Comscore Tracker

5 Hal yang Membuat Paralayang Layak Kalian Coba, Pasti Ketagihan!

Bisa jadi hobi baru nih, Bro

Paralayang atau paragliding merupakan salah satu olahraga atau aktivitas ekstrem di mana satu atau dua orang terbang menggunakan parasut. Olahraga ini biasanya dimulai dari dataran tinggi, seperti bukit atau gunung dan kemudian mendarat di dataran rendah.

Permainan ini memang tidak banyak peminatnya, karena memiliki risiko yang cukup besar dan peralatannya cukup mahal. Akan tetapi, paralayang sebetulnya merupakan permainan yang seru, aman dan sangat layak untuk dicoba.

Berikut adalah lima hal yang membuat kalian layak mencoba paralayang. Bahkan, aktivitas ini menjadi hobi baru seru kalian. Penasaran? Simak sampai selesai!

1. Bisa menikmati pemandangan indah dari udara

5 Hal yang Membuat Paralayang Layak Kalian Coba, Pasti Ketagihan!ilustrasi permainan paralayang (unsplash.com/katekerdi)

Menikmati pemandangan indah dari atas langit tentu akan menjadi sensasi tersendiri dan menjadi pengalaman tidak pernah terlupakan. Kalian bisa melihat lembah, gunung, sawah dan lain-lain dengan sangat leluasa tanpa terhalang apapun.

Selain itu, kalian juga bisa menjelajahi kawasan-kawasan yang mungkin tidak bisa dijangkau dengan kendaraan dan jarang orang tahu. Sangat menarik, bukan?

2. Bisa membakar kalori dan meningkatkan kekuatan tubuh bagian atas

5 Hal yang Membuat Paralayang Layak Kalian Coba, Pasti Ketagihan!ilustrasi permainan paralayang (unsplash.com/LinaTrochez)

Karena adrenalin terpacu dan aktivitas fisik sebelum sesudah terbang membut paralayang menjadi salah satu permainan yang bisa membakar banyak kalori. Menurut penelitian sekali terbang kalian bisa membakar 230 kalori.

Selain itu kekuatan badan kalian juga akan meningkat, karena peran otot perut dan tangan sangat dominan dalam permainan ini. Jadi, selain menyenangkan kamu juga bakal lebih sehat.

3. Paralayang bisa meningkatkan rasa percaya diri

5 Hal yang Membuat Paralayang Layak Kalian Coba, Pasti Ketagihan!ilustrasi permainan paralayang (unsplash.com/PabloHeimplatz)

Salah satu hal yang paling menarik tentang paralayang adalah mampu membantu seseorang meningkatkan kepercayaan dirinya. Hal itu terjadi karena biasanya seseorang takut atau khawatir berlebihan sebelum mencoba paralayang.

Dengan kalian memberanikan diri untuk mencoba paralayang, secara tidak langsung kalian meningkatkan tingkat kepercayaan diri dan mengasah mental kalian lebih baik lagi. Tentu dengan kepercayaan diri yang baik akan membuat kalian lebih terampil dan berani dalam kehidupan sehari-hari.

Baca Juga: 5 Perlengkapan Wajib yang Harus Disiapkan untuk Paralayang, Biar Aman!

4. Menghilngkan stres dan meningkatkan keseimbangan badan

5 Hal yang Membuat Paralayang Layak Kalian Coba, Pasti Ketagihan!ilustrasi permainan paralayang (unsplash.com/VladHilitanu)

Tak banyak orang tahu bahwa ternyata paralayang mampu menghilangkan stres dan meningkatkan keseimbangan badan. Karena pada saat terbang pemain fokus pada pemandangan di bawah dan mengikuti arahan instruktur, sehingga masalah ataupun beban yang kalian hadapi bisa berkurang.

Ketika kalian bermain paralyang kemampuan mengendalikan parasut dan menjaga keseimbangan badan sangat dibutuhkan. Sehingga, apabila kalian rutin melakukan paralayang keseimbangan badan kalian akan mengalami peningkatan.

5. Paralayang bukan olahraga yang menakutkan seperti anggapan banyak orang

5 Hal yang Membuat Paralayang Layak Kalian Coba, Pasti Ketagihan!ilustrasi permainan paralayang (unsplash.com/PopandZebra)

Banyak orang menganggap paralayanga dalam olahraga yang menakutkan dan berbahaya. Padahal apabila kita menjalankan aturanya dengan baik, paralayang adalah olahraga yang aman dan menyenangkan. Hal itu terbukti bahwa kecekalaan yang diakibatkan dari permainan paralayang sangat minim dibandingkan olahraga ekstrem lainnya.

Itulah lima hal menarik dari paralayang yang harus kalian ketahui. Intinya, paralayang tidak semenakutkan itu, kok. Selamat mencoba!

Baca Juga: 7 Perlengkapan yang Wajib Dibawa Saat Melakukan Ultralight Hiking

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya