Comscore Tracker

6 Rekomendasi Kegiatan Night Routine, agar Hidup Lebih Bermakna!

Kegiatan malam hari bisa menentukan produktivitas, lho!

Malam hari merupakan waktu untuk beristirahat setelah beraktivitas seharian. Meskipun merupakan waktu beristirahat, namun night routine sebaiknya diisi oleh beberapa kegiatan bermanfaat. Hal tersebut dimaksudkan agar kamu bisa mendapatkan tidur yang berkualitas dan berdampak pada produktivitas di keesokan harinya.

"Dalam 1-1,5 jam sebelum tidur, aturan emasnya adalah melakukan sesuatu yang menenangkan tubuh dan pikiran," ujar Britney Blair, seorang psikolog klinis berlisensi, dilansir Good House Keeping.

Oleh sebab itu, gak ada salahnya untuk memaksimalkan sisa jam sebelum tidur dengan kegiatan yang bermakna. Misalnya seperti menulis to do list, meminum teh, meditasi, dan sebagainya. Inilah beberapa rekomendasi kegiatan night routine untuk kehidupan yang lebih bermakna!

1. Membuat to do list untuk hari berikutnya

6 Rekomendasi Kegiatan Night Routine, agar Hidup Lebih Bermakna!Ilustrasi membuat to-do list (pexels.com/Breakingpic)

Kegiatan pertama adalah membuat atau menyusun to do list untuk hari berikutnya. Dilansir Mind Body Green, Hannah Frie, seorang assistant beauty editor, menyebutkan bahwa menyusun to do list bisa membuat kamu lebih siap dalam menjalankan hari. To do list juga bisa membuat kamu memiliki tujuan saat bangun di pagi hari.

Kamu bisa menyusun apa saja yang harus dilakukan dan dibutuhkan untuk esok hari. Saat terbangun, kamu gak perlu bingung dan khawatir apa yang akan dilakukan di hari tersebut. Karena sudah memiliki daftar lengkapnya dan kamu hanya perlu merealisasikan to do list tersebut.

2. Singkirkan gadget

6 Rekomendasi Kegiatan Night Routine, agar Hidup Lebih Bermakna!Ilustrasi tidur dengan gadget (pexels.com/Polina Kovaleva)

Gak sedikit orang yang memutuskan untuk memainkan gadget sebelum tertidur. Bahkan mereka akan menyimpan gadget di samping tubuhnya. Saat akan tertidur, sebaiknya jauhkan dirimu dari gadget. Karena ternyata cahaya dari gadget ini bisa berdampak buruk pada tubuh manusia.

"Di malam hari, kita gak menginginkan cahaya yang mengganggu sekresi melatonin dalam tubuh kita. Itu merupakan hormon pemicu tidur alami untuk tubuh. Jika cahaya gadget mengganggu hormon tersebut, maka tidur pun akan kurang berkualitas," jelas Chris Winter, seorang ahli saraf, dilansir Good House Keeping.

Oleh sebab itu, sebaiknya pastikan untuk menghindari gadget dalam waktu 1-2 jam sebelum tidur. Chris menambahkan, jika memang benar-benar harus menggunakan gadget, maka sebaiknya mengaktifkan mode malam. Sehingga, cahaya yang terpancar gak akan terlalu berbahaya untuk sekresi melatonin.

3. Menulis jurnal

6 Rekomendasi Kegiatan Night Routine, agar Hidup Lebih Bermakna!Ilustrasi menulis jurnal (pexels.com/Alina Vilchenko)

Hannah Frie menyebutkan, membuat jurnal adalah praktik yang disarankan untuk melakukan refleksi diri dan melepaskan stres. Terkadang, menulis jurnal memang bisa membantu kamu melihat sesuatu dari perspektif yang berbeda. Kamu bisa memulai dengan menuliskan peristiwa apa saja yang terjadi di hari itu.

Selain itu, tuliskan tentang tiga hal yang kamu syukuri atau berjalan dengan baik pada hari tersebut. Hal itu bisa membantu kamu tetap bersyukur menjalankan kehidupan ini. Lalu, tuliskan juga tiga hal yang kurang berjalan dengan baik. Sehingga, nantinya kamu bisa melakukan refleksi dan evaluasi diri, agar mampu lebih baik di hari berikutnya.

Baca Juga: 5 Cara Unik Atasi Rasa Jenuh dalam Rutinitas Harian, Ampuh!

4. Meminum secangkir teh

6 Rekomendasi Kegiatan Night Routine, agar Hidup Lebih Bermakna!Ilustrasi meminum teh (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Jika kamu ingin meminum sesuatu sebelum tidur, maka cobalah untuk minum secangkir teh. Hindari minuman beralkohol atau bersoda, karena bisa mengganggu kualitas tidur. Kamu bisa memilih secangkir teh tanpa kafein untuk menenangkan pikiranmu.

"Secangkir teh chamomile hangat mungkin adalah hal yang kamu butuhkan untuk bersantai setelah hari melelahkan," catat Stefani Sassos, seorang ahli diet, dilansir Good House Keeping.

Stefani menambahkan, teh chamomile juga bisa membantu kamu memiliki tidur yang lebih nyenyak dan berkualitas. Sehingga, kamu akan lebih segar ketika bangun pagi dan siap dalam menjalankan hari.

5. Melakukan meditasi

6 Rekomendasi Kegiatan Night Routine, agar Hidup Lebih Bermakna!Ilustrasi melakukan meditasi (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Untuk membuat pikiran dan hati lebih tenang, kamu bisa melakukan meditasi sebelum tidur. Jika kamu belum tahu apa yang harus dilakukan saat meditasi, maka sebaiknya cobalah mengunduh aplikasi meditasi. Kamu juga bisa melakukan kegiatan spiritualitas lainnya jika kurang menyukai meditasi.

Chris menyarankan, cobalah aktivitas menenangkan seperti berdoa atau spiritual reading. Kegiatan tersebut bisa membantu kamu dalam menenangkan pikiran. Selain itu, kamu juga bisa menjadi lebih bersyukur dalam menjalankan kehidupan ini.

6. Membaca buku

6 Rekomendasi Kegiatan Night Routine, agar Hidup Lebih Bermakna!Ilustrasi membaca buku (pexels.com/Monstera)

Jika suka aktivitas yang lebih menarik, kamu bisa mencoba untuk membaca buku. Cobalah mencari buku yang menarik untuk kamu baca di malam hari. Dilansir Good House Keeping, Hana Jeon, seorang editorial assistant, menyarankan agar kamu membaca buku fisik atau tradisional.

Hindari untuk membaca buku digital atau melalui e-book. Karena cahaya yang dipancarkan dari layar akan cukup berbahaya untuk tubuh. Kamu juga bisa menggunakan audiobook, jika lebih suka mendengarkan daripada membaca.

Itulah beberapa rekomendasi kegiatan night routine yang bisa kamu lakukan agar mendapatkan kehidupan lebih bermakna. Gimana, apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 5 Hal yang Membuat Seseorang Bosan Menjalani Rutinitas

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Carpe Diem

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya