Comscore Tracker

Lucy Novita, Memberikan Inspirasi Kreatif di Dunia Digital dan Teknologi

#AkuPerempuan Lucy merupakan Creative & Strategy Director di Kaskus Networks

Memulai pekerjaan sebagai intern di agensi periklanan EuroRSCG, kemudian menjadi copywriter, memenangkan penghargaan Citra Pariwara dan kemudian berpindah agensi baik lokal maupun multinasional. Terbentur kariernya saat Lucy Novita diminta mundur dari pekerjaannya karena menikah dan hamil, dengan alasan perusahaan tersebut tidak dapat memenuhi kewajiban wanita hamil.

Awalnya ia ingin bertahan di tempat tersebut, kemudian memutuskan resign dan pindah ke agensi multinasional, Hakuodo. Belasan tahun berada di agensi periklanan, memenangkan beragam penghargaan setiap tahun baik lokal, regional maupun multinasional dengan total lebih dari 80 metals. Kemudian pandangannya terhadap perpaduan creative dan technology semakin terbuka, saat ia berkesempatan menjadi satu-satunya juri wanita dari Indonesia di Cannes Lions Festival Creativity tahun 2015. 

Menurut Lucy, perkembangan dunia digital 15 tahun belakangan berputar sangat cepat

Lucy Novita, Memberikan Inspirasi Kreatif di Dunia Digital dan Teknologi

Perbedaan sangat terasa, dulu ide kampanye promosi yang masih konvensional dan analog, berbicara satu arah, sekarang banyak orang hebat menciptakan beragam platform dan medium baru untuk berkomunikasi, berinteraksi, menjelajah beragam tempat baru, membuat pengalaman menjadi nyata. Hidup terasa lebih mudah. 

Baca juga: Kisah Suzy Dewi yang Jadi Pengusaha Gara-gara Ingin Punya Tas Keren

Mengidolakan Ibu Susi Pudjiastuti yang menurutnya sangat passionate terhadap pekerjan dan selalu memberikan contoh hasil kerja nyata, Lucy memiliki alasan sendiri saat ditanya alasan pindah ke dunia digital. Menurut data yang pernah ia baca, penetrasi digital pada wanita Indonesia meningkat pesat, perbandingannya 49% dibanding pria. Hal tersebut adalah peluang bisnis, pasar besar dan sangat mudah untuk berkomunikasi dengan wanita. Selain itu, Lucy mengaku 2 anaknya adalah digital native, lahir dan tumbuh di dunia digital, terkoneksi dengan internet setiap harinya. Mereka sudah sangat fasih berbicara digital. Ia mengaku harus lebih melek digital.  

Lucy banyak menghabiskan waktu di kantor sebagai Creative Director di Kaskus Networks dan memimpin 2 departemen: Creative dan Digital Strategy

Lucy Novita, Memberikan Inspirasi Kreatif di Dunia Digital dan Teknologiinstagram.com/lucyprasmono

Dan dua tahun belakangan juga kembali ke bangku kuliah dengan mengambil program EMBA di Berlin School of Creative Leadership of Steinbeis University. Lucy mengaku sebagai salah satu yang beruntung karena wanita yang berkarier di industri digital masih sedikit. Menurutnya, banyak wanita muda yang memiliki keahlian mumpuni namun masih kalah bersaing dengan pria. Kadang tanpa disadari, wanita juga memilki kendala dalam diri sendiri, kurang percaya diri dengan kemampuan sendiri. 

Sebagai wanita berpengalaman di dunia creative dan digital, Lucy Novita membagi pesannya untuk wanita yang ingin berkarier di dunia digital dan teknologi, “taking control of your confidence,  jangan sampai menjadi seorang wanita dirugikan dan jangan pernah kehilangan passion. Mungkin terdengar klise but it’s true. Saya sering sekali berada dalam situasi menjadi satu-satunya perempuan dalam sebuah meeting atau diskusi. Make them listen takes twice the effort. Kalau saya langsung menyerah, I’m not going anywhere”.  

Artikel #AkuPerempuan ini merupakan kontribusi dari GDP Venture. Dalam rangka memperingati hari lahir RA Kartini, GDP Venture merayakan dengan mengangkat kisah semangat inspiratif berlatar belakang dunia digital dan teknologi. Semangat inspiratif Raden Ajeng Kartini terus menyala hingga kini. Dan semangat inspiratif tersebut yang membawa Aliya Amitra, Arie Endrayani, Hernisa Clara Amelia , Lucy Novita dan Ayu Purwarianti, untuk bergabung menjadi bagian dari GDP Venture dan menciptakan karya hebat untuk Indonesia. 

Baca juga: Sekar Sari: Perempuan Harus Sadar Apa Potensinya & Rajin Mengasahnya

Line IDN Times

Topic:

Just For You