kandungan Vitamin C dalam serum pencerah kulit wajahmu.

2. Vitamin E

6 Tips Memilih Brightening Serum Berdasarkan Kandungan dan Fungsinyainstagram.com/thebodyshopindo

Vitamin E termasuk sebagai kandungan yang kaya akan antioksidan. Manfaat dari kandungan ini adalah untuk menjaga kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari berlebih pada kulit.

Ketika digunakan, Vitamin E akan bekerja dengan cara menghalau pengaruh buruk, seperti radiasi dan sinar UV yang dapat menyerang kulit. Dengan begitu, kulit pun dapat terlihat lebih cerah serta terhindar dari kerutan dan tanda penuaan dini lainnya.

3. Niacinamide

6 Tips Memilih Brightening Serum Berdasarkan Kandungan dan Fungsinyaunsplash.com/Okan Younesi

Kandungan ini adalah bentuk lain dari vitamin B3 yang memiliki sifat anti inflamasi. Niacinamide ini biasanya terkandung dalam produk perawatan kulit yang memiliki fungsi untuk meredakan kemerahan, meningkatkan elastisitas kulit, dan membuat lapisan pelindung pada kulit.

Selain itu, kandungan ini juga diyakini dapat membantu mencerahkan warna kulit dengan cara memperlambat pertumbuhan melanin pada kulit. Wah, menarik bukan?

Baca Juga: 5 Jenis Serum Wajah yang Sebaiknya Digunakan pada Malam Hari, Catat!

4. Alpha arbutin

6 Tips Memilih Brightening Serum Berdasarkan Kandungan dan Fungsinyapexels.com/Chill Jane

Alpha arbutin atau a-arbutin merupakan zat turunan dari hydroquinone yang mengandung agen untuk memperlambat produksi tirosinase (sel yang memproduksi melanin dan pigmen kulit). Kandungan ini dipercaya mampu memudarkan bekas jerawat dan kulit kusam akibat paparan dari sinar matahari.

5. Licorice extract

6 Tips Memilih Brightening Serum Berdasarkan Kandungan dan Fungsinyapixabay.com/Tranhahai37

Beberapa produk brightening serum diketahui pula memiliki kandungan licorice extract di dalamnya. Namun, sebenarnya kandungan jenis ini bukan kandungan tunggal atau kandungan utama yang dapat berperan aktif untuk mencerahkan.

Hal ini karena licorice sendiri memiliki beberapa kandungan lain yang sangat baik bagi perawatan kulit. Salah satunya adalah glabridin yang dapat menghambat pembentukan melanin dan hiperpigmentasi pada kulit. 

Kandungan glabridin yang ada pada licorice juga memiliki kemampuan sebagai pelindung alami kulit dari efek buruk sinar UV berkat kandungan anti oksidan yang tinggi dan anti inflamasi. Jadi, penggunaan serum jenis ini juga cocok untuk mengatasi jerawat hingga iritasi pada wajah.

6. AHA

6 Tips Memilih Brightening Serum Berdasarkan Kandungan dan Fungsinyasomethinc.com

AHA merupakan senyawa asam yang berfungsi sebagai eksfoliator atau pengelupas sel kulit mati di permukaan kulit. Karenanya, serum dengan kandungan AHA digunakan untuk membersihkan sel kulit mati yang menumpuk hingga wajah jadi lebih bersih, cerah, dan sehat.

Itu dia beberapa tips memilih brightening serum berdasarkan kandungan dan fungsinya. Pilih dan gunakan yang sesuai dengan jenis kulit dan masalah yang kamu hadapi, ya!

Baca Juga:  10 Cara Alami Mencerahkan Kulit Wajah Tanpa Skincare, Dijamin Ampuh!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya