Comscore Tracker

7 Variasi Motif Kotak-Kotak pada Pakaian, Ada Istilahnya Sendiri!

Motif favorit sejuta umat, nih!

Mengenakan pakaian bermotif akan membuatmu terlihat lebih menarik dan mencuri perhatian. Di antara banyaknya motif pakaian, kotak-kotak merupakan yang paling banyak disukai. Motif ini juga sangat cocok digunakan baik untuk cewek atau cowok.

Motif kotak-kotak ternyata punya banyak variasi dengan nama yang berbeda. Dilansir dari Plaid Lover dan Preview, inilah beberapa variasinya!

1. Gingham

7 Variasi Motif Kotak-Kotak pada Pakaian, Ada Istilahnya Sendiri!instagram/auroramanda95 & instagram/gheaindrawari

Tahukah kamu jika motif kotak-kotak bernama gingham ini, berasal dari kata Melayu "genggang" yang artinya belang? Gingham sebenarnya adalah nama kain tenun yang dibuat dengan benang katun yang diwarnai.

Coba kamu perhatikan, motif pada variasi ini biasanya berwarna cerah seperti merah, kuning, ataupun biru! Jika kamu perhatikan, warna putih menjadi dasar dari kain, lalu motif kotaknya diperoleh dari garis warna yang saling bertemu.

Kemudian, motif ini juga akan menghasilkan warna yang lebih tua di persinggungannya. Jika warnanya kuning, kamu bisa melihat tiga gradasi yaitu kuning muda, kuning tua, dan putih. 

2. Tartan

7 Variasi Motif Kotak-Kotak pada Pakaian, Ada Istilahnya Sendiri!instagram/andienaisyah & instagram/natashawilona12

Kamu pasti sudah tak asing lagi dengan kata tartan. Sebenarnya, tartan adalah kain yang terbuat dari wol yang ditenun secara menyilang dengan garis warna yang berbeda.

Motif yang disebut sebagai kotak-kotak Skotlandia ini, memiliki warna yang terlihat pekat dan cenderung gelap. Biasanya, warna yang digunakan adalah merah, hijau, biru, dan cokelat.

Fakta uniknya, setiap motif tartan punya arti tertentu. Motif tartan dibagi lagi menjadi berbagai bentuk motif yang akan menjadi penanda atau identitas klan orang Skotlandia. 

3. Madras

7 Variasi Motif Kotak-Kotak pada Pakaian, Ada Istilahnya Sendiri!talbots.com & instagram/adindathomas

Madras berasal dari India, di mana ciri khasnya adalah tak memiliki bentuk kotak-kotak yang stabil. Setiap kotaknya tak punya ukuran yang sama atau perpotongan garis justru ada di sisi tertentu. Beda dengan tartan, warna motif ini terlihat tak pekat.

Pemilihan warna motif madras biasanya colorful dan cerah, seperti pink, kuning, tosca. Akan tetapi, ada pula yang berwarna nude atau pastel yang lembut. Motif madras pertama kali dikenalkan pada konsumen Amerika sekitar tahun 1897. 

4. Window pane

7 Variasi Motif Kotak-Kotak pada Pakaian, Ada Istilahnya Sendiri!instagram/aaliyah.massaid & instagram/ochi24

Jika gingham, tartan, dan madras memiliki motif yang terkesan rapat dan ramai, maka ada motif window pane yang sedikit berbeda. Sesuai namanya, bentuk persegi yang dihasilkan mirip seperti kaca jendela. Pola kotaknya sangat sederhana, yaitu dari perpotongan dua garis yang saling tegak lurus.

Namun, ada juga motif window pane yang menggunakan empat garis tegak lurus dan tetap menghasilkan persegi yang lebar. Buat kamu yang ingin pakai baju kotak-kotak tapi yang sederhana, bisa coba memakai ini!

Baca Juga: 10 Model Celana Selain Jeans untuk Padu Padan OOTD Hijab Stylish

5. Glen/Prince of Wales Check

7 Variasi Motif Kotak-Kotak pada Pakaian, Ada Istilahnya Sendiri!instagram/yukikt & instagram/cutsyifaa

Motif kotak-kotak ini tercipta dari pertemuan empat garis berwarna gelap dan empat garis yang warnanya lebih terang atau muda. Garisnya sangat tipis dan membentuk pola perpotongan yang tak beraturan. Kamu akan sering melihat motif ini pada setelan jas atau celana berwarna abu-abu.

6. Argyle

7 Variasi Motif Kotak-Kotak pada Pakaian, Ada Istilahnya Sendiri!instagram/agthpricilla & mysocks.co.uk

Motif argyle ini lekat dengan kesan vintage maupun preppy look. Motifnya adalah persegi yang diputar sehingga terlihat seperti belah ketupat dan ditimpa oleh sebuah garis berbentuk seperti jajar genjang. Kamu bisa menjumpai motif pada sweater atau kaos kaki.

7. Houndstooth

7 Variasi Motif Kotak-Kotak pada Pakaian, Ada Istilahnya Sendiri!instagram/princessyahrini & instagram/prillylatuconsina96

Motif kotak yang satu ini pertama kali ditemukan di Swedia. Dinamakan dengan motif houndstooth karena pola kotaknya memiliki sudut berlekuk dan tajam yang mirip seperti gigi taring. Ada pula yang menyebut motif ini sebagai puppytooth jika kotak-kotaknya lebih kecil.

Itu dia beberapa motifnya. Sekarang, pengetahuanmu tentang motif kotak-kotak ini jadi bertambah, deh!

Baca Juga: 9 OOTD Rok ala Honda Hitomi IZ*ONE, Referensi Tampil Cute bak Boneka

Topic:

  • Putri Aisya
  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya