Comscore Tracker

Kisah Dian Siswarini, Sang CEO XL Axiata yang Pernah Panjat Tower BTS!

#AkuPerempuan Contoh perempuan inspiratif yang konsisten pada bidangnya

Untuk pengguna telepon seluler pasti tidak asing dengan operator XL. Namun tahukah kamu bahwa CEO usaha telekomunikasi ini adalah seorang perempuan? Dian Siswarini adalah CEO XL Axiata yang terhitung sejak tahun 2015 lalu.

Passion-nya dalam dunia teknologi terbilang cukup kuat untuk membawanya sampai sekarang ini. Perempuan ini tidak menginginkan kemunculan pemahaman bahwa kaum perempuan tidak dapat berjaya pada bidang teknologi. Maka dari itu, ia membuktikan bahwa dirinya mampu menjadi seseorang yang maju tanpa harus takut akan dominasi laki laki pada dunia teknologi.

Berikut ini adalah beberapa fakta Dian Siswarini.

1. Lulusan dari ITB dan perjalanan karier Dian sebelum berkarya di bawah naungan XL

Kisah Dian Siswarini, Sang CEO XL Axiata yang Pernah Panjat Tower BTS!forum.xl.co.id

Perempuan yang lulus dari jurusan Teknik Elektro di Institut Teknologi Bandung (ITB) pada tahun 1991 itu tidak langsung mendapatkan pekerjaan di bawah naungan XL Axiata. Seperti yang dilansir pada blog pribadinya Diansiswarini.com ia menceritakan tempat kerja pertama kalinya di PT Citra San Makmur (CSM) dengan jabatan Supervisor.

2. Perjalanan karier Dian selama di XL Axiata sampai memanjat tower BTS (Base Transceiver Station)

Kisah Dian Siswarini, Sang CEO XL Axiata yang Pernah Panjat Tower BTS!xl.co.id

Di tahun 1994, ia menjadi Supervisor di PT Satelindo yang tak lama kemudian ia berpindah ke XL di bawah PT. Excelcom. Pekerjaannya saat itu cukup berat yaitu menjadi Radio Engineer, tak ayal dia sering menghabiskan waktu untuk memanjat tower BTS.

Bahkan, beberapa temannya menyatakan bahwa pekerjaannya tidak cocok untuk perempuan. Namun, ia tetap melakukan pekerjaannya dengan baik hingga di tahun 2005 ia diangkat menjadi Vice President Network yang lalu membawanya diberikan kepercayaan untuk bekerja di Malaysia, induk usaha XL, sebagai Group Chief of Marketing.

Lalu, di tahun 2015, ia berhasil menjadi CEO XL Axiata.

3. Inilah quote dari Dian Siswarini bagi kamu perempuan perempuan yang takut akan masuk dunia teknologi karena dominasi laki-laki

Kisah Dian Siswarini, Sang CEO XL Axiata yang Pernah Panjat Tower BTS!diansiswarini.com

CEO XL Axiata ini menyampaikan kepada semua perempuan di Indonesia untuk tidak menghiraukan dominasi gender dalam berbagai pekerjaan. Kunci utama dalam bekerja sebenarnya adalah asal kita menyukai apa yang kita lakukan maka segala hal akan berjalan dengan baik.

4. Tanggapan Dian Siswarini mengenai CEO perempuan

Kisah Dian Siswarini, Sang CEO XL Axiata yang Pernah Panjat Tower BTS!xl.co.id

Seperti dilansir dalam Daily Social, Dian menyatakan bahwa pemimpin perempuan sebenarnya memiliki kemampuan spatial ability. Hal ini dijelaskan lebih lanjut olehnya, pemimpin perempuan memiliki kelebihan untuk melakukan multitasking dalam menyelesaikan masalah dalam waktu bersamaan dengan tempat berbeda beda.

Ia memberikan analogi CEO perempuan sebagai konduktor dalam orchestra, yang mana akan mampu untuk mendengarkan berbagai irama alat musik tanpa kehilangan konsentrasi.

Prila Sherly Photo Community Writer Prila Sherly

@prilasher

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You