Comscore Tracker

Memanfaatkan 5 Skincare di Rumah yang Sudah Gak Terpakai Lagi

Daripada terbuang sia-sia

Godaan untuk terus membeli skincare memang datang dari mana-mana. Apalagi saat ini makin banyak skincare baru yang harganya terjangkau tapi hasilnya gak kalah oke dengan skincare highend.

Tanpa kita sadari, skincare yang kita punya sudah semakin banyak, padahal belum tentu semuanya cocok atau malah gak terpakai sama sekali. Sayang banget kan? Nah, daripada terbuang lebih baik kita pakai untuk hal-hal berikut ini, yuk!

1. Facial wash

Memanfaatkan 5 Skincare di Rumah yang Sudah Gak Terpakai LagiFreepik/jcomp

Kalau kamu punya facial wash yang gak cocok dengan kulit wajahmu, kamu bisa alihfungsikan menjadi dua hal. Pertama, gunakan sebagai sabun mandi. Kulit tubuh memiliki ketebalan yang lebih daripada kulit wajah. Jika suatu produk skincare tidak cocok pada kulit wajahmu, belum tentu tidak cocok juga dengan kulit tubuh.

Selama tidak menimbulkan iritasi, kamu bisa manfaatkan facial washmu sebagai sabun mandi. Kedua, gunakan sebagai pembersih kuas. Sebulan sekali, kamu harus membersihkan kuas-kuas makeup-mu agar terjaga kebersihannya. Kamu bisa manfaatkan facial wash yang tidak terpakai sebagai sabun cucinya.

2. Moisturizer

Memanfaatkan 5 Skincare di Rumah yang Sudah Gak Terpakai LagiFreepik/pressfoto

Coba cek lagi, ada gak moisturizer yang paling jarang kamu gunakan atau yang tanggal kedaluwarsanya paling dekat. Daripada dibuang, lebih baik gunakan sebagai hand cream atau foot cream saja. Kamu juga bisa memberikan kelembapan ekstra pada kutikula, siku, lutut maupun tumit menggunakan moisturizer ini.

3. Scrub wajah

Memanfaatkan 5 Skincare di Rumah yang Sudah Gak Terpakai LagiFreepik/freepik

Mungkin kamu punya scrub yang terlalu kasar untuk kulit wajahmu. Alihfungsikan saja menjadi scrub untuk tubuh. Karena tidak hanya wajah saja yang butuh dieksfoliasi, tubuh pun perlu mendapatkan eksfoliasi untuk mengikis sel kulit mati maupun kotoran serta debu yang menempel.

Baca Juga: Kulit Wajahmu Alami 5 Tanda Ini? Waktunya Ganti Skincare!

4. Serum

Memanfaatkan 5 Skincare di Rumah yang Sudah Gak Terpakai LagiFreepik/freepik

Sudah beli serum mahal tapi malah gak cocok? Jangan sedih! Kamu masih bisa gunakan serum itu untuk kulit tubuhmu kok. Campurkan saja beberapa tetes serum ke body lotion yang biasa kamu pakai setelah mandi dan sebelum tidur. Voila! Kulit tubuhmu pasti bakal lebih sehat dan terawat.

5. Sunscreen

Memanfaatkan 5 Skincare di Rumah yang Sudah Gak Terpakai LagiFreepik/yanadjana

Memilih sunscreen yang cocok di wajah memang gampang-gampang susah. Biasanya kita ingin sunscreen yang ga bikin wajah terlihat oily, teksturnya ringan, applynya mudah, dan sebagainya. Akhirnya, kita sering kali coba-coba sunscreen dari berbagai merek, sebelum menemukan yang benar-benar cocok di wajah.

Lalu sunscreen yang gka terpakai diapakan ya? Gunakan saja di tangan dan kaki yang juga sering terpapar matahari. Kulit tubuh juga membutuhkan sunscreen agar terlindung dari sinar UV, lho.

Nah, itu dia beberapa tips untuk memanfaatkan kembali skincare yang tidak terpakai. Jadi, cek yuk skincaremu yang kira-kira bisa dialihfungsikan. Jangan sampai dibuang begitu saja. Sayang, lho! Selamat beres-beres meja rias!

Baca Juga: 6 Kesalahan Pakai Skincare yang Membuat Kulit Wajah Semakin Kusam

Yunita Valentina Photo Writer Yunita Valentina

find me at your nearest coffee shop

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Berita Terkini Lainnya