Comscore Tracker

5 Tips Jitu Membersihkan Mobil Remote Control, Jangan Asal!

Membersihkan mobil RC juga butuh ilmu!

Bagi pencinta mobil remote control atau mobil RC tentu seharusnya sudah memahami bagaimana membersihkan mobil mainannya secara baik. Karena gak jarang saat dipakai untuk bermain ada debu, lumpur atau air kotor terutama saat dipakai bermain di kawasan outdoor.

Apabila kita tidak membersihkan mobil RC maka akan menyebabkan kerusakan pada mobil dan membuat tampilannya menjadi dekil serta tidak sedap dipandang mata. Tenang, ini ada lima tips jitu membersihkan mobil remote control kalian dengan cara yang benar. Perhatikan sampai bawah!

1. Menggunakan cairan WD-40

5 Tips Jitu Membersihkan Mobil Remote Control, Jangan Asal!ilustrasi cairan pembersih mobil remote control (wd40.asia

Ketika membersihkan mobil remote control kalian tidak boleh menggunakan cairan yang asal-asalan. Hal itu dikarenakan bisa berdampak buruk bagi mobil RC kesayangan kalian.

Untuk itu, perlu memilih cairan yang ramah dan cocok bagi mobil RC kalian. Salah satunya adalah menggunakan cairan WD-40. Untuk hasil yang maksimal kalian bisa mencampurnya dengan alkohol dan detergen, kemudian kalian semprotkan pada bagian yang kotor.

2. Menyiapkan peralatan pembersih yang lengkap

5 Tips Jitu Membersihkan Mobil Remote Control, Jangan Asal!ilustrasi alat membersikan mobil remote control (pixabay.com/evondue)

Untuk membersihkan mobil RC kalian sebetulnya tidak membutuhkan peralatan yang rumit. Kalian hanya memerlukan peralatan seperti kuas, cotton bud, kain dan tisu.

Alat-alat tersebut digunakan untuk menjangkau kotoran yang berada di bagian yang susah dijangkau dan untuk mengelap kotoran yang menempel pada mobil RC kalian. Jangan lupa pilih peralatan yang berkualitas.

3. Membersihkan tanah dan debu dari bodi mobil remote control

5 Tips Jitu Membersihkan Mobil Remote Control, Jangan Asal!ilustrasi bodi mobil RC yang kotor yang harus dibersihkan (pixabay.com/alekseiap199232)

Sebelum kalian membersihkan sektor bagian dalam seperti mesin dan chassis, sebaiknya kalian membersihkan bodi mobilnya terlebih dahulu termasuk bagian roda. Kalian bisa mengguankan air hangat dan kain microfiber agar tidak merusak warna dan bodi mobil kalian.

Dengan rutin membersihkan mobil RC kalian tentu akan membuatnya lebih awet dan bisa dijadikan pajangan di ruang tamu. Bila tidak diperhatikan maka tampilannya akan semakin kusam. 

Baca Juga: 5 Rekomendasi Aksesori Hot Wheels Keren yang Wajib Punya!

4. Membersihkan chassis mobil remote control

5 Tips Jitu Membersihkan Mobil Remote Control, Jangan Asal!ilustrasi chassis mobil remote control (conrad.com)

Bagian chassis bisa dibilang menjadi salah satu terumit ketika kalian akan membersihkan mobil RC. Karena kalian harus membongkar dulu mobilnya baru kemudian membersihkan detail-detail kecil pada chassis dengan kuas, cotton bud dan tisu.

Biasanya membersihkan chassis dan mesin memakan waktu yang lama. Maka dari itu, kalian harus bersabar dan teliti agar bersih maksimal. Jangan terburu-buru dalam membersihkan bagian ini, karena bisa-bisa justru kamu akan merusaknya.

5. Membersihkan mesin mobil remote control

5 Tips Jitu Membersihkan Mobil Remote Control, Jangan Asal!ilustrasi mesin mobil remote control (nidstzerya.xyz)

Mesin menjadi salah satu komponen penting dalam mobil RC kalian, maka kalian harus membersihkannya secara rutin dari debu ataupun jamur. Kalian bisa menggunakan kuas kecil dan apabila kalian melakukannya secara rutin akan menjaga performa mobil RC kalian tetap optimal. Dan, jangan lupa jangan meletakan mobil RC kalian di tempat yang lembap karena akan menyebabkan karat pada chassis dan mesin.

Itu tadi lima tips jitu untuk membersihkan mobil RC kalian agar tetap bersih, keren dan berfungsi optimal ketika digunakan. Hanya perlu konsistensi saja agar mobil kalian tetap terjaga dengan baik. 

Baca Juga: 5 Kategori Model Kit Paling Populer yang Cocok Buat Pemula

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa Ilmu Administrasi Negara, Universitas Sebelas Maret Surakarta. Suka dengan olahraga dan otomotif

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya