Comscore Tracker

5 Tips Mencuci dan Merawat Rok Plisket agar Lipatannya Awet

#IDNTimesLife Dijamin gak merusak lipatan, nih!

Saat ini rok plisket kembali tren, nih! Rok plisket digemari karena mudah dipadupadankan dengan berbagai item, dari penampilan yang casual sampai formal. Sesuai namanya, rok plisket atau dikenal juga dengan pleated skirt ini memiliki banyak lipatan vertikal yang memberikan kesan feminin dan fashionable kepada para pemakainya.

Karena itu, rok plisket memiliki cara khusus dalam mencuci dan merawatnya supaya lipatannya gak mudah rusak dan hilang serta menjadikannya awet. Berikut IDN Times akan memberikan tipsnya, yuk simak!

1. Baca petunjuk pada label

5 Tips Mencuci dan Merawat Rok Plisket agar Lipatannya Awetinstagram.com/ayudiac

Kalau kamu membeli rok plisket pada brand-brand ternama, biasanya pada labelnya tertulis petunjuk cara mencuci dan menggosoknya. Ikuti petunjuknya supaya rok plisket kamu tetap apik, ya!

2. Gunakan teknik celup

5 Tips Mencuci dan Merawat Rok Plisket agar Lipatannya Awetpexels.com/Elias de Carvalho

Apabila gak ada petunjuk mencuci dan menggosok pada label, sebaiknya kamu menghindari menggunakan mesin cuci ketika mencuci jenis rok yang satu ini. Mencuci pada mesin cuci dapat membuat lipatan rok cepat hilang. Kamu cukup mencelupkan rok ke air berisi detergen, kucek pelan-pelan, dan jangan disikat.

3. Hindari menjemur di bawah sinar matahari langsung

5 Tips Mencuci dan Merawat Rok Plisket agar Lipatannya Awetunsplash.com/Olga Guryanova

Sebaiknya kamu jangan menjemur rok plisket di bawah sinar matahari langsung dengan durasi yang lama. Hal ini menyebabkan lipatan rok dapat menyusut dan berubah, serta warnanya mudah pudar. Kamu bisa menjemur rok di tempat yang teduh dan hanya diangin-anginkan.

Baca Juga: 9 Inspirasi Padu Padan Outfit Warna Hitam, Stay Classy with Black!

4. Setrika dengan suhu rendah sesuai lipatan rok

5 Tips Mencuci dan Merawat Rok Plisket agar Lipatannya Awetinstagram.com/richaeu

Sebenarnya, menggosok rok plisket gak terlalu direkomendasikan karena membuat lipatan rok menjadi mudah rusak. Namun jika kamu ingin menggosoknya, kamu bisa menggunakan setrika dan atur suhu yang paling rendah.

Kamu dapat melipat rok dengan mengikuti lipatan yang sesuai supaya lipatan pada rok tetap bertahan sesuai bentuk aslinya. Perlu diingat, untuk rok plisket yang berbahan tipis dan memiliki lipatan kecil, gak perlu disetrika, ya!

5. Simpan rok dengan cara digantung

5 Tips Mencuci dan Merawat Rok Plisket agar Lipatannya Awetinstagram.com/nasariastri

Untuk menjaga lipatannya, kamu harus menggantung rok plisket dengan benar menggunakan hanger. Kamu bisa menggunakan tali yang terjahit yang terdapat pada rokmu. Karena apabila dilipat, dapat memberikan lipatan tambahan dan membuatnya kusut.

Itu dia beberapa tips mencuci dan merawat rok plisket kamu supaya lipatannya gak mudah rusak. Semoga bermanfaat!

Baca Juga: 9 Inspirasi Padu Padan Rok dan Hijab ala Nasariastri, Pas buat Ngantor

Topic:

  • Rifdah Jihan Azizah
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya