Comscore Tracker

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya

Ternyata bisa diturunkan secara genetik, lho!

Rambut rontok menjadi salah satu masalah yang sepertinya hampir dirasakan oleh semua orang. Kerontokan rambut ini bisa dialami oleh siapa saja, baik muda maupun tua. Jumlah rambut rontok yang dialami setiap orang juga berbeda, ada yang hanya beberapa helai ada juga yang mengalami kerontokan parah.

Rambut rontok bisa merusak penampilan karena membuat rambut terlihat tipis hingga yang terparah mengalami kebotakan. Lalu apa sebenarnya penyebab rambut rontok dan bagaimaa cara mengatasinya? Yuk, simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

1. Faktor genetik

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Masalah rambut rontok ternyata bisa disebabkan karena faktor genetik bawaan orangtua. Bila kedua orangtuamu memiliki riwayat rambut rontok, risiko kerontokan ini akan semakin besar. Kerontokan yang terjadi secara bertahap seiring bertambahnya umur juga termasuk dalam penyebab dari sisi genetik.

2. Stres berlebih

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Ya, kondisi mental seseorang juga ikut berpengaruh pada kesehatan rambut. Kamu yang sedang banyak masalah hingga stres berpotensi lebih besar untuk mengalami rambut rontok.

Namun biasanya kerontokan rambut karena stres ini sifatnya hanya sementara. Saat pikiran dan suasana hatimu membaik, kondisi rambutmu juga akan ikut normal kembali.

3. Kekurangan vitamin dan protein

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Makanan juga berpengaruh pada kondisi rambutmu, lho! Saat kamu kekurangan vitamin B dan protein, kamu bisa mengalami masalah rambut rontok. Protein dan vitamin menjadi salah satu pembangun utama sel tubuh.

Bila asupan vitamin dan protein kurang, struktur rambut menjadi lemah, mudah rontok, hingga menghambat pertumbuhan rambut.

Baca Juga: Penyebab Rambut Beruban di Usia Muda, Ketahuilah 7 Faktor Utamanya

4. Perawatan rambut yang salah

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Kalau penyebab rambut rontok satu ini terjadi karena kebiasaan perawatan rambut yang biasa kamu lakukan. Hal yang paling sering adalah dengan melakukan keramas setiap hari.

Kebiasaan ini bisa membuat rambut kehilangan minyak alami sehingga membuatnya kering dan rapuh sehingga mudah rontok.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan adalah penggunaan produk styling rambut seperti hair dryer, catokan, dan hair gel. Terlalu sering mencantok bisa berpotensi merusak kutikula rambut sehingga rambut mudah rontok.

5. Gangguan kelenjar tiroid

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Kamu yang mengalami gangguan kelenjar tiroid seperti hipotiroidisme atau hipertiroidisme juga berpotensi mengalami rambut rontok.

Pasalnya, kelenjar tiroid tidak berfungsi maksimal atau justru berlebihan dalam memproduksi hormon metabolisme tubuh. Hal ini menyebabkan kuku, kulit, dan rambut menjadi lemah hingga patah atau rontok.

6. Cara mengatasi rambut rontok

5 Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinyafreepik.com

Saat kamu mengalami rambut rontok, tak perlu buru-buru panik. Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah rambut rontok ini, di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Menggunakan sampo khusus untuk rambut rontok
  2. Hindari keramas setiap hari
  3. Menjaga pola makan
  4. Tidak merasa stres berlebihan
  5. Jangan terlalu sering menggunakan produk styling rambut

Selain cara di atas, kamu juga bisa mengatasi masalah rambut rontok menggunakan bahan alami. Salah satunya memanfaatkan lidah buaya. Sudah lama tanaman ini dikenal kaya manfaat bagi kesehatan rambut. Kandungan alami pada lidah buaya bisa membuat rambut lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut.

Caranya mudah, kamu hanya perlu mengusapkan sari/gel lidah buaya pada rambut setengah kering sehabis keramas. Biarkan meresap selama 15-30 menit kemudian bilas. Lakukan secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Bagaimana? Sekarang sudah tahu dong apa saja penyebab serta penanganan rambut rontok? Semoga tips di atas bisa membantumu, ya!

Topic:

  • Ulfa Luthfia Hidayatty
  • Pinka Wima
  • Wendy Novianto

Berita Terkini Lainnya