Comscore Tracker

5 Tips Mudah Menguatkan Jari Tangan Bagi Gitaris Pemula

Biar skill gitarmu semakin oke!

Mempunyai jari-jari yang kuat akan sangat membantu seorang gitaris untuk bisa memainkan gitar mereka dengan luwes. Karena jari sendiri adalah faktor utama dalam membentuk karakter suara yang akan keluar dari gitar yang kamu gunakan.

Selain itu, mempunyai jari dengan stamina yang baik akan sangat membantu performamu, khususnya di panggung. Namun, yang menjadi kendala bagi seorang pemula adalah tidak tahu bagaimana cara memperkuat jari-jari mereka. Berikut adalah beberapa tips yang dapat kamu gunakan untuk menguatkan jari tanganmu.

1. Lakukan stretching sebelum bermain gitar

5 Tips Mudah Menguatkan Jari Tangan Bagi Gitaris Pemulailustrasi streching tangan (unsplash.com/DaigaEllaby)

Layaknya olahraga, stretching atau pemanasan sangat membantu untuk menjaga otot lebih lentur dan tidak kaku. Hal itu juga berlaku dan sangat disarankan ketika kamu akan bermain gitar.

Lakukan pemanasan 1-5 menit terutama di bagian tangan dan jari-jemari kalian. Dengan jari yang lentur dan rileks sangat membantu apabila kamu akan bermain untuk durasi yang cukup lama.

2. Latihan dengan metode spider hand atau spider legs

5 Tips Mudah Menguatkan Jari Tangan Bagi Gitaris Pemulailustrasi bermain gitar (unsplash.com/GarryMaulemans)

Bagi yang tidak tahu tentang spider hand exercise, ini adalah metode latihan yang banyak dilakukan oleh gitaris dengan menggunakan tempo lagu yang pelan. Tujuan latihan ini adalah untuk mengaktifkan independency dan efisiensi dari masing-masing jarimu saat bergerak.

Terkait model latihan spider hand exercise ini sangatlah beragam. Kamu bisa melihat contoh-contohnya di YouYube atau website yang sesuai dengan karaktermu. 

3. Berlatih menggunakan metronom gitar

5 Tips Mudah Menguatkan Jari Tangan Bagi Gitaris Pemulailustrasi bermain gitar (unsplash.com/Soudtrap)

Metronom gitar adalah alat pengatur tempo dalam bermain gitar. Latihan ini cukup efektif meningkatkan speed dan stamina jarimu.

Bagi banyak orang latihan ini memang membosankan, tapi berlatih menggunakan metronom sekaligus akan melatih sense of rhythm di badan kita. Selain itu, juga membiasakan kita untuk bermain gitar dengan kualitas suara yang baik dan pas.

Baca Juga: 7 Kunci Gitar Bass yang Wajib Dikuasai Pemula supaya Makin Jago

4. Menggunakan alat bantu

5 Tips Mudah Menguatkan Jari Tangan Bagi Gitaris Pemulailustrasi grip master gitar (tokopedia.com)

Cara manual yang sejak dulu masih eksis sampai sekarang adalah menggunakan hand grip atau grip master gitar. Pasalnya, benda seukuran genggaman tangan ini dapat kita gunakan untuk melatih jari kita dimana saja dan kapan saja.

Buat kamu yang merasa jarimu lemah, alat ini sangat cocok digunakan untuk menguatkan jari-jemarimu. Harga alat ini pun juga relatif terjangkau mulai dari Rp50 ribuan hingga ratusan ribu, tergantung mereknya.

5. Lakukan fingering gitar paling tidak 4 jam per hari

5 Tips Mudah Menguatkan Jari Tangan Bagi Gitaris Pemulailustrasi bermain gitar (unsplash.com/GabrielGurolla)

Latihan gitar secara rutin adalah hal wajib yang kamu harus lakukan apabila ingin jari-jarimu semakin menguat, cepat, dan luwes. Bahkan, ada beberapa gitaris yang menyarankan agar berlatih gitar paling tidak empat jam sehari.

Dengan latihan yang rutin secara tidak langsung kekuatan jari-jarimu akan semakin bertambah. Selain itu, juga membuatmu bisa bermain di segala genre musik.

Itulah 5 tips menguatkan jari tangan bagi gitaris pemula. Memang tidak instan dan butuh waktu. Namun seperti halnya profesi lainnya, semua membutuhkan proses dan proses tidak akan mengkhianati hasil. Keep practicing and keep learning!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Pick Gitar Terbaik, Desainnya Ciamik! 

Candra Septian Bantara Photo Verified Writer Candra Septian Bantara

Mahasiswa

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Wahyu Kurniawan

Berita Terkini Lainnya