Comscore Tracker

5 Tanda Skin Barrier Rusak, Waspadai Kulit Kering dan Kemerahan!

#IDNTimesLife Kulit menjadi kering dan flaky

Skin barrier merupakan lapisan pelindung kulit yang berfungsi untuk menjaga wajah. Apabila lapisan ini rusak, maka kulitmu akan lebih rentan mengalami aneka permasalahan.

Untuk mencegahnya, kamu perlu mempelajari apa saja tanda-tanda skin barrier rusak. Lebih lengkapnya, simak artikel di bawah ini.

1. Kulit jadi lebih kering dan kasar

5 Tanda Skin Barrier Rusak, Waspadai Kulit Kering dan Kemerahan!ilustrasi bercermin (pexels.com/@olly)

Salah satu tanda utama yang bisa kamu perhatikan adalah kondisi kulit yang lebih kering. Dilansir NakedPoppy, Marisa Plescia, Research Scientist di NakedPoppy, mengatakan bahwa kulit yang lebih kering dan kasar adalah tanda dari skin barrier yang rusak.

Kulit dehidrasi jadi salah satu tanda dari lapisan pelindung kulit yang telah rusak. Dilansir yesstyle, lapisan pelindung kulit yang lemah, sebagian besar akan kering atau dehidrasi sehingga kulit gak bisa mengunci kelembapan. Bakteri juga lebih mudah menembus kulit.

2. Kulit mudah mengalami kemerahan

5 Tanda Skin Barrier Rusak, Waspadai Kulit Kering dan Kemerahan!ilustrasi bercermin (pexels.com/@olly)

Dilansir Glamour, tanda lainnya yang bisa kamu lihat adalah kondisi kulit yang kemerahan. Hal ini disampaikan oleh Dr. Murad, Dokter Kulit Bersertifikat dan Founder dari Murad Skincare.

Ia mengatakan, "Hati-hati terhadap tanda-tanda seperti kemerahan, kulit mengelupas, sesak, gatal, kasar saat disentuh, garis halus, jerawat, dan ruam. Itulah tanda-tanda skin barrier rusak dan bisa muncul di seluruh tubuh atau wajah."

3. Kulit jadi lebih sensitif dan mudah mengalami peradangan

5 Tanda Skin Barrier Rusak, Waspadai Kulit Kering dan Kemerahan!ilustrasi bercermin (pexels.com/@polina-tankilevitch)

Berbagai riset dan penelitian telah menunjukkan hasil bahwa ketidakseimbangan lipid di lapisan pelindung kulit, bisa menyebabkan disfungsi. Ini bisa menyebabkan kulit lebih sensitif.

Walaupun kulit sensitif bisa terjadi karena faktor genetik, tapi ada juga faktor eksternal yang membuat kulit lebih sensitif. "Kalau produk skincare yang pernah kamu gunakan sebelumnya menyebabkan sensasi perih atau terbakar, maka skin barrier kamu mungkin sudah rusak," tutur Plescia pada NakedPoppy.

Baca Juga: Mudah Berjerawat, Ini 5 Penyebab Skin Barrier Kamu Rusak

4. Kulit jadi lebih rentan terhadap kemunculan jerawat

5 Tanda Skin Barrier Rusak, Waspadai Kulit Kering dan Kemerahan!ilustrasi wajah berjerawat (pexels.com/@polina-tankilevitch)

Jerawat adalah tanda lainnya yang perlu kamu waspadai. Hal ini terjadi karena bakteri penyebab jerawat lebih mudah masuk ketika skin barrier kamu telah rusak. Untuk mengatasinya, kamu bisa gunakan skincare yang telah diformulasikan khusus untuk jerawat.

5. Kulit terasa gatal dan memiliki sensasi 'ketarik'

5 Tanda Skin Barrier Rusak, Waspadai Kulit Kering dan Kemerahan!ilustrasi bercermin (pexels.com/@sora-shimazaki)

Tanda lainnya yang bisa terjadi adalah perasaan gak nyaman yang muncul pada kulit yaitu rasa gatal dan sensasi kulit yang 'ketarik'. Sensasi kulit yang sedang ditarik kencang, juga bisa menjadi salah satu pertanda skin barrier kamu bermasalah.

Itu dia 5 tanda skin barrier yang rusak. Setelah tahu tanda-tanda ini, semoga kamu lebih hati-hati dalam merawat kulitmu, ya!

Baca Juga: 6 Kandungan Skincare yang Bisa Memperbaiki Skin Barrier, Ada Centella!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari

Berita Terkini Lainnya