Comscore Tracker

7 Syarat Seserahan yang Wajib Dipenuhi Sebelum Melamar Gadis Toraja 

Demi gadis impian, bro!

Gak bisa dipungkiri adat melamar di berbagai daerah di Indonesia itu beragam macamnya, termasuk di Tana Toraja. Di daerah yang termasuk dalam provinsi Sulawesi Selatan ini, banyak syarat yang wajib kamu penuhi sebelum bisa mendapatkan restu dari kedua orang tua si gadis.

Gak main-main, IDN Times mencatat ada 7 syarat seserahan yang wajib kamu penuhi jika ingin melamar gadis Toraja. Apa saja? Simak langsung deh di bawah ini bro!

1. Kapur sirih

7 Syarat Seserahan yang Wajib Dipenuhi Sebelum Melamar Gadis Toraja weddingku.com

Syarat seserahan pertama yang wajib kamu penuhi sebelum melamar gadis Toraja adalah membawa kapur sirih. Di adat Toraja, kapur sirih memang salah satu barang yang gak boleh dilupakan.

Seserahan kapur sirih ini juga gak boleh sembarangan ternyata bro. Urat daun sirihnya harus dipastikan menyatu. Soalnya, urat daun sirih yang menyatu menandakan bersatunya kedua keluarga besar.

2. Padi

7 Syarat Seserahan yang Wajib Dipenuhi Sebelum Melamar Gadis Toraja Aulia Afrianshah/ VARIA.id

Syarat seserahan selanjutnya yang wajib kamu siapkan kalau mau melamar gadis Toraja adalah padi. Makanan pokok ini jadi seserahan wajib karena maknanya yang mendalam dalam adat orang Toraja sendiri yakni sebagai lambang kesuburan dan rejeki.

3. Sayur mayur dan umbi-umbian

7 Syarat Seserahan yang Wajib Dipenuhi Sebelum Melamar Gadis Toraja Soe and Su via thebridedept.com

Ketiga, syarat seserahan yang wajib dipenuhi untuk melamar gadis Toraja adalah sayur mayur dan umbi-umbian. Seserahan ini wajib dibawa kala kamu melamar gadis Toraja bro. Soalnya, benda seserahan satu ini menandakan keberkahan yang berwujud hasil bumi pemberian dari yang kuasa.

Baca Juga: Berniat Meminang Gadis Jawa Bro? Siapkan 8 Barang Ini Saat Melamarnya

4. Uang logam lama

7 Syarat Seserahan yang Wajib Dipenuhi Sebelum Melamar Gadis Toraja uang-kuno-surabaya.co.id

Seserahan selanjutnya yang wajib dipenuhi ketika akan melamar gadis Toraja bro adalah uang logam lama. Kenapa harus uang logam lama? Soalnya, ini menandakan bahwa kamu berniat meminang bersama seluruh bagian dalam hidupnya termasuk leluhur yang dalam hal ini disimbolkan dalam uang logam lama.

5. Parang dan kostum tradisional Toraja

7 Syarat Seserahan yang Wajib Dipenuhi Sebelum Melamar Gadis Toraja tipskeren.com

Sama seperti di adat lain, syarat selanjutnya yang wajib kamu penuhi untuk melamar gadis Toraja adalah parang dan kostum tradisional. Membawa parang atau senjata khas dan kostum tradisional saat lamaran menandakan kamu gak lupa sama leluhur berikut dengan tradisinya bro.

6. Kue dan masakan khas Toraja

7 Syarat Seserahan yang Wajib Dipenuhi Sebelum Melamar Gadis Toraja tradisionalindonesiafood.co.id

Gak berbeda jauh dengan adat atau syarat melamar pada daerah lainnya, saat kamu akan melamar gadis Toraja maka jangan lupa juga membawa seserahan berupa kue dan masakan khas. Contohnya adalah nasi merah, lalu makanan yang dibungkus dengan bambu seperti Pa'Piong Manuk atau Dangkot, Pokon, Kririk, Deppa Tori, ketan dalam bambu dan masih banyak lagi.

7. Kerbau

7 Syarat Seserahan yang Wajib Dipenuhi Sebelum Melamar Gadis Toraja travel.kompas.com

Terakhir, syarat seserahan yang wajib kamu penuhi sebelum melamar gadis Toraja adalah kerbau. Bisa dibilang, kerbau dalam adat Toraja adalah lambang status sosial. Semakin tinggi status sosial gadis yang akan kamu lamar bro, maka semakin banyak juga jumlah kerbau yang perlu kamu serahkan untuk mendapat restu dari orang tuanya.

Kabarnya, untuk wanita golongan puang atau golongan atas wajib menyerahkan 1 hingga 12 ekor kerbau. Lalu untuk wanita golongan tumakaka wajib menyerahkan 1 sampai 3 ekor kerbau dan 1 ekor saja untuk wanita golongan hamba.

Nah, itulah 7 syarat seserahan yang wajib kamu penuhi bro kalau berniat melamar gadis Toraja. Panjang yah prosesinya, tapi worth it kok terlebih demi mendapatkan restu dari orang tua gadis.

Fyi, di beberapa keadaan seserahan di atas gak perlu di bawa atau dipenuhi. Cukup disesuaikan dengan keputusan keluarga dan kondisi keuangan bro.

Baca Juga: 4 Daerah yang Gadisnya Wajib Melamar, Kamu Tinggal Duduk Manis Bro!

Topic:

Berita Terkini Lainnya