Comscore Tracker

5 Tahap Awal Keguguran yang Harus Diketahui Tiap Perempuan

Tiap ibu hamil harus paham betul tandanya!

Jika kamu sedang dalam program kehamilan, melihat hasil testpack yang positif pasti membuatmu bahagia. Di minggu-minggu awal kehamilan pasti kamu akan sangat protektif terhadap kehamilanmu. Sebuah ketakutan pasti akan muncul, bagaimana jika mengalami keguguran?

Oleh karena itu pahami dulu gejala keguguran di artikel ini, seperti apa?

1. Keguguran di minggu-minggu awal kehamilan (di bawah 13 minggu) terjadi pada 10% dari kehamilan

5 Tahap Awal Keguguran yang Harus Diketahui Tiap PerempuanUnsplash/@anthonytran

Biasanya, keguguran atau miscarriage adalah peristiwa yang jarang dibicarakan pasangan suami istri ke khalayak ramai. Meskipun begitu, jika kamu pernah mengalami keguguran, kamu pasti akan lebih protektif terhadap kehamilan setelahnya.

Jika di minggu awal kehamilan kamu khawatir, kamu bisa selalu ke dokter untuk memastikan. Jika kamu merasakan tanda-tanda berikut, kamu harus waspada dan segera konsultasi ke dokter.

2. Pendarahan

5 Tahap Awal Keguguran yang Harus Diketahui Tiap PerempuanUnsplash/@verneho

Ketika kamu hamil, sudah sewajarnya jika kamu tak mengalami pendarahan seperti menstruasi. Pendarahan saat menempelnya sel telur ke dinding rahim berbeda dengan pendarahan keguguran. Kamu harus waspada jika pendarahan yang kamu alami berupa darah segar kemudian perutmu kram dan sangat menyakitkan.

3. Rasa nyeri dan kram perut yang luar biasa

5 Tahap Awal Keguguran yang Harus Diketahui Tiap PerempuanUnsplash/Xavier Sotomayor

Ketika hamil, merasa perut seperti kram adalah tanda jika rahim melebarkan dirinya untuk mempersiapkan diri di bulan-bulan yang akan datang. Tapi jika kram yang kamu rasakan sakitnya tak tertahankan, apalagi jika ditambah pendarahan berupa darah segar yang banyak, kamu harus segera ke dokter.

4. Sakit punggung di bagian bawah

5 Tahap Awal Keguguran yang Harus Diketahui Tiap PerempuanUnsplash/@naomi_august

Sama seperti kram, kehamilan juga bisa membuat punggung bawahmu terasa pegal atau sakit. Meskipun di kehamilan ini normal, tapi perlu kamu awasi juga intensitas nyeri yang kamu rasakan. Segera ke dokter jika punggung bawahmu mengalami nyeri yang tak tertahankan jika kamu sedang hamil.

5. Kadang keguguran datang tanpa adanya tanda-tanda sama sekali

5 Tahap Awal Keguguran yang Harus Diketahui Tiap PerempuanUnsplash/Riccardo Mion

Salah satu hal terburuk yang bisa terjadi pada ibu hamil adalah kamu mengalami keguguran tapi tak menyadarinya. Biasanya keguguran seperti ini datang tiba-tiba jika sang ibu mengalami trauma atau kelelahan luar biasa sehingga mengalami keguguran.

6. Menstruasi yang terlambat datang

5 Tahap Awal Keguguran yang Harus Diketahui Tiap PerempuanUnsplash/@kxvn_lx

Jika jadwal menstruasimu selalu tepat waktu dan kemudian datang terlambat (sebelumnya melakukan  hubungan badan yang tidak menggunakan pengaman atau kamu juga tidak sedang KB) ada kemungkinan kamu mengalami keguguran. Artinya, sel telur & sperma sudah bertemu dan menempel di dinding rahim, tubuhmu sudah memproduksi hormon HCG, tapi gagal untuk berkembang.

Biasanya hampir 50 - 75% keguguran merupakan jenis yang ini. Bahkan, kamu mungkin gak akan sadar kalau sebenarnya sudah hamil sebelumnya.

 

Mengetahui tanda-tanda awal keguguran bisa menjadi pengingat, terlebih jika kamu sedang hamil muda. Jika kamu yakin sudah hamil namun tiba-tiba mengalami salah satu dari beberapa tanda di atas, sebaiknya segera ke dokter atau bidan agar diberikan penanganan medis yang tepat.

Jaladriana Photo Community Writer Jaladriana

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Pinka Wima

Just For You