Comscore Tracker

Keputihan Saat Hamil: Langkah dan Cara Mengatasinya

Peningkatan kadar estrogen menjadi penyebab utamanya

Ketika hamil perempuan mengalami banyak sekali perubahan baik fisik maupun mental. Salah satu hal yang kerap dialami ibu hamil, yakni terjadinya keputihan atau peningkatan kadar estrogen dan aliran darah melalui vagina.

Cairan yang keluar merupakan sisa dari tumpukan bakteri yang menempel pada dinding rahim dan vagina. Biasanya, keputihan terjadi pada usia kandungan semester kedua hingga menjelang kelahiran. Lalu, gimana ya cara mengatasi keputihan saat hamil?

Berikut IDN Times akan rangkum dari berbagai sumber tentang ulasan keputihan saat hamil dari langkah-langkah dan beberapa cara mengatasinya secara ampuh asalkan kamu mengikutinya dengan teratur. Simak penjelasan lengkapnya dibawah ini ya!

1. Membersihkan miss V secara teratur agar tetap dalam kondisi kering dan wangi

Keputihan Saat Hamil: Langkah dan Cara Mengatasinyareportshealthcare.com

Kamu harus menjaga kebersihan miss V dengan cara membersihkannya dengan air. Misalnya, ketika buang air kecil basuh vagina dengan cara dari depan ke belakang.

Perhatikan terlebih dahulu kondisi air yang ada di toilet, usahakan air dalam kondisi bersih tidak terdapat sisa kotoran apa pun, seperti jentik maupun lumut.

2. Pilih bahan celana dalam yang terbuat dari katun

Keputihan Saat Hamil: Langkah dan Cara Mengatasinyawww.pexels.com/ Tofros.com

Gunakanlah bahan celana dalam yang aman dan nyaman. Celana dalam yang terbuat dari bahan katun jauh lebih disarankan karena memiliki tingkat kelembapan yang ideal.

Sirkulasi yang diberikan celana dalam berbahan katun lebih baik sehingga bisa menyerap keringat. Hindari pula celana dalam yang ukurannya tidak sesuai dengan bentuk tubuhmu agar tidak mengalami kesempitan yang bisa memicu terjadinya pertumbuhan jamur di sekitar area miss V.

Baca Juga: 5 Fakta Keputihan Berlebihan yang Belum Semua Orang Tahu, Bahayakah?

3. Optimalkan membasuh miss V dengan air hangat

Keputihan Saat Hamil: Langkah dan Cara MengatasinyaUnsplash.com/Sharoon M

Kebiasaan mengonsumsi junkfood juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan pada ibu hamil.

Sebaiknya, kamu menghindari makanan cepat saji saat hamil karena akan meningkatkan risiko keputihan, hal ini disebabkan makanan cepat saji lebih banyak mengandung gula yang bisa memengaruhi hormon pada area kewanitaan.

4. Memilih makanan dan minuman yang sehat

Keputihan Saat Hamil: Langkah dan Cara Mengatasinyapexels.com/Trang Doan

Kebiasaan mengonsumsi junkfood juga bisa menjadi salah satu penyebab terjadinya keputihan pada ibu hamil.

Sebaiknya kamu menghindari makanan cepat saji saat hamil karena akan meningkatkan risiko keputihan, hal ini disebabkan makanan cepat saji lebih banyak mengandung gula yang bisa memengaruhi hormon pada area kewanitaan.

5. Tidak disarankan menggunakan pantyliner

Keputihan Saat Hamil: Langkah dan Cara Mengatasinyainstagram/ harley_and_jerry

Bagi ibu hamil, tidak ada anjuran untuk membiasakan dirinya menggunakan pantyliner karena bisa memicu perkembangbiakan jamur lebih mudah.

Kandungan kapas pada pantyliner justru akan memperburuk kondisi miss V saat sedang hamil. Oleh sebab itu, sebaiknya kamu hanya menggunakan celana dalam berbahan katun saja.

Demikianlah ulasan dan yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi keputihan saat hamil. Semoga dapat bermanfaat untuk kamu yang memang sedang membutuhkannya dan selamat mencoba ya!

Baca Juga: 7 Fakta tentang Keputihan yang Belum Banyak Diketahui, Yuk Kenali!

Topic:

  • Syarifah Noer Aulia
  • Elfida
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya