Comscore Tracker

Cara Menentukan Gaya Rambut Sesuai dengan Bentuk Gaun Pengantin

Kalau rambut & gaun sama-sama ramai, nanti gak enak dilihat!

Baju pengantin dan gaya rambut memiliki varian yang beragam. Masing-masing ragam harus digunakan sesuai dengan kondisi pengantinnya. Kalau tidak, kesan terlalu ramai atau terlalu datar akan muncul saat berada di depan publik. Intip cara menentukan gaya rambut sesuai dengan bentuk gaun pengantin berikut!

1. Untuk busana pengantin dengan kerah Shanghai dan V-neck, lebih cocok menggunakan tata rambut up hairdo

Cara Menentukan Gaya Rambut Sesuai dengan Bentuk Gaun PengantinPexels/Jonathan Borba

Yang dimaksud up hairdo adalah menata atau menggulung rambut ke atas, tanpa membiarkan rambut tergerai. Hal ini demi menghindari rambut yang sudah tertata, menjadu tersangkut dan rusak. Selain itu, untuk menghindari terlalu banyak detail di area leher dan mengganggu fokus dari leher ke rambut.

Ada banyak kreasi up hairdo yang bisa kamu saksikan di internet. Styling-nya bisa dari wavy, messy, chic, atau sleek.

2. Hair down style cocok diaplikasikan untuk gaun pengantin dengan kerah sabrina atau off shoulders

Cara Menentukan Gaya Rambut Sesuai dengan Bentuk Gaun PengantinPexels/Pixabay

Kebalikan dari V-neck dan kerah Shanghai, tata rambut teruntai justru cocok untuk kerah sabrina dan off-shoulder. Sebab, gaun ini lebih menunjukkan bahu yang terbuka dan tidak ada detail khusus di bagian leher. Salah satu gaya yang dapat diterapkan adalah menggerai rambut yang telah dibuat bergelombang atau keriting. 

Selain itu, kamu juga bisa mengikat sebagian rambut ke atas. Sisanya, biarkan tergerai ke bawah. Ini disebut dengan istilah half up half down hairstyle.

3. Low cut gown cocok apabila dikombinasikan dengan gaya rambut simple yang digulung ke atas

Cara Menentukan Gaya Rambut Sesuai dengan Bentuk Gaun PengantinPexels/Kyle Roxas

Low cut gown adalah bentuk kerah gaun yang menyerupai V-neck, namun lebih rendah lagi. Ada yang menyebutnya dengan istilah deep V-neck. Untuk tata rambutnya, cenderung lebih bebas. Jika kamu memang ingin menunjukkan detail low cut tersebut, jangan biarkan ada benda yang menutupi sisi depan tubuhmu. Maka, tatanan updo yang dipilih.

Kamu juga bisa membuat rambutmu terjuntai, asalkan bukan bagian punggung yang ingin ditonjolkan. Bisa juga, rambutmu diikat agar tidak menutupi bagian kerah.

Baca Juga: Bukan Mertua, Ini Dia 5 Orang yang Akan Mengujimu di Awal Pernikahan

4. Gaun mermaid dapat dikolaborasikan dengan gaya rambut apa pun, apalagi yang bertema vintage dan curly waves

Cara Menentukan Gaya Rambut Sesuai dengan Bentuk Gaun PengantinPexels/Pixabay

Potongan gaun ini, tergolong cocok untuk segala venue dan hairdo. Tata rambut vintage dengan curly waves adalah salah satunya. Rambut yang menjuntai akan sangat cocok, apalagi kalau gaunmu tidak menggunakan banyak manik-manik atau payet. Tapi jika gaunmu gemerlap, lebih baik urungkan niatmu untuk menjuntainya.

5. Karena terkesan megah, hairdo untuk busana ballgown harus yang terkesan aristokrat atau tidak berlebihan

Cara Menentukan Gaya Rambut Sesuai dengan Bentuk Gaun PengantinPexels/Jonathan Borba

Kesan megah pada ballgown akan musnah jika kamu memilih gaya rambut yang asal-asalan. Kamu bisa memilih gaya rambut aristokrat yang agak messy. Kamu juga bisa memakai gaya cepol rambut. Masih ingat pernikahan Sandra Dewi yang ikonik di Disneyland? Gaya bun pada rambutnya bisa sekali kamu tiru, lho!

6. Gaun pernikahan bermodel sheaths dapat dipadukan dengan macam-macam gaya, terlebih yang bernuansa vintage

Cara Menentukan Gaya Rambut Sesuai dengan Bentuk Gaun PengantinPexels/Lee Hnetinka

Gaun bermodel sheaths cenderung fit atau membentuk tubuh. Gayanya juga lebih sederhana dibandingkan model-model lainnya. Oleh karena itu, tata rambut adalah salah satu senjata agar penampilan pengantin perempuan paripurna. Pilihlah gaya-gaya vintage untuk rambut. Niscaya, paripurna sudah dirimu.

Itulah cara menentukan gaya rambut sesuai dengan bentuk gaun pengantin. Bagaimana? Menarik, bukan? Kapan kamu mau mencobanya sebelum hari H?

Baca Juga: 8 Cara Merencanakan Pernikahan tanpa Perlu Cuti Kerja, Bikin Disiplin!

Topic:

  • Febriyanti Revitasari
  • Pinka Wima

Just For You