Comscore Tracker

7 Alasan Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah Menikah

Ada kepuasan tersendiri yang bakal kamu rasakan

Setelah menikah, kehidupanmu tak lagi sama. Ada prioritas baru yang harus diutamakan, yaitu keluarga. Apalagi jika kamu dan pasangan sudah memiliki momongan. Kamu harus mencurahkan waktu, tenaga, dan pikiran untuk anak tercinta.

Ibu rumah tangga dan ibu bekerja tentu memiliki peran yang sama-sama mulia. Meski demikian, ada kebanggaan tersendiri yang akan dirasakan ketika wanita tetap bekerja dan punya penghasilan sendiri setelah menikah. Apa saja kira-kira?

1. Bisa membantu perekonomian keluarga, kebutuhan rumah tangga bisa disangga berdua

7 Alasan Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah MenikahPhoto by Saeed Adyani/Netflix

Memang sebagai kepala keluarga, suami memiliki tanggungjawab untuk memenuhi seluruh kebutuhan anak dan istri. Namun, di zaman yang sudah modern ini, posisi wanita dan pria sudah setara. Banyak pekerjaan yang bisa dilakukan oleh ibu rumah tangga.

Mencari nafkah bukan hanya kewajiban tunggal seorang suami. Istri dan suami adalah sebuah tim solid yang harus bahu membahu untuk memenuhi kebutuhan keluarga.

2. Tetap berusaha mandiri, jika terjadi hal yang gak diinginkan maka kamu sudah punya simpanan

7 Alasan Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah MenikahPhoto by Saeed Adyani/Netflix

Tidak ada yang tahu akan seperti apa keadaan rumah tanggamu nanti, punya penghasilan sendiri bisa membuatmu mandiri dalam hal ekonomi. Mungkin saat ini suami bisa menjadi tulang punggung tunggal. Namun, jika sang istri bekerja kondisi ekonomi keluarga bakal tetap aman ketika sang suami mendadak sakit dan tak bisa bekerja.

Selain itu jika terjadi hal yang diinginkan, seperti perceraian, kamu gak bingung mencari pekerjaan karena selama ini sudah memiliki sumber penghasilan sendiri.

3. Bangga, karena bisa membeli barang apapun yang kamu mau tanpa harus selalu minta ke suami

7 Alasan Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah MenikahPhoto by Saeed Adyani/Netflix

Ada kebanggaan tersendiri yang akan dirasakan ketika kamu bekerja dan memiliki gaji. Ketika ingin membeli barang yang diinginkan dan dibutuhkan, kamu bebas langsung membelinya. Tak perlu ada rasa takut atau sungkan jika akan menganggu cash flow keuangan rumah tangga, karena kamu menggunakan uang dari hasil keringat sendiri.

4. Punya penghasilan sendiri sukses mendongkrak rasa percaya diri, kamu percaya kepada kemampuan dirimu sendiri

7 Alasan Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah MenikahPhoto by Neil Jacobs

Jelas rasa percaya diri bakal makin naik. Bekerja dan memiliki penghasilan sendiri membuatmu bangga terhadap diri sendiri karena bisa menjalankan dua tanggung jawab sekaligus. Kamu pun percaya kepada kekuatan diri dan gak bergantung kepada orang lain.

Baca juga: 8 Aturan Hidup yang Harus Dimiliki Wanita Tangguh Masa Kini, Apa Itu Kamu?

5. Ada kepuasan tersendiri yang bakal kamu rasakan saat bekerja dan ikut andil dalam perekonomian keluarga

7 Alasan Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah MenikahPhoto by Neil Jacobs/Netflix

Menggunakan uang hasil keringat sendiri untuk membeli barang yang kamu butuhkan sekaligus bisa membantu perekonomian keluarga tentu bakal membawa kepuasan tersendiri. Kamu puas karena bisa menjalankan peran sebagai ibu rumah tangga sekaligus tetap produktif di dunia kerja. Selain itu, orang-orang disekitar tentu akan tambah respek dan menaruh hormat pada sepak terjangmu selama ini.

6. Bekerja membuatmu dituntut belajar hal baru, skill dan pengetahuanmu bakal selalu terasah terus

7 Alasan Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah MenikahPhoto by Tyler Golden

Tetap bekerja membuatmu akan belajar banyak hal baru setiap hari. Skill dan pengetahuanmu bakal bertambah, selain itu kamu jadi pribadi yang lebih multitasking. Kamu bisa menjalankan tanggung jawab sebagai ibu rumah tangga sekaligus ibu yang bekerja.

7. Tidak merasa bosan, kamu juga jadi tetap punya relasi di dunia kerja

7 Alasan Wanita Harus Punya Penghasilan Sendiri Setelah MenikahPhoto by Saeed Adyani/Netflix

Bekerja membuatmu terus produktif. Selain ada kepuasan tersendiri dan bisa menikmati uang gaji, kamu juga bisa tetap mempertahankan relasi. Kamu gak merasakan kesepian karena selalu di rumah tiap waktu. Ada teman-teman yang bisa diajak untuk bertukar pikiran dan memenuhi kebutuhanmu sebagai mahkluk sosial.

Banyak manfaat yang akan kamu dapatkan ketika bekerja dan punya penghasilan sendiri setelah menikah nanti. Namun, sekali lagi, ibu bekerja dan ibu rumah tangga punya peran yang sama-sama mulia.

Baca juga: Meski Diharapkan, Sebenarnya 7 Hal Ini Gak Harus Dilakukan Wanita

Topic:

Berita Terkini Lainnya