Comscore Tracker

Sering Diabaikan, 6 Etika Saat Menjenguk Ibu Baru Melahirkan

Menjenguk ibu baru melahirkan juga ada etikanya

Menjenguk bayi dan ibu yang baru melahirkan masih menjadi budaya yang kental di Indonesia. Tak hanya keluarga yang datang tetangga, teman, dan kerabat biasanya juha akan datang menjenguk. Bahkan tak jarang mereka datang ramai-ramai.

Tujuan menjenguk ibu dan bayi pasti untuk hal yang baik, misalnya untuk mengetahui keadaan ibu dan bayi serta memberi ucapan selamat kepada keluarganya. Jangan sampai kunjungan kita justru membuat sedih dan marah karena tidak tahu etika yang harus dijaga. Jadi jika kamu mau menjenguk bayi dan ibu yang baru melahirkan perhatikan etika di bawah ya.

1. Memberi kabar sebelum datang

Sering Diabaikan, 6 Etika Saat Menjenguk Ibu Baru Melahirkanpacedm.com

Sebelum datang untuk menjenguk, sebaiknya beri kabar dahulu. Tanyakan kapan kamu bisa datang untuk menjenguk agar bisa menyesuaikan waktu ibu dan bayi. Karena ibu yang baru melahirkan tentu memiliki kesibukan tambahan untuk mengurus bayinya.

Tiba-tiba datang tanpa mengabari dulu bisa saja mengganggu ibu. Mungkin ibu sedang repot, bayi sedang tidur atau bahkan bisa saja mengganggu waktu istirahat ibu. Jadi, buat janji lebih dulu ya, jangan tiba-tiba datang.

2. Jangan datang dalam keadaan sakit

Sering Diabaikan, 6 Etika Saat Menjenguk Ibu Baru Melahirkanwww.popsci.com

Menjenguk bayi dan ibu baru melahirkan dalam keadaan sakit rentan untuk menularkan penyakit kepada ibu dan bayi. Karena keadaan ibu mungkin masih lemah dan belum benar-benar pulih serta bayi yang masih lemah bisa saja tertular sakit.

Apalagi jika penyakitmu mudah menular misalnya flu, yang bisa menular melalui bersin dan batuk. Jadi lebih baik kamu tunggu sampai sembuh dan baru datang untuk menjenguk.

3. Minta izin dulu jika ingin memegang atau menggendong bayi

Sering Diabaikan, 6 Etika Saat Menjenguk Ibu Baru Melahirkanwww.mom365.com

Melihat bayi yang imut dan menggemaskan pasti ada keinginan untuk sekadar memegang pipi atau menggondongnya. Sebelumnya kamu harus minta izin dulu kepada sang ibu. Jangan langsung pegang dan gendong saja ya.

Kamu juga harus memastikan tangan dan tubuhmu bersih. Jadi sebaiknya kamu cuci tangan dulu sebelum menggendong bayi. Karena imun bayi yang masih lemah membuatnya mudah tertular sakit jika tanganmu kotor.

Baca Juga: 7 Hal Ini Bisa Tingkatkan Resiko Kamu Lahirkan Bayi Sumbing

4. Minta ijin jika ingin berfoto dan mengupload foto bayi

Sering Diabaikan, 6 Etika Saat Menjenguk Ibu Baru Melahirkanvnreview.vn

Di zaman teknologi dan banyaknya media sosial seperti sekarang pasti ada keinginan untuk mengupload dan membagikan foto saat menjenguk bayi. Jika kamu ingin mengupload foto bayi dan ibunya kamu harus minta ijin terlebih dahulu.

Karena ada ibu yang mempunyai prinsip tidak mau membagikan foto anaknya di media sosial dengan alasan privasi dan keamanan. Begitu juga dengan ibu, bisa jadi ibu belum siap untuk tampil di media sosial.

5. Tahan komentar yang tidak perlu

Sering Diabaikan, 6 Etika Saat Menjenguk Ibu Baru Melahirkanlibcom.org

Kebanyakan orang yang menjenguk ibu dan bayi baru lahir akan menyampaikan nasihat mengenai cara merawat bayi atau menanyakan cara melahirkannya. Apakah melalui persalinan normal atau operasi dan sejenisnya. Sebaiknya kamu hindari topik pembicaraan seperti itu apalagi jika disertai nasihat yang menyudutkan. Karena hal itu bisa saja akan membuat ibu sedih.

Begitu juga tentang fisik ibu, jangan bertanya atau memberikan komentar yang negatif. Misalnya kenapa perutnya masih besar atau apakah berat badannya sudah turun. Karena perubahan fisik ibu untuk kembali normal membutuhkan waktu yang lama. Setelah melahirkan perut ibu tidak serta merta kembalu seperti sebelum hamil. Komentar negatif seperti itu bisa saja menyinggung perasaan ibu dan membuatnya sedih.

6. Tahu waktu

Sering Diabaikan, 6 Etika Saat Menjenguk Ibu Baru Melahirkanwww.imore.com

Ibu yang baru melahirkan pasti membutuhkan waktu istirahat yang lebih banyak. Kesibukan barunya sebagai ibu mungkin membuatnya lebih lelah dan kurang tidur. Jangan berkunjung terlalu lama karena bisa saja mengganggu waktu istirahat ibu.

Apalagi jika bayinya sudah rewel dan menangis. Mungkin saja minta disusui atau ingin digendong ibunya. Jika sudah begitu ada baiknya kamu segera pamit agar ibu bisa menyelesaikan keperluannya.

Itulah 6 etika yang harus kamu jaga saat menjenguk ibu baru melahirkan. Jangan sampai kedatanganmu justru mengganggu dan membuat ibu tidak nyaman. Sebaiknya juga kamu membawakan buah tangan untuk ibu dan bayinya.

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Otak Bayi yang Wajib Diketahui Orangtua

Wiwit Widiastuti Photo Verified Writer Wiwit Widiastuti

Full time mother, part time doctor. Alumni FK Unpad, suka membaca dan menulis. Terima Kasih sudah membaca tulisan saya, semoga bermanfaat.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya