Comscore Tracker

Makna Angka "SPF" pada Produk Sunscreen yang Sering Gak Dipahami Orang

Angka di SPF itu artinya apaan sih?

Dengan iklim Indonesia yang bisa dibilang panas sepanjang tahun, rasanya mustahil kalau kamu bisa tetap bertahan dengan kulit yang tak tersentuh sinar matahari. Dan makin mustahil lagi kalau kamu sudah tahu tinggal di iklim tropis tapi gak pernah pakai pelindung dari sinar matahari.

Kita gak lagi ngomongin payung atau pun topi dan kacamata hitam. Kita sedang bicarakan pelindung kulit dari sinar UVA dan UVB yang jahatnya luar biasa. Salah satu cara melindungi kulit dari sinar matahari adalah dengan pakai SPF, apaan sih itu?

1. Sebelumnya, kita kenalan dulu dengan yang namanya sunscreen. Apaan sih sunscreen?

Makna Angka SPF pada Produk Sunscreen yang Sering Gak Dipahami Orangmedicalnewstoday.com

Sunscreen adalah salah satu produk skincare terpenting yang HARUS kamu masukkan ke dalam rutinitas skincare harian. Memilih skincare dengan kandungan SPF (Sun Protector Factor) minimal 30 bisa membantumu mengurangi kerusakan yang ditimbulkan oleh sinar UV (yang juga jadi salah satu penyebab kanker kulit). 

Ngomongin kanker kulit, tahu gak sih kalau satu dari lima orang di Amerika ternyata memiliki potensi untuk terkena kanker kulit sekali dalam seumur hidup mereka? Dengan kemungkinan sebesar itu, masa iya kamu gak mau pakai SPF tiap hari?

2. Sunscreen pasti mengandung SPF. Nah, kamu tahu gak sih seluk-beluk SPF?

Makna Angka SPF pada Produk Sunscreen yang Sering Gak Dipahami Oranglovethispic.com

SPF, Sun Protector Factor, diukur berdasarkan waktunya. Artinya, angka yang ada di SPF itu adalah tolok ukur seberapa lama kulitmu bisa bertahan di bawah sinar matahari langsung sebelum akhirnya kena sunburn atau merah-merah gitu. SPF yang baik adalah yang mampu melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB sekaligus.

Sudah tahu kan arti angka di SPF?

3. Sekarang ngomongin sinar Ultra Violet alias UV, apa dampaknya untuk kulit?

Makna Angka SPF pada Produk Sunscreen yang Sering Gak Dipahami Orangthoroughlyreviewed.com

Sinar matahari mungkin kadang terasa hangat dan nyaman di kulit, tapi sebenarnya sinar itu mengancam kulitmu, apalagi kalau gak pakai sunscreen. Mulai dari keriput dan bintik hitam, hingga kanker kulit, adalah efek samping sinar UV yang gak boleh kamu anggap sepele sehingga kamu HARUS selalu pakai sunscreen. SETIAP. HARI. Tak peduli semendung apa pun harimu (ecielah) kamu harus tetap pakai sunscreen karena matahari tak pernah berhenti menyinari dunia. Halah.

Sinar UVA adalah jenis sinar yang bertanggung jawab atas keriput di kulitmu. Sedangakan sinar UVB adalah jenis sinar yang bertanggung jawab atas merah-merah dan sunburn yang kamu alami. Sudah tahu kan sekarang perbedaannya?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Sunscreen yang Harganya Murah Tapi Kualitas Gak Murahan

4. Tak semua sunscreen diciptakan sama, ada yang physical dan chemical, apa bedanya?

Makna Angka SPF pada Produk Sunscreen yang Sering Gak Dipahami Oranghighya.com

Physical sunscreen, yang juga dikenal sebagai mineral sunscreen, mengandung bahan aktif seperti zinc dioxide atau titanium dioxide. Dua bahan ini mampu melindungimu dari UVA dan UVB. Chemical sunscreen mengandung bahan aktif carbon-based yang organik, seperti octocrylene dan avobenzone, yang akan menyerap UV. Untuk mendapat manfaat yang optimal, sunscreen sebaiknya diaplikasikan kembali setiap dua jam sekali, apalagi kalau kamu kena kontak langsung sama sinar matahari.

5. Sunscreen apa yang cocok untuk jenis kulitku?

Makna Angka SPF pada Produk Sunscreen yang Sering Gak Dipahami Orangamazon.com

Di tengah-tengah gempuran skincare dan sunscreen, ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti.

Cream: Kalau kamu punya kulit kering.

Lotion: Cocok untuk diaplikasikan di bagian tubuh yang lebih luas, punggung misalnya.

Gel: Cocok untuk area yang memiliki bulu atau rambut, kulit kepala misalnya.

Stick: Cocok untuk diaplikasikann di sekitar mata.

Spray: Cocok untuk area tubuh yang susah dijangkau.

Biasanya, butuh sekitar 20 menit untuk kulit yang tak dilindungi SPF untuk mulai sunburn. SPF 15 misalnya, akan mencegah kulitmu untuk terbakar selama 15 menit. Ada beberapa hal yang harus kamu pikirkan, SPF 15 hanya menghalangi 93 persen dari sinar UV. Jadi kalau kamu punya tipe kulit yang gampang kena sunburn, sebaiknya cari SPF yang tinggi dan sering-sering aplikasikan berulang.

Hanya karena kamu gak melihat sinar UV, bukan berarti sinar ini gak ada. Jadi jangan pernah anggap remeh sinar matahari. Dianggap manja karena gak pengen kena sinar matahari? Biarin aja, daripada nanti kena kanker kulit malah makin ribet jadinya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Tinted Sunscreen yang Mampu Tutupi Noda Hitam di Wajah!

Ice Juice Photo Verified Writer Ice Juice

A dyslexic peculiar organism capable of turning caffeine into words.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Agustin Fatimah

Just For You