Comscore Tracker

7 Hal Mengejutkan Yang Sering Kamu Rasakan Ketika Menstruasi

Kamu ngerasain juga nggak?

Kebanyakan orang mungkin menganggap bahwa wanita yang sedang menstruasi cenderung lebih sensitif dan emosional dari biasanya. Nggak hanya itu, mereka juga mudah merasakan capek bahkan hingga meringis kesakitan akibat kram yang datang saat menstruasi tiba. Selain gejala diatas, ternyata masih ada hal-hal mengejutkan lain yang dirasakan wanita ketika menstruasi. 

Berikut adalah 7 hal mengejutkan yang dialami oleh wanita ketika menstruasi datang. 

1. Mengalami "queefs" atau kentut vagina

7 Hal Mengejutkan Yang Sering Kamu Rasakan Ketika Menstruasinurulkhaifa.blogspot.co.id

Queefs atau kentut vagina adalah fenomena menarik yang sering dialami banyak wanita ketika menstruasi. Menurut penelitian, wanita rentan terhadap fenomena ini karena selama menstruasi berlangsung, udara akan teisolasi karena tertutup oleh pembalut. Nah, satu-satunya cara agar udara bisa keluar dari vagina adalah melalui pintu vagina tersebut. Queefs menciptakan suara seperti gas yang keluar dari rektum.

2. Indera penciumanmu menjadi kuat

7 Hal Mengejutkan Yang Sering Kamu Rasakan Ketika Menstruasidramabeans.com

Jika kamu merasakan indera penciumanmu menjadi kuat saat menstruasi, ini bukan karena kamu tiba-tiba mempunyai ilmu langka ya girls. Menurut penelitian, hal ini terjadi karena hormonmu berubah saat menstruasi yang membuat kepekaan indera penciumanmu meningkat.  

3. Kamu mengalami susah tidur

7 Hal Mengejutkan Yang Sering Kamu Rasakan Ketika Menstruasisbs.com.au

Apakah kamu pernah mengalami susah tidur saat menstruasi? Jika iya, nggak usah panik. Menurut penelitian, hal ini terjadi karena adanya perubahan hormon dalam tubuhmu. Ketika kamu tiba-tiba terbangun saat tengah malam, lakukan aktivitas santai seperti membaca buku agar kamu bisa kembali terlelap. 

Baca Juga: Meminimalisir Nyeri, Hindari Makanan ini saat Menstruasi!

4. Sering buang air besar

7 Hal Mengejutkan Yang Sering Kamu Rasakan Ketika Menstruasidramabeans.com

Jangan takut kalau kamu sering mengalami buang air besar saat menstruasi, ini hal yang wajar kok. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa wanita mengalami lebih banyak diare selama siklus menstruasi mereka. Ini terjadi karena perubahan hormon selama menstruasi dapat menyebabkan kram rahim yang mendorong lebih banyak buang air besar ke usus.

5. Kamu sering mengalami kegerahan

7 Hal Mengejutkan Yang Sering Kamu Rasakan Ketika Menstruasiwomensweekly.com

Perubahan hormon memang memegang peran penting dalam gejala-gejala saat menstruasi. Penurunan estrogen akan membuat kamu lebih sensitif terhadap suhu dan membuatmu mudah merasa gerah. Selain merasa gerah, tidak menutup kemungkinan kalau kamu juga akan merasa kedinginan saat menstruasi. Ini adalah efek dari rendahnya jumlah hormon progesteron dan kekurangan zat besi.

6. Kamu sulit untuk fokus

7 Hal Mengejutkan Yang Sering Kamu Rasakan Ketika Menstruasiweheartit.com

Saat menstruasi datang, kamu akan sulit untuk fokus. Ini terjadi karena penurunan estrogen dan progesteron yang menyebabkan kelenjar adrenal mengeluarkan lebih banyak kortisol. Nah, hal ini membuatmu lebih sulit untuk berpikir jernih dan fokus pada suatu hal.

7. Kamu mudah lapar

7 Hal Mengejutkan Yang Sering Kamu Rasakan Ketika Menstruasinoonasoverforks.com

Tidak mengherankan kalau kamu sering lapar ketika menstruasi. Secara intuitif, tubuh kamu tahu bahwa ia membutuhkan nutrisi tambahan saat menstruasi datang. Hal ini akan bermanifestasi sebagai sinyal agar kamu makan lebih banyak dari biasanya. 

Kalau kamu merasakan 7 tanda diatas nggak usah khawatir ya ladies. Semua itu wajar, kok!

Baca Juga: Tanpa Minum Obat, 7 Cara Ini Ampuh Atasi Sakit Perut Saat Menstruasi

Syifaul Qulubil Asna Photo Community Writer Syifaul Qulubil Asna

Saya adalah orang yang mudah terinspirasi oleh orang-orang di sekeliling saya.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You