Cara Menggunakan Air Mawar Sebelum Tidur dan Manfaatnya!

Membantu mengatasi masalah kulit

Saat ini berbagai jenis perawatan sangat beragam tergantung dari kebutuhannya. Salah satu yang diminati adalah penggunaan air mawar atau rose water sebelum tidur. Air mawar ini mampu menyegarkan dan melembapkan kulit. Bahkan, juga bisa mengatasi masalah kulit lain dan bisa memberi efek menenangkan karena sifatnya yang antibakteri dan antiinflamasi.

Lalu, bagaimana cara menggunakan air mawar sebelum tidur dan manfaatnya? Untuk penjelasannya lengkapnya kamu bisa menyimak di bawah ini!

1. Mengenal perawatan air mawar

Cara Menggunakan Air Mawar Sebelum Tidur dan Manfaatnya!ilustrasi orang yang sedang merawat kulit wajah (pexels.com/Sora Shimazaki)

Mengutip HuffPost, air mawar telah digunakan selama berabad-abad di Timur Tengah sebagai alat kecantikan. Skincare ini memiliki banyak manfaat untuk rambut dan kulit. Bahkan, sekarang juga banyak produk kecantikan yang menggunakan bahan dasar mawar.

"Air mawar sudah ada sejak zaman kuno di Timur Tengah dan India, dan juga digunakan di Eropa selama berabad-abad. Air mawar telah digunakan sebagai parfum dan sekarang digunakan karena potensi antioksidannya,” jelas kata dokter kulit Lauren Ploch.

Air mawar sekarang menjadi arus utama dengan produk-produk populer. Banyak merek kecantikan dan perawatan kulit berbahan dasar air mawar karena dinilai lebih alami dan sehat.

"Air mawar telah diadopsi secara luas di merek-merek kecantikan dan perawatan kulit Amerika, menggunakan bahan-bahan yang lebih alami dan bersih," jelas dr. Deanne Mraz Robinson salah satu pendiri Modern Dermatology of Connecticut.

Baca Juga: 10 Cara Menggunakan Air Mawar untuk Rutinitas Kecantikan

2. Manfaat menggunakan air mawar untuk skincare

Cara Menggunakan Air Mawar Sebelum Tidur dan Manfaatnya!Ilustrasi air mawar (Unsplash/Christin Hume)

Masih mengutip laman yang sama, dokter kulir Melanie Palm menjelaskan bahwa air mawar ini memiliki sejumlah manfaat. Air mawar menjadi cara perawatan kulit yang bagus saat kamu gunakan sebelum tidur karena bisa meredakan iritasi dan punya sifat antiinflasi.

"Air mawar dikenal dengan sifat antiinflamasi, yang berarti dapat membantu meredakan iritasi atau kemerahan," kata Melanie Palm.

dm-player

Selain itu, dokter kulit Dr. Marisa Garshick juga menjelaskan, berkat efek yang menenangkan dan menyembuhkan, kamu bahkan bisa menggunakan air mawar pada luka akibat pisau cukur, luka area iritasi pada wajah, dan tubuh. Hal ini juga dapat membantu mengatasi masalah peradangan kulit seperti rosacea, eksim dan psoriasis.

"Air mawar membantu menenangkan kulit dan membantu meningkatkan kelembapan serta melembapkan, karena sifat antibakterinya, air mawar juga dapat digunakan pada mereka yang memiliki kulit berjerawat," jelasnya.

Lebih lanjut, dokter kulit Blair Murphy-Rose mengatakan bahwa penelitian juga telah menunjukkan kemampuan air mawar mengatasi masalah kulit yang disebabkan infeksi Candida albicans dan bakteri Staph. Air mawar mampu mengatasi peradangan akibat masalah tersebut.

"Kedua mikroba ini biasanya menyebabkan infeksi pada kulit dan juga di dalam tubuh, mulai dari yang ringan sampai yang fatal. Para peneliti menemukan bahwa air mawar dapat menghambat peradangan yang disebabkan oleh mikroba tersebut," terang Murphy.

Selain itu, senyawa dalam air mawar juga memiliki banyak manfaat lain. Rose water ini bisa meningkatkan kadar kolagen dan elastin yang lebih tinggi, yang membantu menjaga kulit tetap sehat dan awet muda.

"Air mawar mengandung senyawa seperti antosianin, polifenol, dan flavonoid. Senyawa-senyawa ini memiliki sifat antioksidan sehingga dapat membantu melindungi kulit dari kerusakan akibat radikal bebas," ujar Murphy.

Namun selain itu, perlu diingat juga bahwa masih ada potensi resiko ketika menggunakan air mawar. Murphy-Rose menjelaskan, bagi beberapa orang kemungkinan bahan tersebut bisa menyebabkan alergi.

"Seperti halnya produk perawatan kulit lainnya, selalu bijaksana untuk mengujinya pada kulit pergelangan tangan, misalnya. Ada kemungkinan untuk memiliki alergi terhadap air mawar," terangnya.

3. Cara menggunakan air mawar sebelum tidur

Cara Menggunakan Air Mawar Sebelum Tidur dan Manfaatnya!Ilustrasi air mawar (pexels.com/Charlotte May)

Sebenarnya air mawar ini bisa kamu gunakan di pagi maupun malam hari sebelum tidur. Ketika kamu menggunakan di pagi hari, air mawar bisa memberi efek menyegarkan. Kemudian lantaran bisa memberi efek yang menenangkan, air mawar juga bisa membantu kamu tidur lebih nyenyak dan rileks. Berikut ini cara menggunakan air mawar.

  • Air mawar sifatnya bisa sebagai pembersih wajah atau toner. Cocok kamu gunakan setelah beraktivitas maupun ingin istirahat.
  • Gunakan kabut wajah atau esensi air mawar sepanjang hari setiap kali Anda membutuhkan hidrasi.
  • Caranya kamu bisa mencampurkan beberapa tetes air mawar ke dalam masker wajar. Gunakan sekali atau dua kali dalam seminggu.
  • Air mawar juga bisa untuk membersihkan wajah, kamu tinggal membasahi kapas dengan air mawar lalu diusapkan ke wajah.
  • Kamu juga bisa mengaplikasikan air mawar ke wajah sebelum penggunaan serum atau pelembap untuk memaksimalkan manfaatnya.
  • Kamu bisa menyemprotkan air mawar untuk meningkatkan efek hidrasi pada kulit. Terutama saat cuaca sedang panas.

Itulah tadi cara menggunakan air mawar sebelum tidur. Apakah kamu juga tertarik melakukan perawatan ini? Semoga artikel ini bisa membantu, ya.

Baca Juga: 5 Pilihan Merek Air Mawar untuk Campuran Masker Bubuk!

Topik:

  • Pinka Wima
  • Mayang Ulfah Narimanda

Berita Terkini Lainnya