Comscore Tracker

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAja

Rambut tetap sehat dan kuat tanpa perlu ke salon!

Momen physical distancing ini, bisa kamu manfaatkan untuk merawat diri, lho! Salah satu bentuk perawatan kecantikan yang bisa kamu lakukan adalah hair care. Berikut ini IDN Times rangkum aktivitas hair care yang simpel dan bisa kamu lakukan di rumah.

1. Jaga kebersihan rambut

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjakuxtal.com

Rutin keramas itu penting banget karena terbukti bisa mengurangi kulit mati dan residu produk rambut yang kita pakai. Tapi, kamu harus membatasi kegiatan cuci rambut ini, gak perlu setiap hari!

Kalau terlalu sering, yang ada minyak alami pada kulit justru malah berkurang. Selain itu, walau udara di rumahmu dingin, sebaiknya jangan menggunakan air panas untuk keramas, ya!

2. Rajin pakai kondisioner

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjalushusa.com

Ada beberapa manfaat yang bisa diberikan oleh produk kondisioner, yaitu melembapkan, mengurangi rambut kusut, dan membuat rambut lebih berkilau. Ada beberapa jenis kondisioner yang bisa kamu gunakan.

Di antaranya adalah daily atau kondisioner model bilas, leave-in conditioner yang gak perlu dibilas, dan juga deep conditioner yang menghidrasi rambut lebih dalam dan dipakai dengan durasi yang relatif lebih lama.

3. Tambah kelembapan rambut dengan hair lotion!

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjaadorebeauty.com

Untuk menambah kelembapan rambut, kamu bisa melakukan proses moisturize and seal. Salah satu produk yang biasanya umum digunakan adalah hair lotion. Gunakan hair lotion setelah penggunaan sampo dan kondisioner.

4. Sisir rambutmu secara halus dan perlahan

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjaIDN Times/Rizka Yulita & Anjani Eka Lestari

Untuk mencegah rambut rontok, kamu sebaiknya hindari kebiasaan untuk menyisir rambut ketika masih basah. Selain itu, kamu juga bisa beralih kepada brush sisir dari kayu dibandingkan plastik, yang lebih lembut untuk rambut dan kulit kepala.

5. Mau tampil gaya boleh! Tapi, jangan lupa pakai produk yang bisa melindungi rambutmu, ya!

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjapexels.com/Chill Jane

Kalau kamu mau coba gaya rambut yang baru, jangan lupa untuk memakai produk pelindung rambut, ya! Ada beberapa jenis produk yang bisa kamu gunakan, di antaranya moussepomade, gel, dry shampoo, hair spray, shine serum, dan heat protection spray.

Baca Juga: 5 Tips Potong Poni Sendiri Saat #DiRumahAja, Dijamin Gak Fail!

6. Perhatikan kondisi rambut dan kulit kepala. Pakailah spot-care apabila dibutuhkan!

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjapinterest/society19.com

Rambut juga menjadi bagian dari tubuh yang butuh perawatan ekstra. Apabila memiliki beberapa permasalahan rambut dan kulit kepala yang agak parah, kamu bisa memakai produk perawatan rambut yang lebih kaya nutrisi.

Misalnya, scalp treatment untuk mencegah penyumbatan folikel, menstimulasi sirkulasi pertumbuhan kulit, dan menenangkan keluhan seperti gatal pada kulit kepala.

7. Rutin menggunting ujung rambut untuk mencegah rambut yang bercabang

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjaEmeronhaircare.com

Kalau rambutmu kelihatan kurang sehat dan banyak yang bercabang di bagian ujungnya, sebaiknya kamu mulai membangun kebiasaan untuk memotong split end untuk membuat pertumbuhan rambut jadi lebih kuat dan sehat.

8. Pastikan kamu juga mengonsumsi makanan yang kaya nutrisi untuk rambut!

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjaIDN Times/Rizka Yulita

Ada beberapa nutrisi yang dibutuhkan untuk kesehatan rambut. Di antaranya adalah protein, zat besi, vitamin A, dan vitamin C. Hayo, jangan maunya cuma makan micin aja, ya! Kamu juga harus makan hidangan yang kaya nutrisi dan bergizi!

9. Biarkan rambutmu tumbuh natural

9 Jenis Perawatan Rambut yang Bisa Kamu Lakukan Saat #DiRumahAjainstagram.com/official_izone

Biar rambutmu gak capek selama kamu #DiRumahAja, coba deh kurangi penggunaan hair styling yang gak perlu-perlu banget! Misalnya, dibanding pakai hair dryer, kamu sebaiknya mengeringkan rambut secara alami saja.

Kamu juga bisa mengurangi pemakaian karet rambut yang terlalu kencang. Penggunaan karet rambut yang terlalu kencang, bisa membuat rambutmu tertarik dan kulit kepalamu jadi sakit.

Untuk mendapat rambut sehat dan kuat dibutuhkan komitmen juga, lho! Hayo, jangan malas dan mulai kebiasaan merawat rambut ya!

Baca Juga: Tips Potong Rambut Sendiri Selama #DiRumahAja, Gak Perlu Ke Salon!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya