Comscore Tracker

5 Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Brush Makeup

Kalian sering gak nih melakukannya?

Jika kalian merupakan sosok yang sering makeup, kalian mungkin memiliki beberapa brush makeup dan kalian juga mungkin menyadari pentingnya mencuci brush makeup tersebut. Sebagian besar dari kita menghabiskan banyak uang untuk membeli brush makeup yang bagus dan berkualitas sehingga penting untuk merawatnya dengan baik agar tahan lama. Tapi sayangnya ada banyak kesalahan yang dilakukan saat mencuci brush tersebut.

1. Jarang mencuci brush

5 Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Brush Makeuppinterest.ca

Ksalahan terbesar yang kita semua lakukan ketika mencuci brush makeup adalah tidak cukup sering melakukannya. Tetapi seberapa sering sih kita harus mencuci brush? Itu tergantung pada beberapa faktor, seperti untuk apa brush itu digunakan dan seberapa sering kita menggunakannya. Untuk brush concealer dan foundation, setidaknya cuci seminggu sekali untuk mencegah penumpukan produk pada brush.

Dan karena brush ini digunakan pada wajah, maka semakin bersih semakin baik pula. Brush yang digunakan di area sekitar mata juga harus dibersihkan setidaknya seminggu sekali. Intinya, semakin sering kalian menggunakan brush maka semakin sering kalian harus membersihkannya untuk menghilangkan penumpukan produk serta bakterinya.

2. Tidak mencuci dengan bersih

5 Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Brush Makeupcraftideas.me

Membilas brush dengan air tidaklah cukup untuk sepenuhnya menghilangkan penumpukan produk dan bakteri. Kalian harus memastikan jika sabun atau produk pembersih yang kalian gunakan masuk ke dalam brush secara menyeluruh dan dapat membersihkan brush yang sangat kotor itu. Jika kalian memiliki banyak brush maka waktu untuk mencuci brush kalian mungkin akan memakan lebih banyak waktu, jadi bersiaplah untuk menyisihkan waktu sekitar setengah jam setiap akhir pekan untuk membersihkan semua brush yang kalian punya.

Baca Juga: 7 Brush Khusus Mengatur Bulu Mata, Biar Makin Cetar Hasilnya!

3. Menggunakan produk yang salah

5 Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Brush Makeupintothegloss.com

Merupakan pilihan terbaik untuk menggunakan sabun organik atau sabun tanpa pewangi untuk membersihkan brush. Sebaiknya tidak menggunakan produk apa pun dengan pewangi karena kuas ini akan digunakan langsung ke wajah. Aroma yang masih tersisa yang mungkin saja belum dibilas dapat mengiritasi kulit dan menyebabkan lebih banyak kerusakan dan masalah jerawat.

Jadi jangan khawatir atau takut untuk megeluarkan banyak uang demi membeli produk pembersih brush makeup yang mahal. Selalu berhati-hatilah untuk memeriksa daftar bahan pada produk pembersih apa pun yang akan kalian gunakan demi memastikan tidak akan timbulnya iritasi apalagi jika kalian memiliki kulit sensitif.

4. Memperlakukan tiap brush dengan cara yang sama

5 Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Brush Makeupallure.com

Kuas riasan dapat dibuat dari bulu sintetis atau bulu alami, dan penting untuk mengetahui jenis bulu apa yang brush kalian miliki saat akan membersihkannya. 

Kalian mungkin pernah mendengar bahwa kalian dapat menggunakan sabun cuci piring untuk mengeluarkan minyak yang membandel dan kilau dari brush makeup. Itu benar, tetapi itu hanya aman untuk digunakan pada brush makeup dengan bulu sintetis. Jika kalian menggunakannya pada brush dengan bulu asli maka hal itu dapat merusaknya. Kalian juga dapat menggunakan produk conditioning untuk melembutkan brush dengan bulu alami tetapi tidak ada gunanya melakukannya dengan brush dengan bulu sintetis.

5. Tidak mengeringkan brush dengan benar

5 Kesalahan Besar yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Brush Makeupthepressroom.gr

Mungkin yang paling menyebalkan dari mencuci brush makeup adalah saat harus menunggunya sampai kering. Banyak yang tidak tahu bagaimana kalian harus mengatur kuas hingga dapat kering dengan benar. Jika kalian meletakkan brush dalam posisi berdiri maka air akan berpotensi merusak gagang dan melarutkan lem dan menumpuk pada brush. Sebaiknya baringkan atau digantung terbalik untuk membantu bulu mempertahankan bentuknya dan untuk menjaga agar air tidak menetes ke bawah gagang. Kalian dapat meletakkannya di atas tisu atau handuk bersih untuk mengeringkannya atau menggantungnya di rak khusus yang sekarang banyak dijual.

Udah tahu kan girls apa saja kesalahan yang harus kalian hindari? Yuk jaga brush makeupmu agar lebih tahan lama.

Baca Juga: 5 Cleaning Brush Rekomendasi untuk Menjaga Kebersihan Wajahmu

YOOL Photo Community Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You