6 Tanda Darurat Kalau Vaginamu Sedang Tidak Sehat

Segera periksakan, ya...

Kesehatan organ kewanitaan adalah hal yang sangat penting. Kamu yang mengalami hal yang tidak biasa di vaginamu searusnya tidak mengabaikannya dan segera memeriksakannya. Organ kewanitaan yang tidak sehat akan berdampak pada masa depanmu, mengingat ada banyak penyakit mematikan yang berawal dari organ tersebut.

Dikutip dari Your Tango, di bawah ini adalah 6 tanda darurat kalau vaginamu itu sangat tidak sehat. Jika kamu merasa mengalami salah satunya, sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter untuk pencegahan. Lebih baik mencegah kan daripada mengobati?

1. Iritasi berlebihan.

6 Tanda Darurat Kalau Vaginamu Sedang Tidak Sehathuggies.com.au

Jika kamu merasa terdapat iritasi di bagian bibir vaginamu dan menyebabkan gatal sampai sakit, itu bisa jadi karena kamu memiliki masalah infeksi jamur. Apalagi jika sampai terjadi pengelupasan kulit, kamu harus segera memeriksakannya. Jika iritasi tidak berlebihan dan hanya menyebabkan gatal, itu bisa jadi hanya karena kamu kurang bersih merawatnya atau memakai celana dalam terlalu ketat.

2. Bau amis dan meninggalkan bercak hijau.

6 Tanda Darurat Kalau Vaginamu Sedang Tidak Sehathuffingtonpost.com

Bau amis bisa menjadi tanda bakteri vaginosis yang disebabkan oleh pertumbuhan bakteri yang terlalu banyak dan ketidakseimbangan PH vagina. Apalagi jika di tambah dengan bercak berwana hijau sedangkan normal keputihan berwarna putih, itu bisa jadi tanda trikononiasis yang adalah penyakit menular seksual yang disebabkan oleh parasit.

3. Gatal berlebihan saat keputihan dan keputihan yang tidak biasa.

6 Tanda Darurat Kalau Vaginamu Sedang Tidak Sehatindianexpress.com

Keputihan memang normal kalau terjadi di saat yang tepat. Biasanya keputihan normal adalah yang terjadi sebelum dan sesudah masa menstruasi dan itu adalah tanda bahwa kamu berada dalam masa subur. Yang tidak normal dan tanda bahwa vaginamu berpenyakit adalah ketika kamu mengalami keputihan yang jauh lebih banyak dari biasanya pada periode bukan saat masa menstruasimu. Itu bisa jadi disebabkan oleh infeksi jamur dan pertumbuhan ragi yang terlalu banyak. Sebaiknya kamu segera memeriksakannya.

Baca Juga: 7 Kesalahan yang Gak Sadar Cewek Lakukan Saat Menstruasi

4. Rasa terbakar saat buang air kecil.

6 Tanda Darurat Kalau Vaginamu Sedang Tidak Sehatmamamia.com.au

Rasa terbakar saat buang air kecil itu bisa jadi karena kamu terkena infeksi saluran kemih. Biasanya hal ini terjadi karena kurangnya kamu merawat kebersihan vagina. Saat buang air besar atau buang air kecil kamu tidak bersih membilasnya sehingga bakterinya masuk ke dalam vagina juga bisa menjadi salah satu penyebab hal ini terjadi. Jika hal ini dibiarkan, bukan tidak mungkin kamu akan mengalami kompilaksi serius yaitu gangguan ginjal dan sepsis.

5. Melepuh di bagian vagina.

6 Tanda Darurat Kalau Vaginamu Sedang Tidak Sehathellogiggles.com

Hal ini biasanya adalah pertanda penyakit seksual yang menular. Jika kamu mengalaminya sedikit saja di bagian bibir vaginamu, sebaiknya kamu segera memeriksakannya ke dokter sebelum terlambat. Bisa jadi itu adalah gejala penyakit herpes genital.

6. Pendarahan.

6 Tanda Darurat Kalau Vaginamu Sedang Tidak Sehatgurl.com

Pendarahan setelah berhubungan seks, menstruasi yang jauh lebih panjang dari biasanya, pendarahan setelah menopause adalah pertanda penyakit kanker serviks. Jika kamu mengalami salah satunya, jangan menunda untuk memeriksakannya ke dokter. 

Jangan pernah mengabaikan jika hal-hal ini terjadi padamu. Jadilah peka dengan kesehatan vaginamu sendiri dan kenali tanda-tandanya. Lebih baik kamu mengetahui apa yang terjadi di awal, daripada membiarkannya dan kemudian akan bertambah buruk untuk kesehatanmu sendiri.

Baca Juga: 7 Tanda Keputihanmu Tidak Normal, Cewek Perlu Waspada!

Topic:

Just For You