Comscore Tracker

5 Cara Menghilangkan Kutek tanpa Menggunakan Aseton, Yuk Coba!

Dijamin lebih aman, ladies

Hampir semua wanita suka memakai kutek dan memiliki koleksi dalam berbagai warna. Seringkali karena mudah bosan dengan satu warna, mereka jadi ingin cepat-cepat ganti. Alasan inilah yang kemudian membuat kutek selalu berpasangan dengan aseton.

Meski keberadaan aseton memang untuk menghilangkan kutek, tapi terlalu sering menggunakannya juga kurang aman.

Sebenarnya ada beberapa cara yang cukup ampuh untuk menghilangkan kutek selain dengan aseton. Meski tidak secepat aseton, tapi cara-cara ini memang dirasa lebih aman. Apa saja? Yuk, simak.

1. Hair spray

5 Cara Menghilangkan Kutek tanpa Menggunakan Aseton, Yuk Coba!unsplash.com/Awed Creative

Meski hair spray lebih banyak dikenal untuk menata rambut, ternyata ada fungsi lain yang cukup ampuh berkaitan dengan kutek. Ya, hair spray bisa kita manfaatkan sebagai pengganti aseton untuk membersihkan kuku dari kutek.

Cukup seprotkan hair spray secukupnya pada kapas. Lalu usapkan pada kuku secara searah dan perlahan sampai kutek mulai menghilang. Setelah kutek hilang, jangan lupa untuk membilas kuku dan beri pelembap agar kuku tetap terhidrasi.

2. Cuka dan lemon

5 Cara Menghilangkan Kutek tanpa Menggunakan Aseton, Yuk Coba!pixabay.com/Anelka

Cara aman berikutnya adalah dengan memanfaatkan kombinasi cuka dan lemon. Kedua bahan ini sama-sama bersifat asam sehingga cukup efektif untuk membersihkan kutek.

Cukup dengan mencampurkan 2 sendok makan cuka dan beberapa tetes air perasan lemon. Diamkan selama 10-20 menit. Lalu, ambilah kapas dan basahi dengan air campuran cuka dan lemon tadi. Usapkan ada kuku sampai kutek terangkat dan kuku jadi bersih kembali. Bilas dengan air bersih dan jangan lupa olesi kuku dengan pelembap.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kuteks Agar Senada dengan Warna Kulit

3. Hand sanitizer

5 Cara Menghilangkan Kutek tanpa Menggunakan Aseton, Yuk Coba!unsplash.com/Anna Earl

Kita mengenal hand sanitizer sebagai cairan atau gel antiseptik untuk membersihkan tangan dari kuman yang menempel. Akan tetapi, hand sanitizer ternyata juga bisa dipakai untuk menghilangkan kutek, lho.

Caranya sangat mudah. Cukup oleskan hand sanitizer pada kuku berkutek. Diamkan beberapa saat sampai kutek mulai melunak, lalu sapu dengan kapas atau kain halus. Bilas pakai air bersih dan olesi kuku dengan pelembap.

4. Pasta gigi

5 Cara Menghilangkan Kutek tanpa Menggunakan Aseton, Yuk Coba!unsplash.com/Anastasiia Ostapovych

Pasta gigi dapat menjadi cara alternatif berikutnya untuk menghilangkan kutek tanpa aseton.

Meski belum banyak diketahui, tapi cara yang satu ini bisa dibilang yang paling mudah karena pasta gigi selalu tersedia di rumah. Oleskan saja pasta gigi pada kuku lalu diamkan selama 10-15 menit. Kemudian kikis dengan kapas atau kain halus secara perlahan sampai kutek menghilang. Setelah kutek terangkat semua, bilas kuku dan tangan dengan air sampai bersih.

5. Baking soda

5 Cara Menghilangkan Kutek tanpa Menggunakan Aseton, Yuk Coba!pexels.com/Kaboompics

Baking soda ternyata juga bisa menjadi pengganti aseton untuk membersihkan kuku dari kutek. Hal ini dikarenakan sifat baking soda yang abrasif hingga mampu membuat kutek terkikis.

Cara penggunaannya adalah dengan membuat pasta dari campuran baking soda dan air hangat. Pasta baking soda tadi cukup dioleskan saja pada kuku dan diamkan beberapa saat. Setelah itu, usap kuku dengan kapas sampai kutek terangkat semua. Terakhir, bilas dengan air bersih dan olesi pelembap agar kuku tetap terhidrasi dengan baik.

Nah, itu tadi beberapa cara menghilangkan kutek tanpa menggunakan aseton. Cukup mudah bukan? Yuk, dicoba.

Baca Juga: 7 Manfaat Annatto, Tanaman yang Sering Dijadikan Kutek 'Low Budget'

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya