Comscore Tracker

5 Alasan Mengapa Wanita Juga Harus Bisa Cari Uang Sendiri, Catat!

Kemandirian bisa bikin aura lebih memesona

Gak banyak wanita yang bisa dan mau mencari uang sendiri. Terlebih setelah menikah, tugas seorang wanita kian bertambah dan membuatnya tak punya banyak waktu selain mengurus rumah tangga. Namun, di era sekarang telah banyak wanita yang bisa multitasking dan menjalankan beberapa peran sekaligus dengan baik.

Punya nilai lebih, nyatanya wanita yang bisa mencari uang sendiri akan jauh lebih dihargai oleh orang lain. Tampak lebih mandiri, berikut lima alasan wanita juga harus bisa mencari uang sendiri. Keep reading! 

1. Terbiasa mencari uang membuatmu jauh lebih bisa mengelola keuangan

5 Alasan Mengapa Wanita Juga Harus Bisa Cari Uang Sendiri, Catat!Ilustrasi menghitung uang (pexels.com/Karolina Grabowska)

Saat kamu terbiasa mencari uang sendiri, biasanya kemampuanmu dalam mengelola keuangan akan jauh lebih baik. Namun, bukan berarti wanita yang bisa mencari uang sendiri gak punya sifat boros, ya! Mengelola uang di sini lebih ke pintarnya seseorang dalam menyesuaikan pemasukan dan pengeluaran.

Jika kamu punya kemampuan ini, tentu hidupmu akan bebas dari utang, tagihan, ataupun cicilan yang menumpuk. Berbeda halnya jika selama ini kamu hanya menerima uang dari orang lain. Tidak merasakan lelahnya bekerja bisa membuatmu mempergunakan uang yang diberikan padamu dengan semena-mena.

2. Wanita yang bisa mencari uang sendiri bisa meringankan dan membantu keuangan keluarga

5 Alasan Mengapa Wanita Juga Harus Bisa Cari Uang Sendiri, Catat!Ilustrasi pasangan (pexels.com/Ketut Subiyanto)

Saat seorang wanita bisa mencari uang sendiri, secara otomatis wanita tersebut punya nilai tambah. Terlebih jika wanita tersebut telah berstatus sebagai istri orang. Kemampuanmu dalam mencari uang sendiri bisa membuatmu punya pemasukan sendiri. Selain itu, pemasukan yang kamu miliki juga bisa menambah dan membantu perekonomian keluarga.

Meski begitu, sebagai wanita yang sudah berkeluarga, kamu pun harus memahami kodrat dan tanggung jawab. Jangan sampai karena kamu sibuk mencari uang, kamu menelantarkan dan tidak mengurus rumah tangga. Perlu kamu garis bawahi bahwa kemampuanmu dalam mencari uang di sini bukan berarti kamu berhak meninggalkan tugas utamamu dalam keluarga.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Bekerja Sesuai Passion Lebih dari Sekadar Mencari Uang

3. Kamu akan lebih dihargai, baik oleh pasangan maupun orang sekitar

5 Alasan Mengapa Wanita Juga Harus Bisa Cari Uang Sendiri, Catat!Ilustrasi wanita bekerja (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tidak dapat dimungkiri bahwa pandangan orang lain terhadap ibu rumah tangga biasa dan ibu rumah tangga yang bisa mencari uang itu amat berbeda. Biasanya, orang lain akan lebih menghargai wanita yang bisa mencari uang sendiri ketimbang hanya meminta nafkah dari sang suami.

Meski mencari uang memang bukan tugas seorang istri, percayalah kemampuan tersebut mampu memberimu bekal di masa depan. Kemampuan tersebut juga mampu meningkatkan nilai dirimu terlebih memperbaiki cara pandang orang lain terhadapmu.

4. Kamu akan lebih siap terhadap ketidakpastian hidup

5 Alasan Mengapa Wanita Juga Harus Bisa Cari Uang Sendiri, Catat!Wanita sedang bekerja (pexels.com/Andea Piacquadio)

Hidup ini penuh dengan ketidakpastian. Hidup bergerak seperti roda yang terus berputar. Tidak ada yang benar-benar stabil dan tidak mengalami perubahan. Kehidupan yang kita jalani selalu punya kemungkinan untuk mengalami kemajuan ataupun kemunduran. 

Saat kamu punya kemampuan mencari uang sendiri, nantinya kamu akan lebih siap terhadap ketidakpastian hidup. Kamu tidak akan kesulitan bangkit dan menata diri kembali jika mengalami kegagalan. Jika kemampuan ini terus kamu latih sedari muda, nantinya kamu akan terbiasa untuk berpikir kreatif dalam menyelesaikan berbagai permasalahan hidup.

5. Kamu tumbuh menjadi wanita yang mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain

5 Alasan Mengapa Wanita Juga Harus Bisa Cari Uang Sendiri, Catat!Ilustrasi wanita independen (pexels.com/Evelina Zhu)

Coba kamu bayangkan apa yang terjadi padamu jika orang yang selama ini menanggung biaya hidupmu meninggal dunia? Bukan bermaksud menakuti, tetapi sebagai seorang wanita, kamu pun harus paham bahwa kemampuan untuk mencari uang sendiri itu tidak boleh dilupakan.

Saat kamu terbiasa untuk bekerja, tentu kamu akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih mandiri. Kemandirian itu kemudian membuatmu sungkan untuk bergantung kepada orang lain. Percaya ataupun tidak, wanita semacam ini biasanya auranya lebih menarik ketimbang wanita yang hanya sibuk meminta uang saja.

 

Sebagai wanita, kita memang tidak dituntut untuk mencari nafkah. Namun, bukan berarti kita hanya sibuk menengadahkan tangan dan tidak mengasah kemampuan dalam menghasilkan uang. Di era sekarang, menghasilkan uang tidak harus bekerja seharian, kok! Yuk, mulai menjadi wanita yang lebih produktif agar masa depanmu lebih terjamin!

Baca Juga: 5 Hal yang Hanya Berani Dilakukan Wanita Mandiri, Ada Sikapmu Gak?

Yulia Nor Annisa Photo Verified Writer Yulia Nor Annisa

Tulislah agar tidak melupa | Banjarmasin, South Borneo

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Atqo

Berita Terkini Lainnya