Comscore Tracker

Dewi Lestari: Perempuan Hebat Adalah yang Nyaman dengan Diri Sendiri

Dan gak cuma itu aja!

Siapa yang tak kenal Dewi Lestari? Perempuan yang sudah eksis sejak tahun 90an ini, dikenal sebagai musisi sekaligus penulis novel yang inspiratif. Beberapa penghargaan bahkan pernah perempuan ini raih berkat kerja kerasnya. Pengalaman inilah yang membawa ia memiliki pengertian tersendiri soal perempuan hebat.

1. Menurut Dee, perempuan hebat adalah sosok yang memiliki dua hal yakni rasa nyaman dan bermanfaat

Dewi Lestari: Perempuan Hebat Adalah yang Nyaman dengan Diri SendiriIDN Times/Febriyanti Revitasari

Jika orang lain mengatakan perempuan hebat adalah yang sanggup melakukan banyak hal serta mandiri, Dewi punya pendapat lebih jauh lagi. "Yang nyaman dengan dirinya sendiri dan punya manfaat untuk orang lain," tuturnya. 

Meski bisa nyaman dengan diri sendiri, bukan berarti perempuan harus terlena dalam perkembangan zaman. Sebab tantangan di era yang serba canggih ini, benar-benar terasa dan tidak spesifik ke perempuan saja.

"Saya rasa, tantangannya sama bagi semua gender. Kita semua harus melatih diri berpikir kritis dan memutakhirkan pengetahuan agar tidak tergerus oleh kemajuan zaman dan teknologi," jelasnya.

2. Bukan hanya berpikir kritis & memutakhirkan pengetahuan saja, Dee pun menyarankan beberapa hal pada perempuan Indonesia

Dewi Lestari: Perempuan Hebat Adalah yang Nyaman dengan Diri SendiriIDN Times/Febriyanti Revitasari

Dengan tantangan dan kerasnya zaman, setiap orang dituntut dapat bertahan dalam beragam situasi. Dewi pun tidak ketinggalan memberi sejumlah saran kepada perempuan Indonesia. "Kenali diri sendiri dengan baik, perkaya diri dengan ilmu dan wawasan, buka hati dan buka pikiran, dan belajar menerima keberagaman," sebut dia.

3. Dikenal sebagai penulis kenamaan, Dewi mengaku ingin terus berkarya seperti Sapardi Djoko Darmono atau Goenawan Mohamad

Dewi Lestari: Perempuan Hebat Adalah yang Nyaman dengan Diri SendiriIDN Times/Febriyanti Revitasari

Ditanya tentang siapa saja sosok yang menginspirasinya dalam karya tulis, lagu, serta keseharian, Dewi mengaku tidak pernah mengidolakan satu orang saja. Terlebih, untuk bidang yang sebanyak itu.

"Dalam menulis, saya ingin terus berkarya hingga lanjut usia. Seperti Pak Sapardi ataupun Goenawan Mohamad, yang kiprah dan jasanya terhadap industri penulisan tetap signifikan meski beliau-beliau sudah berusia lebih dari 70 tahun," jelas istri dari Reza Gunawan tersebut.

Lain lagi dengan dunia musik. Komposer dan ayah dari musisi Gita Gutawa, Erwin Gutawa, jadi inspiratornya. "Untuk musik, sosok Erwin Gutawa juga menginspirasi. Beliau mampu konsisten mempertahankan kualitas kerjanya serta punya branding yang kuat," tambah dia.

Baca Juga: Belum Banyak yang Tahu, Ini 5 Rahasia Jadi Perempuan Hebat di Mata Dunia

4. Selain menulis novel, Dewi pun piawai menciptakan lagu dengan lirik berkata indah. Namun menurutnya, proses keduanya hampir sama

Dewi Lestari: Perempuan Hebat Adalah yang Nyaman dengan Diri SendiriIDN Times/Febriyanti Revitasari

Menulis lagu adalah proses berkarya yang dianggap mirip oleh dengan menulis cerita baginya. "Kita harus melakukan proses pengecekan dan penyuntingan berulang. Yang saya lakukan hanyalah mengecek dan menyunting berulang kali sampai segalanya pas," sebut perempuan kelahiran 20 Januari 1976 itu.

5. Darinya pun, kita belajar agar tidak menyia-nyiakan setiap inspirasi yang bisa muncul kapan saja. Misalnya, dengan langsung mencatatnya

Dewi Lestari: Perempuan Hebat Adalah yang Nyaman dengan Diri SendiriIDN Times/Febriyanti Revitasari

"Ketika saya sikat gigi, tiba-tiba ada melodi, lalu muncul ada keyword malaikat juga tahu, kemudian saya tangkap, dan di benak saya muncul satu dua objek. Kemudian saya bawa ke piano untuk dibikin lebih lengkap," ujar Dewi Lestari soal cara mendapatkan inspirasi lagu pada momen Indonesia Writers Festival 2019 (7/9) lalu.

Tidak hanya itu saja. Semua inspirasi tersebut tidak akan lengkap jika dibiarkan menguap. "Tiap dapat inspirasi, harus direkam atau pakai catatan. Kemudian dikumpulkan dalam folder. Saking cepatnya, cari apa saja yang di sekitar. Mau pensil atau bolpoin warna biru, apa saja untuk dicatat," tutup Dewi Lestari.

Itu dia definisi perempuan hebat menurut Dewi Lestari. Bagaimana denganmu? Apakah kamu sosok yang secara kebetulan, identik dengan deskripsi tersebut?

Baca Juga: Perempuan Hebat Menurut Marsha Timothy: Komitmen dan Konsisten 

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You