Comscore Tracker

6 Trik Memakai Makeup Sesuai Bentuk Mata, Layak Dicoba!

Tentukan terlebih dahulu apa bentuk mata kamu

Bentuk mata atau eye shape memang sangat beragam. Setiap orang biasanya memiliki bentuk mata yang berbeda. Mulai dari mata yang bulat, monolid, downturned, dan sebagainya. Untuk bisa menghasilkan makeup yang lebih bagus, sebaiknya kamu harus menyesuaikannya dengan bentuk mata.

Hal tersebut dimaksudkan agar kamu bisa lebih menonjolkan riasan pada mata. Oleh sebab itu, pastikan terlebih dahulu kamu sudah mengetahui apa bentuk matamu. Setelah itu, simak di bawah ini trik makeup sesuai bentuk mata yang kamu miliki!

1. Mata monolid

6 Trik Memakai Makeup Sesuai Bentuk Mata, Layak Dicoba!Ilustrasi menggunakan makeup pada mata (pexels.com/Adrienn)

Monolid dikenal sebagai eye shape yang memiliki sedikit lipatan atau bahkan gak ada lipatan sama sekali. Trik pertama adalah dengan menambahkan sedikit aksen lipatan mata menggunakan concealer. Kamu bisa mengoleskan warna yang mengilap di sekitar garis bulu mata sampai ke bagian tengahnya.

"Agar mata terlihat lebih besar dan terbuka, gunakan concealer untuk memotong sedikit lipatan di atas lipatan alami pada mata kamu," ujar Cara Lovello, seorang celebrity makeup artist, dilansir Real Simple.

Selain itu, penggunaan eyeliner juga menjadi solusi terbaik untuk bentuk mata monolid. Cobalah menggunakan eyeliner di area tightline, yakni garis yang terletak antara bulu mata dan waterline. Penggunaan eyeliner di area tersebut akan membuat mata terlihat lebih besar.

2. Mata bulat

6 Trik Memakai Makeup Sesuai Bentuk Mata, Layak Dicoba!Ilustrasi menggunakan makeup pada mata (pexels.com/Sergey Makashin)

Mata bulat biasanya memiliki ukuran yang lebih besar. Dilansir Byrdie, Ashley Rebecca, seorang makeup artist, menyebutkan bahwa untuk mata bulat sebaiknya menggunakan palet warna netral. Baik untuk penggunaan eyeshadow, glitter, atau bahkan eyeliner.

Untuk membuat eyeliner, sebaiknya pilihlah produk yang cair. Lalu, setelah itu, kamu bisa membuat garis tipis sedekat mungkin dengan bulu mata. Jika ingin memanjangkan bentuk mata, cobalah membentuk eyeliner dimulai dari sepertiga bagian luar kelopak mata.

3. Mata downturned

6 Trik Memakai Makeup Sesuai Bentuk Mata, Layak Dicoba!Ilustrasi eye makeup (pexels.com/Anderson Guerra)

Mata downturned biasanya memiliki bentuk yang turun, yaitu ketika sudut luar mata mengarah ke bawah. Ashley menyarankan, kamu bisa menggunakan lash curler dan memastikan agar bulu mata tetap terlihat lentik. Tujuannya adalah untuk membuat mata terlihat lebih besar.

Jika ingin menonjolkan bentuk mata downturned, gunakanlah eyeliner dengan bentuk lurus. Jangan membentuk eyeliner dengan melengkungkannya, karena hanya akan membuat mata terlihat lebih turun.

Baca Juga: 10 Inspirasi Makeup Mata ala Mikayla Nogueira, Unik dan Bertema

4. Mata upturned

6 Trik Memakai Makeup Sesuai Bentuk Mata, Layak Dicoba!Ilustrasi eye makeup (pexels.com/Wayne Fotografias)

Upturned eyes terlihat dari sudut luar mata yang miring ke atas. Bentuk mata ini pun terlihat lebih mirip dengan mata kucing. Itulah mengapa, bentuknya sering disebut juga sebagai cat's eye. Untuk jenis mata ini, kuncinya adalah pada alis.

"Alis yang penuh dan well-defined bisa membuat tampilan upturned eyes terlihat lebih menarik serta menonjol. Selain itu, kamu juga bisa menggunakan eyeliner warna-warni agar mata lebih indah," saran Tim Quinn, seorang celebrity makeup artist, dilansir Byrdie.

Untuk bentuk eyeliner yang disarankan adalah winged eyeliner. Penggunaan winged eyeliner bisa membuat mata terlihat lebih indah. Sehingga, akan lebih menampilkan kesan atau gaya cat's eye.

5. Mata hooded

6 Trik Memakai Makeup Sesuai Bentuk Mata, Layak Dicoba!Ilustrasi memakai riasan pada mata (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Hooded eyes sebenarnya hampir mirip dengan monolid, karena lipatan mata memang kurang terlihat jelas. Namun, hooded eyes ini biasanya memiliki tulang alis yang lebih tebal. Ketika mata terbuka, biasanya kelopak mata akan kurang terlihat, karena tertarik ke dalam lipatan.

Tim Quinn menyebutkan, penggunaan eyeliner untuk jenis mata ini memang akan cukup sulit. Oleh sebab itu, Tim Quinn menyarankan agar menggunakan eyeliner dan maskara yang tahan air atau waterproof. Sehingga, eyeliner akan tetap terlihat, walaupun mungkin akan kurang jelas.

6. Mata almond

6 Trik Memakai Makeup Sesuai Bentuk Mata, Layak Dicoba!Ilustrasi memakai riasan pada mata (pexels.com/Shiny Diamond)

Mata almond umumnya memiliki kelopak mata lebih kecil dan memanjang, sehingga akan mirip dengan kacang almond. Ashley menyebutkan, style terbaik untuk mata almond adalah smokey eyes. Kamu bisa memilih eyeshadow berwarna gelap untuk menciptakan smokey eyes.

Selain itu, manfaatkan juga eyeliner dengan mengaplikasikannya di bagian atas dan bawah. Kamu bebas mengkreasikan bentuk eyeliner, mulai dari winged, ombre, atau bahkan smudged. 

Itulah beberapa trik makeup yang disesuaikan dengan bentuk mata. Kira-kira, apa bentuk matamu? Mulai sekarang, yuk coba terapkan trik di atas sesuai dengan bentuk mata yang kamu miliki. Selamat mencoba!

Baca Juga: 5 Kesalahan saat Membersihkan Makeup Mata, Sering Dilakukan!

Nisa Meisa Zarawaki Photo Verified Writer Nisa Meisa Zarawaki

Carpe Diem

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya