Comscore Tracker

Dianggap Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 5 Manfaat Ini 

Mandi kembang punya manfaat untuk kesehatan, lho! 

Kalau kita mendengar tentang mandi kembang, biasanya akan langsung dikaitkan dengan ritual yang berbau mistis. Terlebih dalam masyarakat kejawen, mandi kembang memang identik dengan hal-hal klenik. Terlepas dari semua itu, ternyata mandi kembang, terutama kelopak mawar, justru memiliki manfaat bagi kesehatan.

Berikut ini beberapa manfaat mandi kembang untuk kesehatan yang tidak pernah kita duga sebelumnya.

1. Membantu menurunkan berat badan

Dianggap Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/i yunmai

Menurunkan berat badan biasanya dilakukan dengan cara diet makanan atau melalui rutinitas olah raga. Namun ternyata, mandi kembang dengan kelopak mawar juga bisa membantu program penurunan berat badan, lho. Hal ini dikarenakan kelopak mawar mengandung senyawa yang meningkatkan metabolisme dan membersihkan racun dari dalam tubuh sehingga dapat mendorong penurunan berat badan.

2. Berperan sebagai afrodisiak alami

Dianggap Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Grace Madeline

Sebagai bunga yang sering dijadikan simbol cinta, mawar ternyata juga merupakan afrodisiak alami. Kelopak mawar sangat efektif dalam membantu seseorang merasa aktif secara seksual yang pada akhirnya juga akan mengendalikan jantung, pikiran dan sistem saraf. Jadi, dengan mandi kelopak mawar secara tidak langsung akan menyehatkan jantung sekaligus melancarkan peredaran darah juga. 

Baca Juga: 5 Manfaat Bunga Peace Lily, Gak Cuma Sebagai Dekorasi

3. Meredakan stres dan depresi

Dianggap Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Darius Bashar

Stres dan depresi seringkali melanda sebagian orang yang memiliki banyak tekanan dan kelelahan. Kondisi ini seringkali akan memicu gangguan kecemasan sampai dengan insomnia. Manfaat mandi kembang selanjutnya ternyata bisa melawan gejala-gejala tadi.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Departemen Fisiologi dan Patologi Universitas Paraiba-Caixa, saat mandi kembang menggunakan kelopak mawar, indra penciuman kita akan secara langsung dirangsang dengan aroma wewangian yang muncul hingga memberi efek yang menenangkan.

4. Membantu mengatasi wasir

Dianggap Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Sharon McCutcheon

Manfaat mandi kembang selanjutnya yaitu dapat membantu mengatasi wasir. Hal ini dikarenakan bunga yang dipakai untuk mandi, khususnya kelopak mawar, kaya akan kandungan serat dan air serta senyawa yang dapat membantu proses pembuangan racun dari dalam tubuh. Selain itu, mandi kembang dipercaya cukup efektif melawan wasir berdarah sekaligus mengatasi rasa sakitnya.

5. Menghilangkan jerawat secara alami

Dianggap Ritual Mistis, Ternyata Mandi Kembang Punya 5 Manfaat Ini unsplash.com/Aleksander Fajtek

Jika memiliki masalah dengan jerawat, mandi kembang bisa menjadi solusi tanpa obat yang cukup efektif. Kelopak mawar yang dipakai untuk mandi dan membasuh muka merupakan pelembap alami yang bersifat antibakteri. Selain itu, kelopak mawar juga mengandung fenil etanol, senyawa antiseptik yang efektif melawan jerawat.

Nah, itu tadi beberapa manfaat mandi kembang untuk kesehatan tubuh kita. Jangan lagi dianggap sebagai rangkaian ritual mistis yang membuat ngeri, ya.

Baca Juga: Serbaguna, Ini 5 Manfaat Air Mawar untuk Perawatan Wajah

T y a s Photo Verified Writer T y a s

menulis adalah satu dari sekian cara untuk menemui ketenangan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya