Comscore Tracker

5 Kesalahan Makeup yang Bikin Riasanmu Cepat Luntur, Jangan Abaikan Ya

Bukan hal yang mudah, lho! 

Merias wajah dengan makeup bukan perkara yang dianggap mudah. Satu kesalahan saja akan membuat riasanmu terlihat jelek dan tidak cocok di wajah. Kamu perlu trik-trik khusus agar makeup yang digunakan tepat dan sesuai.

Kesalahan memilih makeup merupakan hal yang fatal bagi kebanyakan orang. Apalagi jika makeup yang kamu gunakan cepat luntur dan bikin kulit kusam. Untuk itu, kamu perlu paham dengan baik hal-hal yang harus kamu hindari saat merias wajah. Berikut kesalahan makeup yang sebaiknya diperhatikan.

1. Mengabaikan pemakaian primer

5 Kesalahan Makeup yang Bikin Riasanmu Cepat Luntur, Jangan Abaikan YaPixabay.com/nanshy

Primer merupakan produk utama yang tidak boleh diabaikan. Kamu perlu menjadikannya fondasi sebelum memakai foundation. Produk ini dapat melembapkan kulit dan menghaluskan permukaan kulitmu. Jika kamu mengaplikasikan primer di wajah, maka makeup akan lebih tahan lama dan halus.

Ada banyak primer yang tersedia di pasaran. Kamu perlu memilih primer dengan mempertimbangkan jenis kulit. Hindari primer yang berminyak dan lengket. Primer sangat direkomendasikan untuk kamu yang berjenis kulit kering. Makeup yang mudah luntur dan retak bisa diminimalisasi dengan produk primer ini. 

2. Tidak mengaplikasikan setting spray

5 Kesalahan Makeup yang Bikin Riasanmu Cepat Luntur, Jangan Abaikan Yathehomegear.com

Selain primer, setiap penata rias selalu menyelesaikan makeup mereka dengan setting spray. Ini adalah produk penting yang menjaga kelembapan kulit. Jika kamu mengabaikan pemakaian setting spray, maka makeup akan mudah luntur dan tidak bertahan lama.

Setting spray memberikan perlindungan ekstra pada wajah, sehingga makeup menempel dengan sempurna. Dalam memilih produk terbaik, sebaiknya kamu pahami dulu kandungan bahan yang tertera pada kemasan.

Pilih setting spray yang mengandung PVT untuk makeup yang tahan lama. Jangan lupa pula untuk menutup mata saat menyemprotkannya agar lebih aman.

Baca Juga: 5 Warna Lipstik Dark yang Wajib Dimiliki oleh Si Penyuka Makeup Bold

3. Salah memilih foundation yang tepat

5 Kesalahan Makeup yang Bikin Riasanmu Cepat Luntur, Jangan Abaikan YaPixabay.com/ivanovgood

Memilih foundation yang tepat dalam merias wajah tidak boleh dilakukan sembarangan. Baik salah memilih produk maupun memilih warna bisa membuat makeup-mu berantakan dan cepat retak. Apalagi jika foundation yang kamu gunakan cepat luntur saat kamu kepanasan. Kesesuaian bahan dan warna perlu diperhatikan dengan sebaik-baiknya.

Faktor yang perlu kamu garis bawahi dalam memilih foundation adalah kandungan minyak alami dan finishing foundation. Kamu harus memilih finishing seperti matte, dewy, satin dan glowy saat memakai foundation. Pilih juga jenis foundation yang menghidrasi kulit dan tidak mudah luntur.

4. Tidak menggunakan produk dengan formula waterproof

5 Kesalahan Makeup yang Bikin Riasanmu Cepat Luntur, Jangan Abaikan YaPixabay.com/504497

Memilih produk yang memiliki formula waterproof dibutuhkan untuk menjaga wajah tidak luntur saat cuaca panas dan aktivitas yang padat. Makeup tahan air membuat riasan lebih tahan lama tanpa harus sering melakukan touch up. Biasanya, produk waterproof menambahkan efek lembap yang membuat wajah semakin segar.

Sebelum memilih produk, baiknya kamu memperhatikan label kemasan dan memastikan produk aman. Meksipun tahan lama, kelemahan dari produk waterproof adalah kesulitan dalam melepaskannya. Kamu akan butuh usaha ekstra untuk menghilangkan bekas makeup di wajahmu.

5. Tidak memilih produk long lasting

5 Kesalahan Makeup yang Bikin Riasanmu Cepat Luntur, Jangan Abaikan Yamakeuptutorials.com

Banyak produk di pasaran yang memakai formula long lasting. Kamu perlu mempertimbangkan produk kecantikan yang long lasting agar riasan bertahan lama. Untuk wanita yang super sibuk, produk long lasting akan membantu mempertahankan tampilan lebih lama.

Pilihan produk yang aman dan tidak mengandung bahan-bahan kimia berbahaya. Produk yang digunakan harus tepat dan tidak membuat kulit iritasi. Sebagai rekomendasi, gunakan produk long lasting yang memiliki perlindungan tabir surya. 

Nah, kesalahan-kesalahan makeup yang telah disebutkan harus kamu pahami dengan baik. Jangan pernah mengaplikasikan riasan wajah yang tidak sesuai jenis kulitmu, ya. 

Baca Juga: Sembunyikan Mata Lelah dengan Makeup ala Kim Kardashian

Nurul Aulia Photo Community Writer Nurul Aulia

Jika tidak bisa berbicara dengan lantang mengutarakan kebenaran, Menulislah dengan baik dan benar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You