TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Risiko Terlalu Curiga pada Pasangan, Bikin Tidak Nyaman!

Hubungan asmara bisa hancur lebur

ilustrasi pasangan gagal (pexels.com/Antoni Shkraba)

Hubungan yang sehat dan bahagia didasarkan pada saling percaya dan memberikan ruang bagi pasangan untuk tumbuh dan berkembang. Namun, terlalu curiga pada pasangan dapat mengganggu keseimbangan ini dan menghancurkan ikatan yang telah dibangun bersama dengan susah payah.

Kecurigaan berlebihan bukan hanya mempengaruhi hubungan itu sendiri, tetapi juga kesejahteraan pribadi. Kali ini akan membahas secara mendalam risiko-risiko yang muncul akibat kecurigaan berlebihan pada pasangan:

1. Menyebabkan perseteruan

Ilustrasi bertengkar (pexels.com/RODNAE Productions)

Dalam hubungan romantis, sedikit rasa curiga terkadang dapat muncul sebagai bentuk perhatian dan kekhawatiran yang wajar. Namun, ketika curiga melampaui batas, ini dapat menimbulkan risiko yang serius bagi kesehatan hubungan dan kebahagiaan sendiri.

Seharusnya dalam hubungan asmara terdapat banyak pujian dan rayuan bukannya pertengkaran. Untuk itu cobalah beri ruang kepada pasanganmu untuk menunjukkan jati diri sebenarnya supaya mengurangi rasa kecurigaan satu sama lain. 

Baca Juga: Waspada, 5 Dampak Negatif Punya Pasangan yang Gak Pernah Cemburu

2. Menciptakan ketidakseimbangan dalam hubungan

ilustrasi menangis (pexels.com/Gustavo Fring)

Kecurigaan berlebihan pada pasangan dapat menciptakan ketidakseimbangan dalam hubungan. Ketika terlalu curiga, kamu cenderung mengontrol, memantau, atau menginterogasi pasangan secara berlebihan.

Hal ini dapat membuat pasangan merasa terkekang, tidak bebas, dan sulit untuk membangun kepercayaan. Tidak ada hubungan yang balance jika tidak terdapat rasa saling percaya.

3. Menyebabkan ketegangan emosional yang tinggi

ilustrasi pasangan bertengkar (pexels.com/Timur Weber)

Kecurigaan berlebihan dapat menyebabkan ketegangan emosional yang tinggi di dalam hubungan. Kamu akan merasa gelisah, cemas, atau tidak aman secara konstan.

Pasanganmu juga mungkin merasa terus-menerus dituduh dan disalahpahami. Hal ini dapat mengakibatkan frustrasi dan ketegangan yang lebih besar antara kalian berdua.

4. Merusak komunikasi

ilustrasi komunikasi yang gagal (pexels.com/cottonbro studio)

Ketika rasa curiga berlebihan hadir dalam hubungan, komunikasi yang sehat sering kali menjadi korban utamanya. Kamu mungkin cenderung bersikap offensive dengan menuduh tanpa dasar.

Hal tersebut membuat pasanganmu merasa diserang atau tidak dipercaya. Kurangnya komunikasi yang efektif dapat menghambat pemecahan masalah dan pembangunan kedekatan dalam hubungan.

Baca Juga: 5 Perlakuan Sederhana ke Pasangan yang Efeknya Luar Biasa

Verified Writer

Zulfahri Sandy

Seorang pengagum artikel yang indah.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Rekomendasi Artikel

Berita Terkini Lainnya