Comscore Tracker

7 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan Iritatif!

#IDNTimesLife Disarankan untuk memakai mineral sunscreen

Kulit sensitif tentunya sangat membutuhkan sunscreen agar kulit tetap terlindungi dari bahaya sinar UV yang dapat meningkatkan sensitivitas kulit. Walau demikian, dalam memilih sunscreen yang tepat kamu harus memerhatikan berbagai macam hal, seperti tekstur hingga kandungan di dalamnya.

Nah, berikut ini beberapa tips untuk memilih sunscreen yang tepat bagi kulit sensitif. Yuk, simak!

1. Kenali jenis kulit yang kamu miliki

7 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan Iritatif!pexels.com/Andrea Piacquadio

Kulit sensitif bisa saja dimiliki oleh pemilik kulit kering, berminyak, maupun kombinasi. Maka dari itu, walaupun kulit kamu termasuk sebagai kulit sensitif, akan tetapi penting juga untuk mengenali jenis kulit yang kamu miliki. 

Hal ini tentunya bertujuan untuk membantu menentukan tekstur sunscreen yang sesuai dan cocok untuk digunakan pada kulitmu.

2. Sebaiknya gunakan sunscreen dengan tekstur yang ringan di kulit

7 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan Iritatif!Unsplash.com/Arthur Pereira

Bagi pemilik kulit sensitif, disarankan untuk memakai sunscreen yang memiliki kandungan ringan dan mudah meresap di kulit. Tujuannya jelas agar pemakaian sunscreen gak memicu munculnya iritasi dan inflamasi pada kulit.

Namun, jika berbicara tentang tekstur sebaiknya bagi kulit berminyak yang sensitif menggunakan sunscreen bertekstur gel, kulit kering yang sensitif memakai sunscreen bertekstur krim, dan untuk kulit kombinasi yang sensitif lebih baik memakai sunscreen dengan tekstur gel.

3. Gunakan sunscreen berjenis mineral sunscreen

7 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan Iritatif!freepik.com/javiindy

Mineral sunscreen atau lebih dikenal dengan istilah physical sunscreen merupakan jenis sunscreen yang bekerja dengan menciptakan sebuah penghalang di antara kulit dan sinar matahari. Dengan kata lain, sunscreen jenis ini akan memantulkan sinar UV yang mencoba masuk ke dalam kulit bahkan sebelum mencapai permukaan kulit itu sendiri.

Ini tentu menjadi alasan yang penting bagi pemilik kulit sensitif karena cara kerja tersebut dapat melindungi kulit secara maksimal dan membuat kemungkinan terjadinya iritasi kulit jadi semakin kecil. 

4. Pilih sunscreen dengan label broad spectrum

7 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan Iritatif!Unsplash.com/Dimitris Chapsoulas

Broad spectrum merupakan istilah yang biasa digunakan dalam produk sunscreen untuk menunjukkan adanya proteksi maksimal dari sinar UVA dan UVB. Dengan perlindungan secara optimal ini, tentunya kulit juga akan terhindari dari kerusakan akibat sinar matahari, seperti peradangan jerawat, penuaan, hingga kanker kulit.

Baca Juga: 7 Sunscreen Stick Asal Korea yang Mudah Dipakai untuk Oles Ulang

5. Sunscreen yang digunakan harus memiliki kandungan dengan sifat menenangkan

7 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan Iritatif!Unsplash.com/Jernej Graj

Kandungan yang bersifat menenangkan pada sunscreen ternyata dapat membantu mengurangi dampak dari reaksi kulit sensitif, seperti kemerahan dan iritasi. Adapun beberapa kandungan yang memiliki sifat menenangkan, misalnya aloe vera, centella, niacinamide, dan chamomile.

Selain menenangkan, kandungan-kandungan tersebut juga bisa membuat kulit terasa nyaman selama penggunaannya. Hebat sekali, bukan?

6. Gunakan sunscreen yang berlabel hypoallergenic atau for sensitive skin

7 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan Iritatif!pexels.com/@olly

Cara paling aman dan mudah untuk memilih sunscreen yang cocok bagi kulit sensitif adalah dengan mencari produk yang berlabel 'hypoallergenic' atau 'for sensitive skin' pada kemasannya. Sebab, hal ini dapat menjadi pilihan untuk menghindari kandungan yang bersifat reaktif pada kulit yang mudah iritasi atau sensitif.

Akan tetapi, walaupun sudah memiliki label tersebut belum tentu produk yang digunakan akan cocok 100 persen dengan kulit kamu. Ini karena reaksi setiap orang berbeda-beda, sehingga harus dicari tahu terlebih dahulu kandungan apa yang berpotensi memicu reaksi pada kulit sensitif milikmu.

7. Hindari sunscreen yang mengandung bahan iritatif

7 Tips Memilih Sunscreen untuk Kulit Sensitif, Hindari Bahan Iritatif!Ilustrasi sunscreen. IDN Times/Febriyanti Revitasari

This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media.

Terdapat beberapa jenis kandungan yang biasa digunakan pada produk suncreen, namun sebenarnya kandungan tersebut bisa menjadi pemicu iritasi atau reaksi buruk pada kulit sensitif. Salah satu contohnya adalah fragrance.

Fragrance ini sangat umum digunakan untuk menutupi aroma alami sunscreen sehingga justru menyebarkan aroma pewangi yang dapat menyebabkan reaksi kepekaan pada kulit. Selain itu, ada pula jenis alkohol, seperti etyl alcohol yang dapat membuat kulit wajah menjadi kering dan memicu peradangan.

Itulah beberapa tips untuk memilih sunscreen yang cocok dan sesuai bagi kulit sensitif. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 5 Tips Memilih Sunscreen untuk Acne Prone Skin, Jangan Sembarangan!

Topic:

  • Pinka Wima
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya