Comscore Tracker

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High Heels

Biar pegalnya hilang

Sepatu high heels shoes adalah sepatu andalan cewek untuk tampil menawan. Ketika mengenakannya, kaki akan terlihat lebih jenjang dan memberikan efek badan yang tinggi. Sayangnya, sepatu tersebut sering membuat penggunanya pegal jika dipakai seharian.

Semakin tinggi heels, maka akan semakin terasa pegalnya. Dilansir dari Huffpost dan Shape, inilah 8 cara merilekskan kakimu setelah seharian mengenakan sepatu high heels!

1. Lepaskan high heels shoes dan bertelanjang kaki

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High Heelspexels/@buenosia-carol

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah lepaskan sepatumu. Biarkan kakimu bebas tanpa tekanan dengan bertelanjang kaki. Menggunakan sepatu bertumit tinggi membuatmu pegal karena kamu seperti berjalan jinjit dalam waktu yang lama.

Kembalikan postur telapak kakimu pada postur normal, di mana semua telapak kaki menyentuh lantai. Rasakan betapa nyamannya kakimu setelah seharian berjalan dengan otot yang seperti tertarik ke atas. 

2. Berikan pijatan pada kakimu

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High Heelsunsplash/@anabeautyacademy

Memijat bagian tubuh yang pegal, bertujuan untuk mengendurkan ketegangan otot dan memberikan efek rileks. Pijat bagian telapak kaki, punggung kaki, jari kaki hingga ke pergelangan kaki.

Kamu boleh memijat hingga betis karena biasanya, ketegangan otot tidak hanya dirasakan di bagian telapak kaki. Pijatlah kakimu sendiri di rumah dengan menggunakan minyak atau kamu bisa pergi ke tempat refleksi jika malas melakukannya sendiri!

3. Jika ada luka seperti lecet, segera berikan salep lalu tutup dengan plester luka

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High HeelsPexels/Snapwire

Tanpa kamu sadari, terkadang kulit kaki yang terlalu lama tertekan atau bergesekan dengan sepatu, akan mengalami lecet. Lecet akan terasa perih ketika disentuh dan terlihat kemerahan.

Biasanya, lecet terjadi di area belakang tumit atau samping jari kelingking. Jika ada bagian kakimu yang lecet, segeralah oleskan dengan salep, kemudian balut dengan band aid untuk mencegah infeksi. 

4. Gunakan es jika kamu merasa kakimu bengkak

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High Heelsunsplash/@tomexx

Cedera kaki lainnya selain lecet adalah bengkak. Terlalu lama menggunakan sepatu bertumit tinggi, dapat menyebabkan kebengkakan. Selain bengkak, kaki terasa berdenyut-denyut dan membuat tidak nyaman.

Solusinya, cobalah untuk menggunakan es cube. Jangan langsung menempelkannya ke kaki. Balut es dengan handuk, lalu tempelkan handuk tersebut ke area kaki yang bengkak.

Selain mengompresnya dengan es, kamu bisa berbaring dan meletakkan beberapa bantal di bawah kaki. Berbaring dengan posisi kaki yang lebih tinggi, akan mengembalikan darah dari kaki untuk kembali ke jantung dan meredakan pembengkakan.

Baca Juga: 10 Potret Kaki Jenjang Yeji ITZY yang Bikin Fans Kagum

5. Rendam kaki dengan air hangat dan tambahkan garam mineral

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High Heelsunsplash/@runejohs

Air hangat bermanfaat untuk membuat rileks otot tubuh yang menegang. Rendamlah kakimu dalam air hangat dan rasakan kenyamanan pada kakimu. Selain itu, kamu bisa menambahkan garam mineral.

Garam mineral adalah mineral alami magnesium serta sulfat, yang mampu memperbaiki jaringan tubuh yang bermasalah. Perpaduannya akan membuat kakimu membaik. Air hangat akan melebarkan pori-pori, sehingga kebaikan mineral bisa terserap dengan baik.

6. Lakukan yoga atau peregangan

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High Heelsunsplash/@kateelue

Kamu membutuhkan peregangan ketika kaki pegal. Lakukan yoga dan pilih postur tertentu yang berfokus untuk membuat rileks kaki. Peregangan ini akan menjaga aliran darah.

Kamu juga bisa memanfaatkan bola kecil, seperti bola kasti. Letakkan bola di lantai, kemudian taruh telapak kaki di bagian tengah atas bola. Lalu gerakkan perlahan, dengan membawanya maju serta mundur. Ini seperti pijatan ringan di area telapak kaki.

7. Lakukan pedicure dan jangan lupa memberikan krim yang melembapkan

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High Heelspexels/@olly

Jika sudah lama tidak melakukan perawatan pada kaki, segeralah melakukannya! Kuku kaki yang terlalu panjang atau tumbuh ke dalam, tentu akan menyebabkan rasa sakit ketika mengenakan sepatu bertumit tinggi.

Gosok bagian kaki yang mengalami penebalan serta jangan lupa untuk mengoleskan krim. Krim akan membuat kakimu menjadi lembap dan sehat. 

8. Pakailah slip on shoes, sandal, atau sneaker

8 Cara Membuat Rileks Kaki Setelah Seharian Memakai Sepatu High Heelsunsplash/@jeshoots

Jangan memaksakan bersepatu high heels ketika kakimu bengkak. Istirahatkanlah kakimu sebentar dengan mengenakan sepatu flat atau sandal. Kamu tetap terlihat menawan meskipun mengenakan slip on shoes, sneakers, maupun sandal kok!

Kamu boleh saja ingin tampil memukau. Namun, jangan sampai keinginanmu ini melebihi kemampuan tubuhmu, ya! Kalau sudah merasa pegal, berikan waktu pada kakimu untuk istirahat.

Baca Juga: Mahasiswa UNY Kembangkan Salep Berbahan Alami untuk Atasi Bau Kaki

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya