Comscore Tracker

6 Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier, Ada Centella!

#IDNTimesLife Selamatkan wajahmu

Jika mengalami masalah wajah yang sulit diatasi, kamu harus curiga dengan kondisi skin barrier-mu. Skin barrier adalah lapisan pelindung kulit untuk menjaga wajah dari sejumlah problem. Jika lapisan ini rusak, kamu rentan mengalami masalah kulit atau penuaan dini.

Rusaknya skin barrier bisa disebabkan oleh banyak hal, seperti over eksfoliasi, facial wash yang terlalu basa, hingga lupa mengenakan sunscreen. Jangan sedih, kamu bisa mengatasinya dengan skincare. Inilah kandungan skincare yang bisa memperbaiki skin barrier.

1. Ceramide

6 Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier, Ada Centella!instagram/pixibeauty

Ceramide merupakan kandungan alami yang dimiliki oleh kulit dan berada di lapisan atas skin barrier. Fungsinya adalah menjaga kelembapan dan melindungi kulit dari radikal bebas. Skincare dengan kandungan ceramide, mampu menyatukan kembali lapisan kulit yang rusak.

Selain itu, ceramide juga dapat menstimulasi kulit sehingga lebih cepat untuk memunculkan lapisan kulit baru yang sehat. Kandungan ini cukup terkenal untuk mengatasi skin barrier yang rusak.

2. Niacinamide

6 Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier, Ada Centella!instagram/deciem

Selain ceramide, kamu juga bisa mencoba skincare dengan kandungan niacinamide. Kandungan ini juga kerap menjadi solusi untuk atasi kerusakan skin barrier. Kandungan ini mampu meningkatkan produksi ceramide serta kolagen di wajah.

Hasilnya, wajahmu akan terasa lebih lembap, sehat, dan elastis. Kandungan ini tersedia di dalam face wash, toner, atau serum.

3. Hyaluronic Acid

6 Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier, Ada Centella!instagram.com/snpofficial.id

Salah satu tanda jika skin barrier rusak adalah kulit wajah yang terasa kering, mengelupas, hingga memberikan sensasi yang gak nyaman. Kamu bisa mengatasinya dengan skincare yang kandungannya menghidrasi, seperti hyaluronic acid.

Termasuk ke dalam kandungan humektan, hyaluronic acid menghidrasi skin barrier, menjaga kadar air di dalam kulit, dan mempercepat penyembuhan luka. Kulit akan terasa lebih lembap karena hyaluronic acid juga dapat mengunci kandungan air di kulit.

Baca Juga: 8 Rekomendasi Bedak Tabur untuk Kulit Berminyak, Hasilnya Matte!

4. Peptide

6 Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier, Ada Centella!instagram.com/sonaturalindonesia

Peptide mungkin lebih familier dikenal sebagai kandungan skincare untuk produk anti aging. Kandungan ini memang mampu meningkatkan produksi kolagen, sehingga meminimalkan kerutan di wajah.

Peptide ini juga bisa kamu gunakan untuk mengatasi skin barrier yang rusak, sehingga kulit akan terasa lebih lembap dan kenyal. Kandungan ini bisa kamu temukan di produk seperti serum.

5. Centella asiatica

6 Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier, Ada Centella!Instagram.com/riccilink

Tenangkan kulitmu yang iritasi dengan skincare yang kandungannya menyejukkan. Contoh yang sekarang cukup booming adalah Centella asiatica. Bahan yang dikenal juga dengan nama daun pegagan ini, memiliki sifat anti inflamasi sehingga bisa menenangkan kulitmu.

Kandungan ini juga dapat meningkatkan produksi kolagen, lho! Ada banyak masker ataupun face wash yang mengandung bahan ini.

6. Aloe vera

6 Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier, Ada Centella!freepik.com/jcomp

Jika kamu gak cocok dengan kandungan Centella asiatica, kamu bisa menggunakan skincare berbahan Aloe vera. Kini, bahan yang dikenal dengan nama lidah buaya ini, hadir dalam produk soothing gel yang multifungsi.

Selain bisa untuk menenangkan kulit iritasi, bahan ini juga mampu mempercepat pemulihanskin barrier. Bahkan, kandungan ini bisa mengurangi kemerahan pada kulit wajah. 

Jangan hanya memperbaiki, tapi jangan lupa juga untuk menjaga skin barrier! Kamu gak boleh skip pakai sunscreen dan jangan terlalu sering eksfoliasi, ya!

Baca Juga: 9 Rekomendasi Produk Double Cleansing, Harga Mulai Rp8 Ribuan

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari
  • Septi Riyani

Berita Terkini Lainnya