Comscore Tracker

5 Tantangan Umum yang Banyak Ditemui oleh Para Ibu Rumah Tangga

Kata siapa menjadi seorang ibu rumah tangga itu mudah?

Setiap perempuan yang telah menikah dan memiliki anak biasanya akan dihadapkan dengan dua opsi yang dapat dipilih. Opsi tersebut berkaitan dengan peran yang akan dipegang, entah menjadi ibu karier atau pun menjadi ibu rumah tangga penuh waktu.

Untuk para perempuan yang memutuskan menjadi ibu rumah tangga secara penuh waktu, pastinya tidak mudah dalam menjalani peran tersebut. Ada banyak hal yang mungkin harus dipersiapkan untuk memastikan keluarga terawat dengan baik. Bahkan, tidak jarang para ibu rumah tangga pasti akan mengalami beberapa tantangan berikut ini yang mungkin sudah menjadi rutinitasnya sehari-hari.

1. Sulit beradaptasi bila terdapat jadwal yang berubah

5 Tantangan Umum yang Banyak Ditemui oleh Para Ibu Rumah TanggaIlustrasi ibu rumah tangga (Pexels/Elina Fairytale)

Biasanya para ibu rumah tangga sudah memiliki aktivitas yang terus berulang. Aktivitas ini membuat para ibu akan cenderung melakukan hal yang sama setiap harinya.

Tentunya tidak akan mudah apabila tiba-tiba terdapat perubahan jadwal. Hal ini mungkin saja disebabkan karena libur atau faktor lainnya. Perlu adanya adaptasi kembali untuk memastikan urusan keluarga tetap terkendali secara penuh.

2. Jika anak sulit untuk disiplin

5 Tantangan Umum yang Banyak Ditemui oleh Para Ibu Rumah TanggaIlustrasi ibu dan anak sedang berbicara (Pexels/Yan Krukov)

Mengurus keluarga dan memastikan semuanya dapat terawat dengan baik tentu bukan lah hal yang mudah. Bahkan, kadang kala tantangan yang sering terjadi justru berasal dari keluarga sendiri.

Salah satu contohnya apabila sang ibu mengalami kesulitan dalam mengatur anaknya yang kurang disiplin. Bukan hanya sedikit memancing emosi, namun juga membuat pekerjaan rumah lainnya menjadi terhambat.

Baca Juga: 5 Tips Menjadi Ibu Rumah Tangga yang Sukses Dalam Berkarier, Dicoba ya

3. Bingung menentukan makanan sehari-hari

5 Tantangan Umum yang Banyak Ditemui oleh Para Ibu Rumah TanggaIlustrasi perempuan memasak (Pexels/Andrea Piacquadio)

Salah satu peran umum dari ibu rumah tangga biasanya menyiapkan makanan untuk anggota keluarga di rumah. Hal semacam ini bukanlah sesuatu yang mudah untuk dijalani, apalagi jika terus berulang menjadi rutinitas sehari-hari.

Kadang kala banyak ibu yang merasa sulit dan kebingungan dalam menentukan makanan yang akan dimasak. Bahkan tak jarang setiap anggota keluarga memiliki selera yang saling berseberangan.

4. Tidak mudah dalam mengatur keuangan

5 Tantangan Umum yang Banyak Ditemui oleh Para Ibu Rumah TanggaIlustrasi menghitung uang (Pexels/Karolina Grabowska)

Peran lainnya yang juga dipegang oleh ibu rumah tangga adalah bendahara dalam keluarga. Berbicara mengenai peran ini tentunya erat dengan tugas mengatur keuangan.

Meski mungkin dianggap memiliki posisi yang penting, namun memang tidak mudah dalam menjalaninya. Memastikan keuangan cukup untuk segala pengeluaran tentunya bukanlah suatu hal yang mudah.

5. Perasaan jenuh

5 Tantangan Umum yang Banyak Ditemui oleh Para Ibu Rumah TanggaIlustrasi perempuan sedang bosan (Pexels/Alex Green)

Setiap ibu rumah tangga pasti setuju bahwa perasaan yang paling umum dirasakan adalah jenuh. Tak hanya jenuh, namun perasaan bosan juga banyak dirasakan di tengah perannya sebagai ibu rumah tangga di rumah.

Kadang kala perasaan jenuh akan membuat mood seorang ibu akan cenderung berubah-ubah. Hal ini menjadi tantangan tersendiri tentang bagaimana caranya dalam mengantisipasi perasaan jenuh tersebut.

Tantangan di atas tentunya tidak mudah dilewati begitu saja oleh para ibu rumah tangga. Namun karena keuletan dan kesabarannya, tentu cara tersebut akan membantu mereka dalam mengurus keluarga dengan baik. Sosok ibu panutan, ya!


Baca Juga: 7 Prinsip yang Ditanamkan dalam Rumah Tangga agar Awet

Tresna Nur Andini Photo Verified Writer Tresna Nur Andini

Terima kasih sudah membaca tulisan saya | Seorang penulis biasa yang gemar berdiskusi. Mari berteman melalui ig : @tresnajaa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Dwi Rohmatusyarifah

Berita Terkini Lainnya