Comscore Tracker

Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek Tahu

Alis punya unyeng-unyeng? Baru tahu kan?

Alis adalah sahabat akrab cewek. Setiap hari, si alis ini selalu ditebalkan dan diarsir dengan pensil alis. Tanpa kegiatan ini, wajah akan terlihat berbeda dan cenderung pucat apalagi bagi si alis tipis.

Tapi tahukah kamu kalau ada orang yang bisa punya unyeng-unyeng di alisnya? Kalau belum tahu, kemungkinan kamu juga belum tahu tujuh fakta alis yang gak banyak cewek tahu ini.

1. Alis bisa memiliki unyeng-unyeng atau pusar rambut meskipun itu tidak sedramatis unyeng-unyeng di kepala

Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek Tahupixabay/ivanovgood

Unyeng-unyeng atau pusaran rambut dalam Bahasa Inggris disebut "cowlicks". Karena kepala punya lapisan rambut yang lebar, bentuk pusaran yang terlihat cenderung berbentuk spiral. Beda dengan alis yang rambutnya sedikit. Yang jelas, pusar rambut menentukan arah pertumbuhan rambut. 

Biasanya, yang punya pusar alis adalah mereka yang berambut gelombang atau keriting. Makanya, penting mencukur alis ke arah rambut tumbuh supaya mengikuti pola pertumbuhan. Pada gambar, pusar alis adalah di sisi kiri dekat dengan hidung. Kelihatan kan kalau ada yang tumbuh ke arah kiri dan sebagian kecil ke kanan?

2. Alis akan tumbuh lebih cepat di musim yang panas karena mereka aktif di masa-masa itu

Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek TahuPixabay/Free-Photos

Menurut Elke Von Freudenberg, penata rias selebriti dan spesialis alis dari New York, alis akan tumbuh lebih pesat di musim panas. Cuaca yang hangat sangat mendukung pertumbuhannya dan alis pun jadi lebih aktif. Sebaliknya, pertumbuhannya melambat kala musim yang dingin.

3. Dengan adanya alis, kamu punya penglihatan yang jelas. Ini karena ia melindungi dari hujan dan keringat yang meluncur dari jidat ke mata

Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek TahuPixabay/Free-Photos

Bentuk tulang alis dan bulu alis bukannya tak ada artinya. Keduanya punya fungsi menahan hujan, kelembaban, dan keringat yang sewaktu-waktu bisa meluncur dari jidat ke mata. Penglihatanmu pun jadi jelas karena hujan dan keringat tadi terhalang alis.

4. Alis membentuk struktur wajah dan menjadi bagian penting dalam facial recognition

Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek Tahupixabay/melancholiaphotography

Sebuah studi tentang alis mata menunjukkan, orang akan kesulitan dalam identifikasi wajah saat tidak ada alis. Maka dari itu, kesimpulan yang dihasilkan adalah alis lebih penting untuk wajah secara keseluruhan daripada mata saja.

Baca Juga: Belajar Ngalis yang Tepat Yuk, Agar Tak Seperti Alis Ini

5. Alis bisa jadi impresi bagus untuk mengenal ekspresi dan kepribadian masing-masing orang yang baru dikenal

Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek TahuPixabay/melancholiaphotography

Alis bisa mendukung ekspresi wajah. Saat senang, ngantuk, hingga kaget, alis akan memancarkannya. Alis juga dapat menentukan kepribadian. Orang beralis melengkung adalah sosok yang berorientasi pada orang dan hanya bisa memahami masalah melalui contoh nyata. Orang beralis lurus bersifat logis dan berorientasi pada detail serta analitis. Orang beralis miring adalah seseorang yang suka menjadi benar dan pengendali situasi.

6. Perlu waktu empat bulan untuk menggantikan alis yang telah dicabut karena pertumbuhannya yang lambat

Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek Tahupixabay/oliana_gruzdeva

Alis tumbuh dua kali lebih lambat seperti rambut di kepala kita. Karena itu, dibutuhkan sekitar empat bulan untuk menggantikan alis-alis yang telah dicabut tadi. Sementara itu, bisa ada 1100-500 rambut di alis untuk orang yang mencabut rata-rata 250 rambut per alis.

7. Setelah alis dicabut, folikel rambut akan sesegera mungkin memulihkan diri agar alis bisa tumbuh lagi

Punya Pusar Rambut, Ini 7 Fakta Alis yang Gak Banyak Cewek TahuPixabay/StockSnap

Setelah mencabut alis, biasanya kulit di sekitar nampak sedikit menonjol. Ini adalah reaksi yang wajar. Setelah kulit lebih rileks dan beradaptasi dalam waktu dua jam, benjolan akan hilang. Sesungguhnya ini adalah proses folikel rambut untuk menyelamatkan rambut agar bisa segera tumbuh lagi. Kalau kulit masih saja menonjol dalam waktu 2-3 hari, biasanya itu adalah pengaruh obat atau krim yang digunakan saat mencabut alis.

Kecil-kecil, ternyata alis menyimpan banyak manfaat dan rahasia ya? Apa pendapatmu soal tujuh fakta alis yang gak banyak cewek tahu di atas?

Baca Juga: Setelah Tahu 5 Trik Ini, Mengaplikasikan Eyeliner Cuma Butuh Semenit!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Berita Terkini Lainnya