TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Ketahui 5 Hal Ini Dulu Sebelum Nyatakan Cinta agar Minim Luka

Harus lebih hati-hati biar nanti engga terlalu sakit hati

Ilustrasi pasangan yang sedang selfie (pexels.com/Bethanny Ferr)

Beberapa lelaki maju mundur untuk menyatakan cinta karena takut tidak diterima. Ada banyak kekhawatiran yang mengisi pikirannya. Apalagi bila masih pertama kalinya mengungkapkan perasaan. Tentu akan jadi hal yang menantang.

Ada baiknya, sebelum nyatakan cinta kamu ketahui dulu 5 hal ini. Agar lukamu tidak terlalu membekas bila cintamu tak berbalas. Dan, agar traumamu tidak terlalu dalam bila harapanmu harus tenggelam.

1. Tentukan tujuanmu

Ilustrasi pasangan yang sedang makan malam (pexels.com/Cottonbro Studio)

Langkah pertama sebelum berjalan adalah menentukan tujuan. Apa tujuanmu menyatakan cinta? Apakah sekedar untuk mendapatkan rasa lega? Atau sangat berharap dia juga mencintaimu?

Kamu perlu tanyakan itu pada diri sendiri, agar bisa mengatur ekspektasi. Apabila kamu hanya ingin merasakan lega, turunkan ekspektasimu. Apabila kamu sangat berharap dia juga mencintaimu, maka analisis dulu kedekatan kalian selama ini.

2. Cek ombak dulu

Ilustrasi pasangan yang sedang jalan bersama (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Sebelum berlayar, kamu perlu mengecek cuaca sekitar dan ombak yang akan kamu terjang. Apakah kiranya aman untuk kamu berlayar? Sama halnya dengan menyatakan cinta. Sebelum bilang, kamu harus memastikan apakah aman untukmu menyatakan?

Apakah dia sudah ada pasangan? Apakah kedekatan kalian cukup sebatas teman atau bisa lebih? Apakah dia akan menerima perasaanmu? Lalu cobalah cari tahu hal-hal lain yang mendukungmu untuk confess.

Baca Juga: 10 Meme Insecure dengan Gebetan Kaya, Bikin Gak Pede 

3. Minta pendapat teman

Ilustrasi orang-orang yang sedang makan malam (pexels.com/Fauxels)

Untuk meningkatkan keyakinan dalam menyatakan perasaan, mintalah pendapat teman. Bisa teman-temanmu atau bisa juga teman-temannya. Keduanya juga bisa, kekuatan orang dalam sangat kuat menentukan keberhasilan confess-mu.

Sebisa mungkin gali informasi dari teman-temannya juga teman-temanmu. Tentu agar mereka bisa membantu dan mendukung. Tanyakan apa pun tentang pujaan hatimu kepada teman-temannya. Lalu juga minta saran dari teman-temanmu untuk menanggapi niat confess-mu pada pujaan hati.

4. Terima apa pun yang terjadi nanti

Ilustrasi pasangan yang sedang berjalan santai (pexels.com/Pavel Danilyuk)

Ketika sudah berani mencoba, harus berani menerima apa pun hasilnya. Ketika sudah berani memulai juga harus berani menanggung risiko yang terjadi nanti. Ketika sudah berani menyatakan cinta pun harus siap untuk menerima kenyataan yang tak sesuai harapan.

Ikhlaskan apa pun yang akan terjadi nanti. Lepaskan semua ekspektasimu. Kalau sudah melakukan riset dan mengusahakan yang terbaik, berserah saja. Biarkan takdir Tuhan yang menentukan jalan cerita terbaik untukmu dan dia.

Baca Juga: 5 Alasan Cowok Ingin Berteman Dulu Sebelum Pacaran dengan Gebetan

Verified Writer

Adira Putri Aliffa

A full time learner in life | Instagram: adiraaliffa & perahuteduh, twitter: @deardir1

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya