Comscore Tracker

6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & Sehat

Salah satunya, gak boleh disisir!

Tidak semua orang menyukai rambut berjenis curly. Penyebabnya antara lain adalah dianggap kurang rapi dan perawatannya lebih rumit. Hal ini pun bisa membuat pemiliknya jadi kurang percaya diri.

Padahal, rambut curly bisa terlihat menarik juga, asalkan kamu merawatnya dengan tepat. Dilansir dari berbagai sumber, inilah cara merawat rambut curly!

1. Jangan terlalu sering keramas!

6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & Sehatnaturallycurly.com

Kamu mungkin ingin menjaga rambutmu tetap bersih dengan keramas setiap hari. Namun, cara ini kurang tepat dan malah bisa membuat rambut menjadi kering atau bahkan lepek.

Keramas setiap hari sangat tidak dianjurkan untuk pemilik rambut curly. Rambut ini biasanya cenderung kering, sehingga membutuhkan sesuatu yang bisa melembapkan.

Selama tak berlebihan, biarkan saja minyak alami di kepalamu membuat rambut jadi sedikit lebih lembut. Jangan lupa untuk benar-benar membersihkan rambut dengan cara menggosokkan kulit kepala menggunakan jari. Pastikan bersih, tanpa ada sisa produk

2. Jangan lupa untuk mengaplikasikan kondisioner pada rambutmu!

6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & Sehatwikihow.com

Keramas tak hanya menghilangkan kotoran yang menempel pada rambut, namun juga minyak alami kulit kepala. Selama tak berlebihan, minyak alami ini akan menjaga rambut tetap lembap.

Sebaliknya, ketika kamu kekurangan minyak alami, rambutmu akan terasa kasar dan kering. Jangan lupa untuk mengoleskan kondisioner pada rambut dari tengah ke bagian ujung. Usapkan secara merata, diamkan, lalu bilas dengan air dingin!

3. Jangan mengeringkan rambut dengan hair dryer, apalagi pada suhu tertinggi

6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & Sehatfustany.com

Hair dryer adalah salah satu cara mengeringkan rambut dengan cepat. Cara ini biasa digunakan ketika terburu-buru untuk bepergian, namun tidak punya waktu untuk menunggu rambutmu kering secara alami.

Jika memang terpaksa, usahakan untuk tidak terlalu sering dan menggunakan suhu medium. Panas dari pengeringnya, akan membuat rambutmu terlihat kurang sehat, tidak lembap, dan kasar. 

Baca Juga: Cute! 12 Ide Style Rambut ala Pemain Drakor The World Of the Married

4. Sebaiknya, keringkan rambut dengan kaos berbahan katun!

6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & Sehatpexels/@olly

Jika kamu tidak buru-buru pergi, sebaiknya keringkan rambut dengan cara alami. Bungkus rambut dengan kaos berbahan katun yang lembut. Jangan menggosok rambutmu dengan handuk kasar karena akan membuat kutikula kehilangan kelembapan dan rambut kusut.

Sabarlah menunggu sembari mengerjakan hal lain, seperti membereskan tempat tidur, membuat kopi, atau membaca koran pagi. Jangan lupa untuk memberikan vitamin supaya rambutmu terlihat bercahaya!

5. Lebih baik gunakan jari-jarimu daripada sisir rambut

6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & SehatUnsplash/Thought Catalog

Jangan terlalu sering menyisir rambutmu dengan sisir! Sebaliknya, gunakanlah jemarimu untuk menyisir dan membelah rambut kusut. Menata rambut dengan sisir, hanya akan membuat keriting pada rambutmu menjadi melebar dan kehilangan bentuk naturalnya.

Kamu hanya boleh menyisir rambutmu sebelum mandi untuk membantu menyingkirkan rambut kusut. Itu pun dengan sisir yang bergigi lebar. Jangan pernah menggunakan sisir dayung, apalagi sisir dengan gigi yang rapat!

6. Pertahankan rambut curly-mu!

6 Cara Mudah Merawat Rambut Curly Supaya Terlihat Menarik & Sehatetsy.com

Permasalahan lain dari pemilik rambut curly, datang ketika tidur. Rambut curly akan berubah bentuk karena tertekan oleh bantal. Ada satu cara yang direkomendasikan, yaitu mengikat rambutmu ke atas kepala.

Jika ikatannya benar, terlihat seakan ada nanas di atas kepalamu. Kemudian, bungkus dengan kaos katun untuk mengurangi gesekan rambut saat tidur. Ribet, tapi worth it!

Rambut curly juga bisa terlihat menawan. Tapi ingat, kamu harus merawatnya dengan tepat!

Baca Juga: 10 Inspirasi Menata Rambut Pirang Ala Selebriti Indonesia

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya