Comscore Tracker

7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kecantikan, Bisa Bikin Wajah Glowing

Ngga perlu kosmetik Korea

Manfaat minyak zaitun bagi kesehatan sudah tidak diragukan lagi. Selain dimanfaatkan sebagai bahan masakan di dapur, minyak zaitun juga banyak digunakan sebagai skincare untuk perawatan dan menjaga kecantikan kulit wajah.

Minyak yang berasal dari tanaman tradisional di daerah Mediterania ini mengandung lemak, vitamin E, vitamin K dan sedikit zat besi yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Minyak zaitun merupakan minyak yang diperoleh dari hasil penggilingan buah pohon zaitun. 

Berikut ini tujuh manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan minyak zaitun sebagai salah satu skincare rutin. Yuk disimak!

1. Menghapus makeup

7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kecantikan, Bisa Bikin Wajah Glowingpexels.com/Emma Bauso

Minyak zaitun dapat bekerja sebagai cleansing oil, sehingga bisa digunakan untuk menghapus makeup. Gunakan minyak zaitun untuk membersihkan wajah dengan cara mengoleskan minyak zaitun di wajah sambil dipijat dengan lembut.

Setelah itu, bersihkan kembali wajah dengan facial wash agar tidak ada sisa minyak yang dapat menyebabkan terjadinya penyumbatan di pori-pori yang bisa menimbulkan jerawat.

2. Mengatasi kulit kering

7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kecantikan, Bisa Bikin Wajah Glowingpexels.com/Jenna Hamra

Bagi pemilik kulit kering, wajib memasukkan minyak zaitun sebagai salah satu skincare rutin. Di dalam minyak zaitun terdapat kandungan vitamin E dan antioksidan yang tinggi sehingga berfungsi untuk melembabkan kulit.

Cara menggunakannya cukup mudah yaitu dengan dijadikan masker maupun campuran scrub untuk mengeksfoliasi kulit.

3. Menyembuhkan jerawat

7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kecantikan, Bisa Bikin Wajah Glowingpixabay.com/Kjerstin_Michaela

Kandungan vitamin E yang tinggi dan anti-inflamasi yang terdapat di minyak zaitun berguna untuk menyembuhkan jerawat dan bekas-bekasnya. Antioksidan dalam minyak zaitun yang bersifat polifenol juga dapat mengeluarkan racun dalam tubuh, sehingga bisa mencegah infeksi yang terjadi saat sedang berjerawat.

Oleskan minyak zaitun pada area yang berjerawat dan dipijat dengan lembut serta agak sedikit menekan bagian yang berjerawat selama 5-10 menit. Kemudian bilas dengan air bersih. Jangan biarkan minyak zaitun terlalu lama berada di bagian area yang berjerawat. Lakukan kegiatan ini 2 kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Baca Juga: Ini 7 Manfaat Centella Asiatica untuk Kesehatan, Sudah Pernah Tahu?

4. Mengecilkan pori-pori wajah

7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kecantikan, Bisa Bikin Wajah Glowingpixabay.com/Mareefe

Memiliki pori-pori besar tentu sangat mengganggu penampilan, karena pori-pori yang membesar dapat menimbulkan komedo. Minyak zaitun juga berfungsi untuk mengecilkan pori-pori di wajah. Caranya dengan mengoleskan minyak zaitun pada wajah yang berpori-pori besar dan berkomedo.

5. Menebalkan alis dan bulu mata

7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kecantikan, Bisa Bikin Wajah Glowingpexels.com/Breakingpic

Minyak zaitun mengandung vitamin E yang juga berfungsi untuk menyuburkan rambut, sehingga bisa digunakan untuk menebalkan alis dan juga bulu mata. Alis dan bulu mata akan tumbuh secara alami jika rutin mengoleskan minyak zaitun ini pada daerah alis dan mata saat menjelang tidur. Jangan lupa untuk mencuci muka setelah bangun tidur.

6. Mengatasi bibir yang menghitam

7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kecantikan, Bisa Bikin Wajah Glowingpexels.com/Burst

Memiliki bibir yang sehat, segar dan merah merona secara alami tentu menjadi hal yang sangat diidamkan bagi para wanita. Kandungan vitamin E dan K yang terdapat di minyak zaitun bisa mengatasi permasalahan bibir yang hitam dan membuatnya merah secara alami. Cukup dengan mengoleskan minyak zaitun di bibir setiap hari.

7. Melembabkan dan memutihkan wajah

7 Manfaat Minyak Zaitun bagi Kecantikan, Bisa Bikin Wajah Glowingmerdeka.com

Salah satu manfaat minyak zaitun yang utama bagi kecantikan yaitu untuk melembabkan wajah. Minyak zaitun mengandung antioksidan dan banyak vitamin yang membantu menjaga kelembapan kulit wajah. Karena kulit yang lembab dapat terhindar dari berbagai macam permasalahan kulit di wajah.

Minyak zaitun juga bisa memutihkan wajah secara alami. Kandungan zat polifenol yang teerdapat di minyak zaitun dapat melindungi kulit dari paparan sinar UV atau radikal bebas. Minyak zaitun juga bisa menghilangkan sel-sel kulit mati yang ada di wajah sehingga wajah nampak lebih bersih, putih, dan bersinar.

Itulah tujuh manfaat minyak zaitun bagi kecantikan kulit wajah. Tak perlu skincare mahal, bahan alami seperti minyak zaitun ini juga dapat membuat kulit wajahmu cantik alami lho. Selamat mencoba.

Baca Juga: 7 Manfaat Garam Laut untuk Kecantikan, Bukan Hanya untuk Penyedap Rasa

Rizna M. Hidayah Photo Community Writer Rizna M. Hidayah

Sharing | Travelling | Writing Antara menulis dan bulutangkis, namun bukan seorang jurnalis!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You