Comscore Tracker

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirian

Cewek WAJIB BACA!

Perempuan perlu belajar pertahanan diri supaya tangguh. Menurut statistik rata-rata setiap dua menit perempuan diperkosa, dan satu dari empat perempuan menjadi korban kekerasan. Mungkin saat ini kehidupanmu baik-baik saja, tapi bisa saja (semoga saja tidak) suatu hari kamu menghadapi situasi yang berpotensi menjadi tindakan kriminal.

Semakin kamu mengetahui informasi yang benar, maka akan semakin baik persiapanmu jika kamu berada dalam kondisi yang tak menguntungkan. Dengan membaca banyak pengetahuan soal pertahanan diri, kamu tak akan merasa takut lagi.

Dan ini 14 langkah supaya kamu bisa mempertahankan diri.

1. Secara mental persiapkan dirimu, tubuh tak akan bergerak dengan mudah jika pikiranmu tak bisa jernih berpikir.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianpixabay.com

Tahu apa yang akan kamu lakukan ketika berhadapan dengan penjahat pasti bisa menolongmu untuk mengulur waktu dan memanggil bantuan. Coba pikirkan berbagai skenario terburuk. Misalnya kamu bertemu seorang pria yang berusaha untuk berbuat jahat padamu, apa yang akan kamu lakukan?

Paksa dirimu untuk berpikir apa yang akan kamu lakukan ketika dihadapkan pada situasi serupa. Dengan mempersiapkan mental, kamu akan terhindar dari kepanikan dan tubuhmu akan lebih fleksibel untuk bergerak dan mencari bantuan terdekat.

2. Buat sebuah rencana dengan matang untuk mengira apa saja yang akan kamu lakukan.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianpicjumbo.com

Kamu tak perlu bersabuk hitam untuk mempertahankan dirimu melawan orang jahat. Coba ikuti berbagai seminar atau paling tidak lihat video online di YouTube. Praktikkan teknik yang sudah kamu lihat dan gunakan strategi tertentu untuk skenario yang berbeda.

3. Latih intuisimu agar tajam dan ikuti setiap intuisi yang muncul.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianfinda.photo

Senjata yang paling baik adalah menggunakan indera keenammu. Meskipun kita bukan binatang yang memiliki insting, namun manusia juga memiliki kemampuan untuk menilai setiap orang berpotensi untuk berbuat jahat atau tidak dengan menggunakan intuisi. Dengan mengandalkan intuisi, kamu akan mampu membedakan siapa saja yang akan mengancammu.

4. Jadilah peka terhadap keadaan sekitar, berhati-hati terhadap setiap perubahan yang ada.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianfinda.photo

Jangan sibuk mainan HP ketika ada di keramaian. Perhatikan apa yang ada di sekitarmu. Jika kamu pikir seseorang mengikutimu, menyebranglah ke sisi jalan yang lain atau masuk ke sebuah toko. Jika memungkinkan, dengan berani lihatlah orang tersebut dan tanyakan jam berapa saat itu. Tunjukkan padanya bahwa kamu tak takut dan akan melawan jika diserang.

5. Jangan terlihat sebagai korban, tunjukkan bahwa kamu mampu melawan.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianfinda.photo

Predator memilih korbannya tak sembarangan. Biasanya mereka menyerang perempuan dengan rambut panjang yang dikepang atau dikuncir sehingga bisa dengan mudah ditarik dan dijambak. Mereka juga biasanya melihat berdasarkan pakaian korban, apakah bisa dilucuti dengan mudah atau tidak. Perempuan yang linglung dan bingung juga selalu menjadi sasaran mudah para predator.

Tapi kamu bisa menghindari kemungkinan buruk dengan menunjukkan bahwa kamu kuat dengan tetap berada pada area yang terdapat banyak orang.

Baca Juga: Pacarmu Sering Melakukan Kekerasan? Jangan Beri Kesempatan, Ini Alasannya!

6. Tahu di mana letak kekuatanmu dan kelemahannya.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianstocksnap.io

Sikumu adalah titik terkuat pada tubuhmu. Jika kamu sudah terlalu dekat, gunakan sikumu. Jika kamu sudah terjatuh di tanah, gunakan kakimu untuk menendang pelaku.

Titik terlemah pria ada empat yaitu mata, leher bagian jakun, selangkangan dan lutut. Jika kamu dibekap dari belakang, maka cubit lengan dekat ketiak dengan keras. Kamu bahkan bisa merusak otot lengan jika benar-benar mencubitnya dengan keras. Jika memungkinkan, tarik buah zakarnya dan pelintir dengan keras. Dia tak akan mampu mengejarmu lagi.

7. Kamu punya hak penuh untuk berkelahi dan melukai setiap orang yang bertindak jahat padamu.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianlisaswritopia.com

Jangan takut untuk berkelahi jika kamu merasa terancam. Laki-laki sopan tak akan mau melecehkan perempuan, terlebih jika kamu sudah berteriak untuk berhenti. Stastitik menunjukkan bahwa perempuan yang tak mau berontak dan melawan cenderung lebih sering diserang daripada yang berani melawan.

Your goal is not to stay and fight; it is to break away from your attacker so you can run for help.

8. Usahakan untuk tidak berpindah tempat ketika sudah diserang.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendiriantelegraph.co.uk

Lakukan apapun agar kamu tak dibawa ke tempat lain. Predator perlu memindahkanmu ke tempat yang sepi agar lebih leluasa untuk melakukan aksi bejatnya. Bahkan jika ia membawa pistol, kamu masih memiliki kesempatan untuk kabur. Ia tak akan menembakmu dengan saksi mata yang banyak karena rencananya adalah melakukan kejahatan tanpa masuk penjara.

9. Berhati-hatilah ketika sedang liburan, apalagi sendirian.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianpixabay.com

Orang yang sedang liburan biasanya menjadi target predator, terutama perempuan ketika traveling sendirian. Selalu kunci kamar hotel ketika kamu ada di dalam kamar dan jangan biarkan siapapun yang tak kamu kenal masuk kamar. Jika seseorang berkata ia bekerja untuk hotel, telepon front desk untuk konfirmasi. Jangan biarkan siapapun tahu bahwa kamu traveling sendirian. Ketika kamu check in, minta dua kunci dan katakan bahwa pacar atau suamimu akan segera menyusul. Kamu tak akan tahu siapa saja yang mendengar percakapanmu, bukan?

10. Lindungi diri sendiri dengan berani berkata "Tidak" pada setiap laki-laki yang berusaha untuk melecehkanmu.

10 Trik Perlindungan Diri yang Harus Dikuasai Cewek yang Sering Keluar Sendirianfastcompany.com

Jangan takut untuk menolak ketika seseorang berusaha untuk melecehkanmu. Jika seorang laki-laki tetap mendekatimu meskipun kamu sudah berkata tidak, maka ia sudah kelewat batas. Jika ia tetap meneruskan perbuatannya, teriak sekencang mungkin "Jangan perkosa aku!" Mendengar kata "perkosa" akan membuatnya kaget dan kabur ketika orang mulai memperhatikan.

Menghadapi situasi seperti itu mungkin menakutkan, namun sudah saatnya kita bangkit dari ketakutan dari lingkungan sekitar. Meskipun kamu tak bisa mengontrol setiap situasi, kamu tetap bisa membuat keputusan yang lebih cerdas dan menghindari setiap resiko yang ada. Percayalah pada intuisimu dan kemampuanmu mempertahankan diri.

Baca Juga: Kekerasan dalam Hubungan Itu Ada di Sekitar Kita, Saatnya Buka Mata...

Topic:

Berita Terkini Lainnya