TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Modal Penting agar Terlatih Menyelesaikan Masalah Finansial

Catat, Bro!

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/martproduction)

Mempunyai masalah keuangan menjadi salah satu hal yang kerap membuat pusing kepala. Hal ini pula yang sering menghantui seorang cowok, terlebih dengan status mereka yang jadi tulang punggung keluarga.

Untuk menghadapi dan bisa menyelesaikan masalah finansial, kamu sebaiknya punya modal tersendiri. Beberapa modal tersebut ialah sebagai berikut.

1. Kemandirian dan sikap dewasa

ilustrasi bekerja (pexels.com/kampusproduction)

Dengan sisi kemandirian dalam diri kamu dan sikap dewasa, kamu bisa dengan mudah menyelesaikan masalah finansial kamu. Seberat apa pun cobaan dan sesulit apa pun kondisi keuangan, kamu tidak mudah mengandalkan orang lain.

Dengan sikap dewasa, kamu juga mampu mengontrol emosi walau sedang dalam keadaan terhimpit masalah. Lebih sabar dan pastinya lebih tenang saat mencari solusi yang ada.

Baca Juga: 7 Akun Instagram yang Bikin Melek Finansial, Follow yuk!

2. Penghasilan yang cukup

ilustrasi menghitung uang (pexels.com/karolinagrabowska)

Dengan penghasilan yang cukup juga menjadi salah satu modal untuk bisa menyelesaikan masalah finansial. Nantinya kamu dapat mengatur semua keuangan dengan penghasilan tersebut secara bijak.

Dahulukan untuk membayar utang dan kewajiban lain sebelum menggunakannya untuk bersenang-senang. Ingat pula untuk menabung supaya kelak tidak ada masalah finansial lagi yang memberatkan.

3. Sisi pekerja keras dalam diri

ilustrasi memperbaiki kendaraan (pexels.com/andreapiacquadio)

Modal lain yang sebaiknya kamu miliki agar bisa terlatih menyelesaikan masalah finansial adalah sisi pekerja keras dalam diri. Semangat untuk bangkit dan melangkah pada masa depan yang jauh lebih baik lagi.

Cobalah untuk mencari sebanyak apa pun pendapatan supaya masalah finansial kamu teratasi. Jangan hanya mengharapkan semua selesai tanpa adanya usaha.

4. Mampu mengelola keuangan dengan baik

ilustrasi bekerja (pexels.com/mikhailnilov)

Kemampuan untuk bisa mengelola keuangan dengan baik juga menjadi modal berikutnya untuk bisa menyelesaikan masalah finansial. Sebanyak apa pun pendapatan, jika tidak mempunyai kemampuan seperti ini akan sulit ke depannya.

Mengatur keuangan dengan baik tidak hanya menghindarkan kamu dari masalah keuangan yang tidak terselesaikan, tapi juga mengantarkanmu pada kesuksesan masa depan. Bersiap jadi orang yang mapan nih, Bro!

Baca Juga: 5 Cara Level Up Keuangan, Biar Gak Stagnan!

Verified Writer

Rinda Ratna Dewi

IG @rindaratna22

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya