Comscore Tracker

Bahaya, Ini 5 Akibat Jika Kamu Terlalu Sering Mencuci Wajah

#GirlThing Ngeri girls!

Mencuci wajah merupakan hal dasar yang dilakukan oleh wanita untuk mendapatkan wajah yang bersih. Namun, jika terlalu sering mencuci wajah, malah akan menimbulkan masalah lain.

Bukan mendapatkan wajah bersih, malah membuat wajah bermasalah. Apa saja ya akibat jika terlalu sering mencuci wajah? Mari kita simak penjelasan berikut.

1. Kulit menjadi kering

Bahaya, Ini 5 Akibat Jika Kamu Terlalu Sering Mencuci Wajahalobacsi.vn

Terlalu sering mencuci wajah membuat lapisan kulitmu mengalami kerusakan, karena setelah mencuci wajah maka kotoran beserta minyak pada wajah ikut terangkat.

Nah, jika kamu mencuci wajah terlalu sering, minyak pada wajahmu yang berfungsi untuk menjaga kelembapan akan hilang, sehingga membuat wajahmu menjadi kering.

2. Kulit menjadi iritasi

Bahaya, Ini 5 Akibat Jika Kamu Terlalu Sering Mencuci Wajahsaludconsultas.com

Sebenarnya segala perawatan yang dilakukan pada wajah, berpotensi membuat iritasi. Termasuk terlalu sering mencuci wajah.

Jika kamu terlalu sering mencuci wajah, akan membuat kulit kehilangan minyak alaminya, sehingga produk perawatan kulitmu tidak dapat diserap oleh kulit. Akibatnya, kulit menjadi iritasi.

3. Beruntusan

Bahaya, Ini 5 Akibat Jika Kamu Terlalu Sering Mencuci Wajahcosmetik.es

Mencuci wajah terlalu sering membuat produksi minyak meningkat untuk mengembalikan kelembapan kulit yang hilang. Namun, jika produksi minyak terus meningkat maka dapat membuat pori-pori tersumbat.

Pori-pori yang tersumbat ini dapat menimbulkan masalah kulit seperti muncul jerawat.

4. Membuat komedo dan sel kulit mati menumpuk

Bahaya, Ini 5 Akibat Jika Kamu Terlalu Sering Mencuci Wajahglyskincare.eu

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bahwa terlalu sering mencuci wajah dapat menyumbat pori-pori. Jika pori-pori tersumbat maka akan timbul masalah kulit lain seperti komedo dan sel kulit mati.

Walaupun telah mencuci muka berkali-kali komedo dan sel kulit mati tidak mau terangkat, karena sabaun setelah mencuci wajah masih tertinggal dan menumpuk dipermukaan kulit.

5. Keriput

Bahaya, Ini 5 Akibat Jika Kamu Terlalu Sering Mencuci Wajahphenixhealth.com.au

Musuh banyak wanita adalah keriput, ternyata keriput juga dapat disebabkan oleh terlalu sering mencuci wajah. Karena setelah mencuci wajah maka kulit menjadi terasa kering dan tertarik, hal itu menandakan bahwa kulit kehilangan kelembapannya.

Jika kulit kehilangan kelembapannya, akan membuat kulit kering dan lebih cepat keriput. Gak mau kan girls? Maka dari itu jangan terlalu sering mencuci wajah, dan dalam mencuci wajah perhatikan langkah yang tepat.

Nah itu dia 5 akibat yang ditimbulkan dari keseringan mencuci wajah. Oleh karena itu, cukup mencuci wajah sewajarnya yaitu 2 kali sehari, pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Triyana Sinta Dewi Photo Community Writer Triyana Sinta Dewi

@triyanasinta

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You