Comscore Tracker

Waspadai 5 Tanda Kulit Sensitif Ini, Dirangkum dari Pendapat Ahli

Salah satunya adalah tekstur kulit yang kasar

Kondisi kulit sensitif menjadi salah satu hal yang menjadi skin concern masyarakat Indonesia. Melalui press release yang dibagikan oleh Cetaphil, Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI) membagikan tanda-tanda kulit sensitif.

Apa saja ciri-ciri kulit sensitif? Simak informasinya dalam artikel berikut ini. Check this out!

1. Tekstur kulit yang terasa kasar dan kering

Waspadai 5 Tanda Kulit Sensitif Ini, Dirangkum dari Pendapat Ahliilustrasi kulit sensitif (pexels.com/@olly)

Tanda yang pertama yang bisa kamu amati berhubungan dengan tekstur kulit. Sebab, salah satu ciri dari kulit sensitif adalah tekstur kulit yang terasa kasar dan kering. Apa yang menyebabkan ini bisa terjadi?

Hal ini dipengaruhi oleh skin barrier atau lapisan pelindung kulit yang rusak. Apabila dibiarkan, kondisi ini bisa bertambah buruk dan memicu peradangan pada kulit.

Untuk mengatasinya, kamu perlu menjaga kelembapan kulit dengan menggunakan produk pelembap. Jangan dilewatkan, ya!

2. Kulit mudah bereaksi

Waspadai 5 Tanda Kulit Sensitif Ini, Dirangkum dari Pendapat Ahliilustrasi kulit sensitif (pexels.com/@cottonbro)

Tanda kulit sensitif yang kedua adalah kulit mudah bereaksi. Biasanya nih, orang dengan kondisi kulit sensitif itu sering banget mengeluhkan rasa gatal sampai gatal ketika terpapar produk berbahan kimia.

Reaksi kulit tersebut juga dapat terjadi karena faktor eksternal lainnya. Mulai dari pengaruh lingkungan, perubahan cuaca, sinar matahari, polusi, sampai stres.

3. Muncul ruam pada kulit

Waspadai 5 Tanda Kulit Sensitif Ini, Dirangkum dari Pendapat Ahliilustrasi kulit sensitif (pexels.com/@olly)

Kondisi kulit sensitif juga ditandai dengan kemunculan ruam pada kulit. Umumnya, ruam itu berwarna kemerahan dan muncul secara tiba-tiba atau pun bertahap.

Kondisi ini bisa terjadi karena peradangan pada kulit. Kemudian, kulit yang ruam akan menimbulkan rasa gatal, mengelupas, sampai membentuk benjolan.

Kondisi ruam kulit bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Mulai dari dermatitis kontak, penyakit, sampai sengatan atau gigitan binatang.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Cleansing Balm, Cocok untuk Kamu Pemilik Kulit Sensitif

4. Dermatitis atopik atau yang dikenal juga dengan eksim atopik

Waspadai 5 Tanda Kulit Sensitif Ini, Dirangkum dari Pendapat Ahliilustrasi kulit sensitif (pexels.com/@anntarazevich)

Kasus dermatitis atopik atau yang lebih dikenal sebagai eksim atopik adalah salah satu penyakit yang berhubungan dengan kondisi kulit sensitif. Permasalahan kulit ini juga meningkat di Indonesia.

Biasanya, dermatitis atopik sering terjadi pada bayi, anak-anak, sampai orang dewasa. Kondisi ini ditandai dengan adanya peradangan pada kulit. Mulai dari kulit memerah, meruam, kering, dan pecah-pecah.

Dr Srie Prihianti, SpKK(K), PhD, FINSDV, FAADV, Ketua Kelompok Studi Dermatologi Anak Indonesia (KSDAI) menjelaskan, "Tenaga dokter dan dokter spesialis juga penting untuk mengenali jenis kulit sensitif, tanda-tanda yang ditimbulkan, mekanisme yang mendasari, serta hubungan kulit sensitif dengan penyakit eksim atopik. Setelah memahami hal-hal tersebut, baru kita dapat melakukan perawatan yang tepat dengan produk yang sesuai".

5. Rasa panas yang terasa di kulit, walau penampakan kulit terlihat normal

Waspadai 5 Tanda Kulit Sensitif Ini, Dirangkum dari Pendapat Ahliilustrasi kulit sensitif (pexels.com/@olly)

"Biasanya keluhan yang paling sering ditemukan adalah gatal disertai kulit kering, bersisik, dan kemerahan. Namun pada kulit sensitif, keluhan dapat berupa rasa panas, seperti terbakar, dan menyengat walau penampakan kulit tampak normal," ujar Dr. Margaretha Indah Maharani, Sp.KK, FINSDV, FAADV dalam forum diskusi yang diadakan oleh Cetaphil dan KSDAI.

Untuk mengatasi permasalahan ini, diperlukan pemilihan produk perawatan kulit yang tepat. Tujuannya untuk membantu meringankan gejala kulit sensitif dan mencegah kondisi buruk itu kambuh.

Kamu bisa berfokus pada penggunaan pelembap dan pembersih yang bisa menjaga dan memperbaiki skin barrier, melembapkan, dan mencegah inflamasi. Beberapa kandungan yang dianjurkan adalah ceramide, derivate filaggrin, minyak nabati seperti minyak biji bunga matahari, niacinamide, dan zat aktif lain.

Itu dia 5 tanda kulit sensitif yang dirangkum dari berbagai pendapat para ahli. Apakah kamu pernah mengalami tanda-tanda di atas?

Baca Juga: 5 Rekomendasi Bedak yang Cocok untuk Kulit Sensitif dan Berjerawat 

Topic:

  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya