Comscore Tracker

Kenapa Sih Cowok Juga Perlu Banget Merawat Penampilan?

Ingat, jodoh adalah cerminan dari diri sendiri. Dan kali aja ternyata jodohnya sebening Seohyun...

Pasti kita sering deh dengar obrolan sekelompok orang yang suka nyinyir sama cowok yang penampilannya kinclong paripurna dan tampil oke dari atas kepala sampai ujung kaki.

Atau mungkin, kita pernah jadi bagian dari sekelompok orang tersebut.

"Aduh, kinclong banget tuh cowok. Tapi malah bikin "curiga" enggak sih?"

"Ganteng sih, tapi pasti aslinya enggak macho deh."

"Cowok kok gitu...?"

"Ih ganteng banget, tapi... "begitu" enggak ya?"

Apalagi kalau si cowok jarang keliatan tampil gandengan sama cewek di depan umum. Abis deh udah digosipin sama ibu-ibu warung sayur.

Well, sadar enggak sih, selama ini kita tumbuh dalam stigma sosial bahwa cowok yang "lakik" itu yang cukup mandi sekali dalam sehari, yang jarang ganti baju, yang rambutnya gondrong lepek enggak keurus, dan yang enggak pernah pakai produk perawatan tubuh bahkan yang sesepele pakai pelembab tubuh, pelembab bibir atau parfum sekalipun?

Dan bahkan, perihal cowok-rajin-merawat-penampilan ini masih seringkali dianggap tabu dalam kultur negara kita. Pokoknya, semakin tampil dekil dan berantakan, maka semakin terkukuhkan juga deh identitas "kelakian"-nya. #man

Dan cowok yang merawat penampilan dengan baik justru malah seenaknya dilabeli ini itu oleh mereka yang ngiri sama kekinclongan si cowok, padahal belum tentu apa yang dilabeli itu benar. 

Terlepas terlahir sebagai laki-laki ataupun perempuan (dan apapun orientasi seksualnya); tampil bersih, wangi, terawat dan enak dipandang ya sebenarnya sah-sah saja untuk siapapun. Bahkan sekalipun aktivitas kita sehari-hari ngangkat galon, benerin genteng bocor, atau pekerjaan apapun itu yang bisa bikin badan jadi gerah-gerah manja; menjaga diri untuk selalu berpenampilan oke adalah kunci dari kenyamanan dan kepercayaan diri. Jangan sampai kita udah main layangan seharian, terus malas mandi dengan dalih: "Gue kan lakik! Wajar dong mandi sekali sehari!"

Iye, tapi eloh bau juga enggak ada yang betah temenan sama loe.

Selain membuat nyaman dan percaya diri, merawat penampilan juga merupakan salah satu cara terbaik untuk menghargai dan mencintai diri kita sendiri. Dan kalau kita sudah bisa menghargai dan mencintai diri sendiri, ya otomatis orang lain juga akan menghargai dan mencintai kita dong, ya kan ya kan ya kan?

Seperti dilansir dari Forbes, penampilan yang baik akan turut ambil andil dalam penentuan masa depan karir kita. Para kolega, karyawan, atasan dan juga klien tidak akan hanya menilai seseorang berdasarkan performa kinerjanya, tetapi juga berdasarkan penampilan yang rapih, bersih dan menarik.

Dan mungkin bukan hanya karir oke ke depannya yang bisa jadi jaminan, jodoh sebening Seohyun juga bisa saja tuh didapat. Kan katanya jodoh adalah cerminan dari diri sendiri. Kalau ogah-ogahan merawat penampilan, ya jangan ngomel atau ngeluh kalau nanti dapat pasangannya yang... hmm... gitu deh. #cintakamuapaadanya 

Merepresentasikan diri dengan baik bukan berarti enggak menjadi diri sendiri, kok. Menjadi diri sendiri itu sangat perlu; tetapi menjadi diri sendiri dalam versi terbaik yang kita mampu, kenapa tidak?

Dan percayalah, tingkat maskulinitas seorang pria tidak akan pernah luntur sedikit pun hanya karena ia rajin mandi. 

Eriana Trihastuty Photo Writer Eriana Trihastuty

A full-time whatever-it-takes soul.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya