Comscore Tracker

5 Alasan Wanita Memilih Karier Lebih Dulu Ketimbang Menikah Muda

Semua tetap harus dihargai

Dalam hidup setiap keputusan memiliki kebaikan dan juga risiko yang harus ditanggung secara bersamaan. Meski banyak menuai kontroversi, setiap keputusan yang diambil pun harus dijalankan dengan penuh kesungguhan. Seperti halnya saat seorang wanita memilih untuk memulai dan mengembangkan kariernya lebih dulu. Daripada memutuskan untuk menikah di usia mudanya. 

Sebenarnya kedua keputusan ini tidak ada yang salah. Asalkan tetap sesuai aturan yang berlaku dan tidak merugikan siapapun. Melanjutkan karier atau menikah muda, semua sama baiknya. Namun berikut ini beberapa alasan mengapa wanita lebih memilih membangun karier lebih dulu dibandingkan menikah di usia mudanya.

1. Memperjuangkan mimpi

5 Alasan Wanita Memilih Karier Lebih Dulu Ketimbang Menikah Mudadramabeans.com

Setiap orang memiliki mimpi yang dibangunnya sejak masih kecil. Jika ditanya, ingin jadi apa, beberapa orang akan mengatakan hal yang sama sejak pertama kali ia bermimpi. Wajar rasanya jika mimpi itu menjadi salah satu motivasinya untuk menimba ilmu setinggi-tingginya, dan membangun karier sesuai dengan apa yang diimpikannya.

Tidak ada yang salah dari ini semua. Sebab mimpi yang dimiliki seorang wanita pun layak diperjuangkan. Rasanya tidak ada kata terlambat untuk meraih mimpi itu. Berapapun usianya, setiap wanita tetap bisa menjadi apa yang ia inginkan. Bahkan sebelum mereka memutuskan untuk melangkah ke tahapan hidup selanjutnya.

2. Dorongan dari sekitar

5 Alasan Wanita Memilih Karier Lebih Dulu Ketimbang Menikah Mudadramabeans.com

Tidak mudah bagi seorang wanita untuk bertahan dari segala ucapan orang-orang di sekitar mereka. Terlebih jika terus menerus ditanya, kapan dan siapa? Namun membangun karier dari nol adalah sebuah perjuangan yang perlu untuk dilanjutkan. Apalagi jika mereka memiliki dorongan dari sekitar, seperti keluarga ataupun teman-temannya.

Seolah tidak ada lagi alasan untuk menyerah dari mimpi yang dibangunnya sejak lama. Sebab selain tekad yang dimiliki, ada dorongan dari banyak pihak yang ditujukan untuknya. Sehingga wanita manapun akan merasa lebih percaya diri dengan apa yang ia perjuangkan.

Baca Juga: Ini 6 Masalah yang Kerap Dialami Wanita Karier di Lingkungan Kerja

3. Latar belakang yang memotivasi

5 Alasan Wanita Memilih Karier Lebih Dulu Ketimbang Menikah Mudadramabeans.com

Selain dorongan dari orang di sekitar, latar belakang menjadi salah satu yang juga ikut berperan dalam memotivasi tercapainya mimpi tersebut. Seperti misalnya seorang wanita sangat ingin menjadi pebisnis yang sukses. Salah satu yang mendoronganya untuk bisa terus berjuang adalah latar belakang keluarga yang mungkin juga seorang pengusaha.

Menjadi sosok yang mampu membanggakan bagi keluarga juga mendorong diri untuk terus berjuang menggapai impian. Meski sulit, rasanya jika mimpi didukung oleh orang terkasih, semua akan terasa mudah dilalui. Sehingga wajar rasanya seorang wanita memilih untuk lebih fokus pada apa yang ia perjuangkan sejak awal.

4. Mencari pasangan dengan visi yang sama

5 Alasan Wanita Memilih Karier Lebih Dulu Ketimbang Menikah Mudadramabeans.com

Menikah bukan hanya tentang mengganti status lajang di usia yang telah ditentukan. Bukan pula tentang terbebasnya kita dari segala tanggungjawab yang dimiliki sejak muda. Tapi menemukan orang yang memiliki visi dan misi yang sama dalam kehidupan. Yang tidak hanya tersenyum karena kamu menggapai sukses. Tapi juga rela menemanimu untuk menggapai mimpimu yang lain.

Seorang wanita mungkin saja memilih menunda menikah di usianya kini dan lebih memilih membangun karirnya. Bukan karena tak ingin, namun karena ia ingin lebih dulu menemukan orang yang memiliki visi dan misi yang sama tentang banyak hal dalam hidupnya. Bukannya terlalu pemilih, namun semua ini tetap penting untuk melanjutkan hidup di jenjang selanjutnya.

5. Mempersiapkan diri menjalani peran barunya

5 Alasan Wanita Memilih Karier Lebih Dulu Ketimbang Menikah Mudadramabeans.com

Tak sedikit wanita yang memilih untuk fokus berkarir lebih dulu daripada menjalin hubungan dengan seorang pria. Bukan karena mereka jual mahal dan tak ingin melakukannya. Namun wanita manapun ingin lebih dulu mempersiapkan dirinya menjadi sosok istri dan ibu yang baik bagi keluarganya nanti. Sehingga ia pun berhak menggunakan waktunya untuk mempersiapkan diri dengan berbagai cara yang ia senangi.

Rasanya tidak perlu lagi ada yang dikhawatirkan. Selagi seorang wanita memiliki pandangan akan masa depan yang lebih baik, mereka pun akan menjadi wanita hebat. Sebagai apapun mereka nantinya. Apakah menjadi wanita karir, atau hanya menjadi ibu rumah tangga. Semua menjadi jalan yang layak untuk diperjuangkan dengan cara yang ia tahu adalah yang terbaik.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Wanita Karier Sekaligus Ibu Rumah Tangga Idaman

Nelsi Islamiyati Photo Verified Writer Nelsi Islamiyati

Menulis adalah salah satu terapi terbaik saat kita mulai lelah berbicara.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya