Comscore Tracker

5 Kandungan Skincare untuk Perbaiki Skin Barrier, Bikin Kulit Kenyal!

Ada aloe vera hingga ceramide

Khusus untuk kulit wajah, terdapat lapisan skin barrier yang bertindak sebagai lapisan teratas dari epidermis kulit. Karena terletak di bagian terluar, lapisan ini memiliki peran penting dalam menjaga kulit dari berbagai kerusakan.

Apabila skin barrier telah rusak, maka wajah pun akan rentan dengan jerawat, iritasi, kusam dan kering. Nah untuk skin barrier yang terlanjur rusak, berikut lima kandungan skincare yang wajib kamu coba untuk memperbaikinya!

1. Ceramide

5 Kandungan Skincare untuk Perbaiki Skin Barrier, Bikin Kulit Kenyal!ilustrasi pelembab dengan kandungan ceramide (unsplash,com/Jocelyn Morales)

Ceramide adalah komponen lipid yang bertugas menjadi pelindung bagi kulit. Dengan menggunakan produk kecantikan yang mengandung ceramide, maka akan membantu memperkuat jaringan kulit.

“Dengan memperkenalkan produk yang mengandung ceramide, Anda akan memperkuat penghalang kulit Anda, yang hasilnya akan menjadi kulit yang lebih sehat, lebih terhidrasi, dan kenyal,” ungkap Daniel Isaacs, seorang Direktur Penelitian di Medik8, dikutip Vogue.

“Ketika dioleskan secara topikal, mereka dapat langsung masuk ke pelindung kulit untuk memperkuatnya. Ini berarti lebih sedikit air yang dapat keluar dari kulit, dan kondisi kulit menjadi jauh lebih baik,” lanjutnya.

2. Hyaluronic Acid

5 Kandungan Skincare untuk Perbaiki Skin Barrier, Bikin Kulit Kenyal!ilustrasi air (unsplash,com/Linus Nylund

Hyaluronic acid menjadi senyawa aktif yang berperan dalam mengikat air di kulit. Menggunakan kandungan ini dapat membantu jaringan kulit mendapatkan cairan yang cukup dan menyimpannya sebagai cadangan hingga kulit nampak lebih sehat karena terhidrasi dengan baik.

“Ini (Hyaluronic Acid) adalah humektan, artinya menarik air dari lingkungan ke lapisan atas kulit seperti spons,” kata Anna Mansouri, dikutip Cosmopolitan. 

Tak hanya itu, hyaluronic acid juga membantu melindungi kulit dari berbagai kerusakan polusi dan mendorong terjadinya pembaruan sel. Dengan kata lain, penggunaan skincare dengan kandungan ini bisa meregenerasi skin barrier yang ada pada kulit.

3. Centella Asiatica

5 Kandungan Skincare untuk Perbaiki Skin Barrier, Bikin Kulit Kenyal!ilustrasi tanaman Centella Asiatica (pexels.com/Julia Filirovska)

Tidak hanya sebagai anti-aging, kandungan centella asiatica juga secara efektif dapat meningkatkan kelembapan kulit. Kandungan ini memberikan hidrasi bagi permukaan kulit dan menghindari terjadinya kehilangan air.

Penggunaan ekstrak centella asiatica dalam produk kecantikan pun dapat membantu perawatan skin barrier yang rusak akibat polusi, iritasi, dan lain sebagainya. Coba kenakan untuk merasakan manfaatnya!

Baca Juga: 5 Cara Memperbaiki Skin Barrier di Area Wajah, Langsung dari Ahlinya!

4. Peptide

5 Kandungan Skincare untuk Perbaiki Skin Barrier, Bikin Kulit Kenyal!ilustrasi menggunakan krim wajah (pexels.com/Sora Shimazaki)

“Dalam perawatan kulit, peptide paling dikenal untuk merangsang perbaikan kulit dan menghambat tanda-tanda penuaan,” jelas Dr. Geeta Yadav MD, seorang dokter kulit (dermatologist) dan pendiri Facet Dermatology, dilansir Health.

Peptide merupakan rangkaian asam amino yang berfungsi untuk menjaga komponen kulit agar tetap utuh. Cara kerja kandungan ini ialah menembus sel-sel jaringan kulit sampai paling dalam sekalipun, sehingga memberikan efek perlindungan yang lebih maksimal.

5. Aloe Vera

5 Kandungan Skincare untuk Perbaiki Skin Barrier, Bikin Kulit Kenyal!ilustrasi aloe vera (unsplash,com/Jessica Lewis)

Aloe Vera tentunya sudah tidak asing lagi di telinga kita. Kandungan yang terdapat dalam lidah buaya ini cukup unggul dalam memberikan efek hidrasi yang kuat dan mampu memperbaiki tekstur kulit wajah.

“Lidah buaya merupakan bahan aktif alami penting yang digunakan sebagai agen anti-inflamasi. Ini (lidah buaya) meningkatkan vitamin A dan C serta enzim dan antioksidan yang bekerja untuk memperbaiki kulit yang terbakar atau dehidrasi,” jelas seorang ahli dermatologi bernama Dr. Harold Lancer, M.D., F.A.A.D, dikutip Truly Beauty.

Beragamnya senyawa aktif yang ada tentu memiliki fungsi masing-masing bagi kulit. Untuk skin barrier yang rusak, nyatanya dapat diperbaiki dengan lima kandungan di atas, lho!

Baca Juga: 5 Face Oil untuk Memperkuat Skin Barrier, Kulit Sehat dan Lembap!

Nurul Huda Rahmadani Photo Verified Writer Nurul Huda Rahmadani

cats

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Muhammad Tarmizi Murdianto

Berita Terkini Lainnya